Selasa, 13 April 2021
Indonesia | English

Tzu Chi Salurkan Beras untuk Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

10 Desember 2020 Jurnalis : Anand Yahya
Fotografer : Anand Yahya


Relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Pusat memberikan langsung paket sembako secara simbolis kepada warga Kelurahan Sunter Agung Jakarta Utara.

Pandemi Covid-19 memberikan dampak berkepanjangan, tidak hanya soal kesehatan namun juga ekonomi. Belum stabilnya ekonomi membuat warga dengan ekonomi menengah ke bawah makin sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Seperti Sutila (65), yang berjualan kecil-kecilan di teras rumahnya, seperti kopi panas, mi instan dan makanan ringan. Usaha ini ia tekuni sejak enam tahun yang lalu. Namun sejak merebaknya wabah corona, usaha Sutila menurun.

“Dulu awal-awal kan gak boleh berjualan kopi, indomi, nutup warung saya diomelin (dilarang) ama orang,” aku Sutilah.


Relawan Tzu Chi secara langsung memberikan paket sembako dan beras ke rumah-rumah para lansia dan Dhuafa di RW 05 Kelurahan Sunter Agung Jakarta Utara.


Kombes POL Sudjarwoko, SH., SIK., MH Kapolres Jakarta Utara secara simbolis memberikan paket sembako kepada lima orang warga bertempat di RPTRA Sunter Muara Jakarta Utara.

Pada Selasa 8 Desember 2020, Sutilah menerima bantuan paket sembako dan beras dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Alhamdulillah terima kasih saya dibantu, saya juga terimakasih sama pak RT, Rw sini” ungkap Sutilah.

Nuruh Shobah, Ketua RW 05, Kelurahan Sunter Agung mengatakan bantuan sembako dan beras dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia akan dibagikan langsung ke 20 RT, dengan priorotas untuk kelompok lansia dan Dhuafa.

“Bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi ini yang utama kita bagikan ke lansia Dhuafa. Semoga apa yang diberikan oleh Buddha Tzu Chi bermanfaat bagi warga RW 05 yang mana saat ini sedang mengalami pandemi Covid 19,” ungkap Nuruh.


Kodim 0502/ Jakarta Utara turut hadir menyerahkan langsung bantuan paket sembako dan 500 paket beras di Kelurahan Sunter Agung Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Nuruh juga mengungkapkan di RW 05 Sunter Agung ini, mereka yang terdampak pandemi Covid-19 mencapai 30 persen.

“Rata-rata pekerjaan mereka bersifat nonformal seperti pelayan restoran, penjaga gudang, penjaga perkantoran, saat ini mereka ada yang dirumahkan dan PHK,” terangnya.

Sebagai bentuk kepedulian, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia melalui Polres Metro Jakarta Utara memberikan 500 paket beras @5 Kg kepada warga kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19. Pembagian bantuan ini belangsung di RPTRA Sunter Agung Jakarta Utara, Selasa 8 Desember 2020.

Sebelumnya Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menyalurkan 5.000 ton beras yang kemudian dibagikan ke 493 Polres di seluruh Indonesia. Kali ini Polres Jakarta Utara memberikan 500 paket beras (@ 5 Kg) untuk warga Kelurahan Sunter Agung Jakarta Utara yang terdampak pandemi Covid-19.

 

Kombes POL Sudjarwoko, SH., SIK., MH Kapolres Jakarta Utara didampingi wakil Wali kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dan Kodim 0502/ Jakarta Utara berfoto bersama dengan warga yang menerima paket sembako dan beras.

Bantuan beras tersebut segera dibagikan ke warga melalui RW dan RT terutama para manula dan Dhuafa di Kelurahan Sunter Agung Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang sudah sejak awal Covid-19 melanda Indonesia khususnya di wilayah Jakarta ini selalu berkontribusi memberikan bantuan sosial khususnya sembako bagi warga yang terdampak,” tegas Kombes POL Sudjarwoko, SH., SIK., MH Kapolres Jakarta Utara.

 

Kombes POL Sudjarwoko, SH., SIK., MH Kapolres Jakarta Utara dalam sambutannya mengatakan bantuan beras tersebut segera dibagikan ke warga melalui Rw. dan Rt. terutama para manula dan Duafa di Kelurahan Sunter Agung Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara.

 

Kapolres Jakarta Utara memastikan bantuan tersebut tepat sasaran, yakni sampai pada warga yang sangat terdampak. Babinkamtibmas nantinya akan mendata siapa saja warga yang belum mendapatkan bantuan pemerintah. Warga yang belum mendapat juga bisa mendaftar ke RT setempat agar mendapatkan suplai beras tersebut.

"Bantuan beras dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ini sangat membantu sekali bagi masyarakat yang tidak mampu khususnya di DKI Jakarta. Sekali lagi Terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi,” tambah Kapolres.

 

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 512 kali


Berita Terkait


50 Paket Beras untuk Warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

16 Maret 2021

Seratus Lima Puluh Ton Beras dan 300 Ribu Masker Medis untuk Warga Jadetabek

12 Maret 2021

Perhatian Tzu Chi dan Pengusaha Peduli NKRI untuk Warga Kapuk Muara

01 Maret 2021

Satu Juta Paket Beras dan Masker Mulai Dibagikan

01 Maret 2021

Silaturahmi yang Terus Terjalin di Cirumpak

01 Februari 2021


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Penyakit dalam diri manusia, 30 persen adalah rasa sakit pada fisiknya, 70 persen lainnya adalah penderitaan batin.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat