Sabtu, 24 Agustus 2019
Indonesia | English

Sumbangsih untuk Korban Kebakaran Manggarai

22 Juli 2019 Jurnalis : Lisa Kristiani (Tzu Chi Sinar Mas)
Fotografer : Randhy Putra (Tzu Chi Sinar Mas)


Warga dengan penuh syukur menerima paket bantuan yang diberikan oleh Tzu Chi.

“Bersumbangsih tanpa pamrih yang membangkitkan rasa terima kasih dalam diri orang yang dibantu adalah menjalin jodoh baik.” – Master Cheng Yen

Musibah dapat datang tanpa kenal waktu dan tidak terduga. Pekan lalu, 10 Juli 2019, ratusan rumah di Jalan Swadaya, Manggarai, Jakarta Selatan habis dilalap si jago merah. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun warga mengalami kerugian material yang cukup besar.

“Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 10.30 pagi, begitu tahu ada kebakaran saya langsung lari, tidak sempat menyelamatkan harta benda. Saya hanya berlari menggunakan baju yang saya pakai. Melihat api yang menyebar dengan cepat, saya takut,” ungkap Eni, warga RT 11 yang terkena dampak kebakaran.


Senyum bahagia dan penuh syukur salah satu warga saat menerima bantuan.


Pemberian kupon bantuan oleh relawan kepada warga di Manggarai.

Untuk mengurangi beban dan kesedihan para korban, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat dan Xie Li Thamrin Tzu Chi Sinar Mas bergotong royong memberikan bantuan. Sebanyak 40 relawan yang berasal dari berbagai komunitas bergerak menuju Manggarai, 15 Juli 2019. Sebelum memberikan bantuan, para relawan telah melakukan survei bagi korban yang terkena kebakaran.

Tepat pukul 9 pagi, tim relawan dibagi menjadi 6 kelompok kecil. Masing-masing terdiri dari 3 relawan yang didampingi warga setempat untuk membagikan kupon bantuan sesuai dengan RT yang didapatkan. Pembagian kupon pun berjalan lancar dan kemudian dilanjutkan dengan penurunan paket bantuan. Terlihat suasana gotong royong yang penuh dengan kehangatan ketika para relawan dan warga setempat bahu-membahu mendistribusi paket bantuan ke posko.


Relawan berkolaborasi dengan warga untuk mendata warga yang mendapat kupon bantuan.


Senyum bahagia relawan usai memberikan bantuan.

Bantuan 238 paket kebakaran diberikan langsung oleh relawan Tzu Chi kepada korban di posko penerima bantuan. Bantuan tersebut berupa terpal, ember, air minum dan satu boks kontainer yang berisikan barang keperluan sehari-hari seperti handuk mandi, pakaian, selimut, dan lain-lainnya. Warga pun menerima dengan penuh sukacita bantuan yang diberikan oleh Tzu Chi. Tidak lelahnya mereka mengucapkan terima kasih kepada relawan yang di sekitar posko usai menerima bantuan. “Saya sangat bersyukur mendapat bantuan ini, terima kasih banyak Tzu Chi,” ujar salah satu penerima bantuan.

Nyatanya pemberian bantuan ini menjadi penuh makna bagi Rahel, salah satu relawan Tzu Chi Sinar Mas. “Melalui kegiatan kemarin, saya merasa bahagia, karena di tengah kesulitan hidup yang para korban hadapi ternyata masih banyak sesama manusia yang berempati untuk membantu sesama lainnya. Lelah tidak terasa melihat warga yang sangat penuh syukur saat menerima bantuan. Lewat Tzu Chi Sinar Mas, saya mengikuti berbagai kegiatan dan dari sini saya belajar bahwa bantuan atau pertolongan tidak hanya melulu soal materi, melainkan tenaga dan waktu juga berperan penting sehingga semakin meluas dan tersebarnya cinta kasih antar umat manusia,” ujar Rahel.

Editor: Metta Wulandari

Artikel dibaca sebanyak : 256 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat