Rabu, 18 September 2019
Indonesia | English

Sukacita Bersumbangsih

26 Juli 2019 Jurnalis : Meity Susanti (Tzu Chi Palembang)
Fotografer : Meity Susanti, Yevira, Fraderik (Tzu Chi Palembang)


Relawan Tzu Chi mengungkapkan rasa terima kasih kepada para penerima bantuan karena diberi kesempatan berbuat kebajikan.

Di Minggu pagi tanggal 21 Juli 2019, hujan deras mengguyur Kota Palembang, membasahi pepohonan dan daun-daun, membuat udara menjadi sejuk. Cuaca yang sejuk membuat semangat relawan bertambah. Mereka dengan penuh sukacita saling bergotong royong memindahkan sembako (sembilan bahan pokok) yang terdiri dari beras (2 kg), gula pasir (1 kg), minyak goreng (1 liter), mi instan (5 bungkus), terigu (1 kg), biskuit (2 bungkus), kecap (1 botol) dan sirup di tempat yang telah disediakan di dalam Kelenteng Ling Hua King. Sembako ini akan diserahkan kepada masyarakat di sekitar kelenteng, Bukit Besar, Palembang, Sumatera Selatan.

Baksos pembagian sembako ini merupakan yang pertama diadakan di Kelenteng Ling Hua King. Kegiatan ini melibatkan  57 relawan Tzu Chi Palembang. Sebelum pembagian sembako relawan terlebih dahulu  melakukan survei pada tanggal 14 Juli 2019. Tujuannya adalah agar sembako yang diberikan tepat sasaran serta masyarakat dapat merasakan cinta kasih relawan dan donatur Tzu Chi Palembang.


Sebanyak 265 paket diberikan kepada masyarakat di Puncak Sekuning, Kebon Gede, Bukit Lama  dan Kemang Manis dengan tujuan membantu meringankan beban masyarakat di sekitar Kelenteng Ling Hua King.


Relawan dengan penuh sukacita mengantarkan para penerima bantuan yang tidak dapat pergi sendiri.

Sebanyak 265 paket diberikan kepada masyarakat sekitar Puncak Sekuning, Kebon Gede, Bukit Lama  dan Kemang Manis dengan tujuan membantu meringankan beban masyarakat. Kegiatan ini juga sekaligus untuk merajut jalinan jodoh baik dengan masyarakat sambil mempekenalkan Yayasan Buddha Tzu Chi sebagai yayasan sosial yang lintas agama, ras dan suku yang didirikan oleh seorang Bhiksuni Master Chen Yen di Taiwan.

Cerminan Kondisi Batin
Kegiatan berlangsung dari jam 8 sampai 12 siang. Meski begitu, tak ada raut lelah dari para relawan, tetapi justru pancaran kebahagiaan yang telihat dari wajah relawan yang merupakan cerminan kondisi batin. Bersumbangsih tidak selalu dilihat dengan materi, tetapi bisa juga melalui senyuman dan perhatian kepada mereka yang membutuhkan. Seperti yang dirasakan Yohannes Islim, “Saya sering melakukan survei dan kegiatan di berbagai yayasan, tetapi saya melihat Yayasan Buddha Tzu Chi ini berbeda dan lebih humanis. Mereka melakukan survei untuk menilai kelayakan calon penerima bantuan.” Yohanes merasa bahagia berada di Tzu Chi karena dapat membantu orang lain. “Apalagi Shixiong-Shijie saling kerja sama dan mendukung,” ungkapnya.


Proses pemberian bantuan berjalan dengan baik dan lancar. Seminggu sebelumnya, relawan telah membagikan kupon sembako kepada warga sehingg bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran.

Pada pembagian ini, masyarakat setempat dihimbau untuk membawa kantong sendiri untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Ini merupakan salah satu wujud dukungan dalam Misi Pelestarian Lingkungan. “Hari ini kita bawa sendiri kantong dari rumah. Cara ini bagus karena bisa mengurangi sampah plastik,” kata Bapak Akim (62). Bantuan ini dirasakan sangat membantu bagi Akim yang sehari-hari berjualan empek-empek keliling. Penghasilan Akim berdagang tidak menentu, kadang 20 – 50 ribu per hari. “Makanya hari ini senang sekali bisa dapat sembako, setidaknya sedikit meringankan hidup saya,” ungkap Bapak Akim (62 tahun )

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 295 kali


Berita Terkait


Paket Lebaran 2019: Berbagi Kebahagiaan di Hari yang Fitri

10 Juni 2019

Pembagian Sembako di Bulan Penuh Berkah

27 Mei 2019

Menunjukan Kepedulian di Bulan Ramadhan

08 Juni 2018

Cinta Kasih untuk Pahlawan Kebersihan

20 Juni 2017

Pembagian Sembako di Kabupaten Agam

14 Desember 2016


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Seulas senyuman mampu menenteramkan hati yang cemas.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat