Kamis, 12 Desember 2019
Indonesia | English

Tanam, Tumbuh, dan Sayangi

28 November 2019 Jurnalis : Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar Mas)
Fotografer : Dokumentasi 3in1 Tzu Chi Sinar Mas


Rasa syukur terhadap Bumi dan menjaga kelestariannya diwujudkan relawan Tzu Chi Sinar Mas salah satunya dengan melakukan kegiatan penanaman pohon.

”Tangan yang melakukan pelestarian lingkungan adalah tangan yang paling indah” (Master Cheng Yen)

Apakah Anda pernah menanam pohon, seperti pohon kayu atau pohon buah? Jika sudah, berarti Anda telah turut serta menjaga lingkungan dengan memanfaatkan kebaikan yang dimiliki pohon – penghasil oksigen. Peranan pohon bagi kehidupan sangatlah besar, namun kita sering melupakannya, mulai dari membersihkan udara, mengendalikan suhu dan kelembapan, mengendalikan banjir, longsor dan bencana alam lainnya. Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang dilakukan setiap 28 November, relawan Tzu Chi Sinar Mas juga turut bergerak mengajak masyarakat untuk menanam dan menyayangi pohon.


Dengan antusias relawan Tzu Chi Sinar Mas dari wilayah Kalimantan Timur 2 melaksanakan kegiatan penanaman pohon.


Relawan Tzu Chi dari wilayah Indragiri, Riau sedang membantu dan membimbing para siswa menanam dan merawat pohon.

Rangkaian kegiatan penanaman pohon mulai dilaksanakan pada 21 Oktober hingga 28 November 2019. Dalam kegiatan ini  relawan Tzu Chi Sinar Mas di 25 wilayah ikut bergerak dan berhasil menanam 109.421 batang pohon. Kegiatan ini dilaksanakan oleh relawan komunitas Tzu Chi Sinar Mas dari wilayah Barat hingga Timur Indonesia, yaitu relawan dari Indragiri, Siak, Kampar, Sumatera Selatan 1 dan 2, Sumatera Utara, Jambi 1 dan 2, Lampung, Downstream Belawan, Downstream Dumai, Kalimantan Selatan 1 dan 2, Kalimantan Timur 1 dan 2, Ketapang 1 dan 2, Kalimantan Tengah 1, 2, 3, 4 dan 5, Bangka Belitung, APP Sinar Mas area Tangerang serta relawan komunitas di Papua.

 

Dengan melibatkan para siswa-siswi sekolah, relawan Tzu Chi wilayah Siak bahu-membahu menanam pohon untuk melestarikan lingkungan.


Relawan Tzu Chi dari wilayah Kalimantan 1 dan 2 juga ikut menanam pohon yang gerakannya dimulai sejak 21 Oktober – 28 November 2019.

”Kegiatan menanam pohon ini merupakan kegiatan mulia sebagai langkah awal kepedulian kita dalam menciptakan kondisi lingkungan yang sehat. Semoga dampaknya akan dirasakan oleh seluruh masyarakat dan anak cucu kita dimasa yang akan datang,” ungkap H. Waloya, relawan Kalimantan Timur 2.

Dengan semangat pelestarian lingkungan, para relawan melaksanakan kegiatan penanaman pohon dengan penuh kegembiraan. Antusiasme siswa, masyarakat hingga pihak pemerintah daerah yang terlibat dalam kegiatan, menambah semangat relawan untuk bergerak. Selain menanam pohon, para relawan juga mengimbau dan memberikan pemahaman bagi peserta kegiatan agar menyayangi pohon dengan cara menjaganya agar tumbuh dan terawat.

 

Relawan Tzu Chi di wilayah Kalimantan Tengah 4 pada saat kegiatan penanaman pohon 23 November 2019.


Relawan Lampung bersama masyarakat di sekitar wilayah Perkebunan Sinar Mas bergerak bersama dalam kegiatan penanaman pohon.

Selain dilaksanakan di sekitar wilayah Perkebunan Sinar Mas, kegiatan ini juga dilaksanakan di sekitar wilayah relawan komunitas yang berdekatan dengan kawasan pantai atau pesisir. Seperti yang dilaksanakan oleh relawan Downstream Belawan dan APP Sinar Mas di wilayah Tangerang, mereka  menanam pohon bakau untuk mencegah terjadinya abrasi dan erosi di lingkungan sekitar.

“Penanaman pohon bakau ini semoga bermanfaat untuk keberlangsungan semua makluk hidup ke arah yang lebih baik, untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang,” ujar Lim Tjiu Han relawan Downstream Belawan.


Relawan wilayah Tzu Chi Sinar Mas di Sumatera Utara bergerak bersama masyarakat menanam pohon dilingkungan sekitar mereka.


Relawan Tzu Chi Sinar Mas dari Downstream Belawan menanam bakau atau Mangrove di sekitar wilayah pesisir Belawan, Sumatera Utara.

Menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Melalui Misi Pendidikan dan Pelestarian Lingkungan, relawan Tzu Chi Sinar Mas bahu membahu melaksanakan kegiatan kepedulian terhadap lingkungan. Pada tahun ini, lebih dari 350 kegiatan terkait pelestarian lingkungan telah dilaksanakan hingga November 2019.

Selamat Hari Menanam Pohon Indonesia, 28 November 2019!

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 378 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Bekerja untuk hidup sangatlah menderita; hidup untuk bekerja amatlah menyenangkan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat