Rabu, 15 Juli 2020
Indonesia | English

Tekad Menebarkan Benih Kebaikan

26 Januari 2017 Jurnalis : Herlian (Tzu Chi Sinarma / Xie Li Kaltim 2)
Fotografer : Herlian, M. Saputra, Sigit Setiawan (Tzu Chi Sinarma / Xie Li Kaltim 2)

doc tzu chi

Secara simbolis relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Timur 2 memberikan bantuan banjir kepada warga Desa Marah Haloq dan Desa Long Segar, Dusun Kernyanyan, Kalimantan Timur.

Segala perbuatan baik harus dimulai dari sebuah tekad, bagaikan menanam sebatang pohon yang berawal dari sebutir benih.” Master Cheng Yen

Tidak ada satupun dari kita yang dapat terhindar dari bencana, salah satu bencana yang sering terjadi adalah banjir. Untuk membantu meringankan beban para korban bencana banjir tersebut relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Timur 2 memberikan bantuan di Desa Marah Haloq dan Desa Long Segar, Dusun Kernyanyan, Kalimantan Timur pada Senin, 2 Januari 2017.

Bencana banjir menyisakan duka mendalam bagi warga di dua desa tersebut. Awal tahun yang seharusnya menjadi sukacita dan pengharapan baru bagi mereka seketika sirna lantaran luapan air yang menghampiri tempat tinggal warga. Adapun jumlah korban banjir mencapai 167 kepala keluarga yang tersebar di dua desa.

Jarak antara Desa Marah Haloq dengan Desa Long Segar cukup jauh, namun tidak menutup semangat para relawan Tzu Chi untuk memberikan bantuan. Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Timur 2 dibagi ke dalam dua tim, sehingga dua desa yang terkena banjir tersebut bisa mendapatkan bantuan.

doc tzu chi

Medan yang sulit tidak menjadi penghalang bagi relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Timur 2 untuk memberikan bantuan.

doc tzu chi

Alat transportasi yang digunakan relawan relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Timur 2 untuk mengangkut bantuan dan menuju lokasi penerima bantuan.

Perjalanan menuju Desa Long Segar memerlukan waktu 15 menit, sementara waktu yang diperlukan untuk mencapai Desa Marah Haloq mencapai hampir satu jam. Selain jarak yang cukup jauh dari lokasi relawan, perjalanan menuju Desa Marah Haloq harus melawan arus sungai.

Sesampainya di tepi sungai, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Timur 2  sudah disambut oleh para warga yang sudah sangat menantikan bantuan. Penurunan bantuan dari kapal ke rumah warga pun dibantu oleh para warga dan juga tokoh desa. Pembagian bantuan ini dilakukan dengan penuh hikmat dan haru.

“Saya sangat terharu dan merasa terbantu. Terima kasih Tzu Chi telah memperhatikan dan ikut peduli dengan nasib kami,” ucap Adi, salah seorang warga di Desa Marah Haloq.

Rasa syukur ini tidak hanya dirasakan oleh para korban banjir saja, namun juga turut dirasakan di hati paling mendalam para relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Timur 2  yang terlibat dalam kegiatan ini. Segala tantangan dan sulitnya medan untuk mencapai lokasi bantuan tidak menutup semangat dan niat para relawan untuk membantu sesama.

Tekad membantu sesama itulah yang dipegang teguh oleh relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Timur 2. Para relawan yakin, kebaikan yang dilakukan hari ini akan membuahkan hasil di kemudian hari.

Artikel dibaca sebanyak : 2003 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Bila kita selalu berbaik hati, maka setiap hari adalah hari yang baik.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat