Rabu, 15 Juli 2020
Indonesia | English

Touring Sambil Baksos untuk Atasi Covid-19

25 Juni 2020 Jurnalis : Galvan (Tzu Chi Bandung)
Fotografer : Galvan (Tzu Chi Bandung)


Secara simbolis Ridwan Kamil memberikan paket sembako kepada warga bantuan, kegiatan ini berlokasi di KODIM 0624/ Kab. Bandung.

20 Juni 2020, Tzu Chi Bandung bersama Gubernur Jawa Barat Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto, Kapolda Jawa Barat Irjen. Pol. Drs. Rudy Sufahriadi dan Bupati Kab. Bandung H. Dadang M. Nasser, beserta jajaran dari instansi masing-masing mengadakan kegiatan Touring Baksos pembagian paket sembako di Soreang dan Ciwidey, Kab. Bandung. Sebanyak 2000 paket sembako bagi warga penerima bantuan.

Pada pelaksanaan touring, dengan menggunakan kendaraan roda dua serta rute dimulai dari RSUD Hasan Sadikin Bandung dan berakhir di kawasan Situ Patenggang, Ciwidey, Kab. Bandung dengan total perjalanan sepanjang 51.2 KM ke arah Selatan Bandung. Selama perjalanan dibagi menjadi tiga checkpoint; checkpoint pertama berada di KODIM 0624/Kab. Bandung, checkpoint ke 2 di alun-alun Ciwidey dan checkpoint ke 3 berada di EMTE Highland Resort Ciwidey. Di setiap checkpoint-nya digelar penyerahan sembako bagi warga penerima bantuan.


Ketua Tzu Chi Bandung Djonni Andhella, Gubernur Jawa Barat. Mochamad Ridwan Kamil, Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto, Kapolda Jawa Barat Irjen. Pol. Drs. Rudy Sufahriadi dan Bupati Kab. Bandung H. Dadang M. Nasser. Mengibarkan bendera tanda dimulainya acara Touring Baksos Pembagian Paket Sembako di Soreang dan Ciwidey, Kab. Bandung.

 

Gubernur Jawa Barat. Mochamad Ridwan Kamil dengan menggunakan kendaraan roda duanya dan di ikuti dengan rombongan lain menuju chekpoint ke 2 yang berada di Alun-Alun Ciwidey, Kab. Bandung.

Menurut Ridwan Kamil, kegiatan kali ini berbeda dari yang sebelumnya. Biasanya rangkaian simbolis pembagian sembako dilakukan di hari kerja, serta semua menggunakan pakaian formal kerja sesuai dengan instansinya masing-masing. Kali ini, kegiatan bakasos diselingi dengan konvoi motor atau touring.

"Kami mencoba sesuatu yang baru setelah masa-masa kritis PSBB berlangsung. Kali ini kegiatan baksosnya diisi dengan touring bersama menggunakan motor, ke lokasi yang telah ditentukan, namun tetap menjaga protokol kesehatan. Tentu sembako ini tak lepas dari peran serta Yayasan Buddha Tzu Chi yang peduli terhadap masyarakat yang membutuhkan," ucap Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

 

Ketua Tzu Chi Bandung Djonni Andhella menyerahkan bantuan paket sembako kepada Uun (79) warga Ds. Alam Endah, Kec. Rancabali.

Kegiatan yang diusung oleh Pemprov Jabar beserta Kodam III/ Siliwangi dan Polda Jabar pun mendapat apresiasi dari ketua Tzu Chi kantor perwakilan Bandung, yaitu Djonni Andhella. Ia mengatakan wujud kebersamaan ini adalah bentuk kepedulian bagi warga yang membutuhkan akibat dari covid-19, untuk itu Yayasan Buddha Tzu Chi selalu mendukung kegiatan misi kemanusian yang digagas oleh pemerintah. Karena hal tersebut merupakan akar dari Yayasan Tzu Chi. “Selama covid ini tidak bisa ditangani seluruhnya oleh pemerintah saja, maka dari itu Yayasan Buddha Tzu Chi sesuai dengan kemampuan kita dan para donatur bekerjasama dalam menangani pandemi ini,” imbuhnya.

 

Foto bersama Gubernur Jawa Barat, Pangdam III/ Siliwangi, Kapolda Jawa Barat, Bupati Kab. Bandung, Relawan Tzu Chi serta warga penerima bantuan. Kegiatan ini berlangsung di checkpoint 3 yang berada di Ds. Alam Endah, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

Pembagian sembako ini dirasakan manfaatnya oleh warga penerima bantuan, salah satunya Uun (79), warga Desa Alam Endah, Kec. Rancabali. Ia bersyukur menerima sembako. Lukman pun bercerita semasa pandemi Covid-19 tempat pariwisata ditutup sementara, selama itu pula pendapatan berjualan di warung kopi yang dikelola oleh istrinya menurun drastic. Pasalnya, tempat berjualannya tepat di kawasan pariwisata Kec. Rancabali. Selain itu pendapatan Uun sebagai buruh lepas tukang kebun di salah satu resort tempat ia bekerja pun turut ditutup. “Alhamdulillah..terimakasih bapak ucapkan atas bantuan sembako ini, bantuan ini bisa memenuhi kebutuhan untuk beberapa waktu ke depan,”katanya.

 

Relawan Tzu Chi memberikan paket sembako kepada warga penerima bantuan di Ds. Cilangari, Kec. Gunung Halu, Kab. Bandung Barat. Kegiatan ini kerjasama antara Tzu Chi bersama Summarecon Bandung. (11/06/2020).

Di lain waktu pada 14 Juni 2020,Tzu Chi Bandung bekerjasama dengan Summarecon Bandung secara simbolis membagikan 2.700 paket sembako bagi warga di Kecamatan Gedebage. Acara berlangsung di Kantor Kecamatan Gedebage, Bandung. Lalu tanggal 11 Juni 2020, sebanyak 180 paket sembako dibagikan kepada perwakilan warga penerima bantuan di Desa Cilangari, Kec. Gununghalu, Kab. Bandung Barat. Selama bulan Juni 2020 Yayasan Buddha Tzu Chi Bandung telah membagikan sebanyak 11.202 paket sembako ke sejumlah wilayah se-Bandung Raya.

 

Foto bersama para relawan Tzu Chi dan warga penerima bantuan di di Ds. Cilangari, Kec. Gunung Halu, Kab. Bandung Barat. (11/06/2020).

Diharapkan kerjasama ini dapat mengatasi dan mengurangi beban masyarakat penerima bantuan akibat dari pandemi Covid-19. Di samping itu semoga dengan banyaknya uluran tangan dari para dermawan serta didukung oleh para instansi lain dalam menanggulangi kondisi saat ini, dapat segera berakhir dan masyarakat pun bisa menjalani aktifitasnya sehari-hari tanpa rasa cemas.

Editor: Dini Rantykasari

Artikel dibaca sebanyak : 107 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Hakikat terpenting dari pendidikan adalah mewariskan cinta kasih dan hati yang penuh rasa syukur dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat