Rabu, 21 Oktober 2020
Indonesia | English

Vegan Catering: Sukacita Memasak Makanan Vegetaris

07 September 2020 Jurnalis : Triana putri, Henny yohannes (He Qi Utara 2)
Fotografer : Jap Bon Kiun (He Qi Utara 2)


“Sekarang ini anak-anak di rumah sangat suka dengan masakan vegetaris yang saya masak. Ini membuat saya lebih bersemangat untuk belajar memasak vegetarian,” kata Yunita, relawan Tzu Chi.

Menyambut bulan 7 Lunar (Chit Gwee) penuh berkah, para relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Utara 2 mengadakan Vegan Catering. Kegiatan ini berjalan selama satu bulan mulai dari tanggal 18 Agustus - 18 September 2020. Selama sebulan relawan Tzu Chi He Qi Utara 2 bergantian memasak makanan vegetaris setiap harinya. Dari Hu Ai Pluit Gan En, Hu Ai Pluit Ai Xin, Hu Ai Jelambar, dan Hu Ai Angke.

Pada hari senin 31 Agustus 2020, jam 6 pagi, terlihat Yunita, salah satu relawan Tzu Chi yang datang pertama kali di kediaman Rozanna Halim, relawan Tzu Chi yang juga Ketua Hu Ai  Pluit Ai Xin. Begitu sampai, Yunita langsung mengambil beberapa bahan dan segera memotong-motongnya. Ini ketiga kalinya Yunita ikut serta membantu kegiatan memasak vegan catering. “Saya merasa sangat bersukacita karena dapat turut bersumbangsih di saat pandemi ini. Selain itu, melalui catering ini kita dapat memperkenalkan kepada masyarakat bahwa masakan vegan itu sangat sehat, enak, dan mudah dibuat,” kata Yunita.


Relawan Tzu Chi sedang menyiapkan 106 porsi makanan Vegan Catering He Qi Utara.

Aktivitas baru ini juga memberikan manfaat bagi Yunita, pengetahuannya tentang makanan vegetaris bertambah. Yunita merasa mendapatkan tambahan ilmu dalam memasak dan mengolah makanan vegetaris yang bervariasi. “Sekarang ini anak-anak di rumah sangat suka dengan masakan vegetaris yang saya masak. Kata mereka masakannya lebih enak daripada masakan hewani (daging), ini membuat saya lebih bersemangat belajar memasak  vegetarian,” tambah Yunita.

Tak lama kemudian, terlihatlah 11 orang relawan Pluit Ai Xin lainnya berdatangan dan mereka mulai bergotong-royong dalam menyiapkan masakan. Menu catering hari itu adalah nasi sayur yang isinya terdapat nasi, sayur capcay, ngohiong, tahu tauco jagung muda dan sambal.


Huang Weini (kiri) merasa bersyukur dan bersukacita karena banyak relawan yang datang membantu. Selain itu Kegiatan ini juga sangat bagus untuk relawan dalam mengembangkan bakat dan kreativitasnya dalam memasak.

Huang Weini, salah satu penanggung jawab vegan catering dari Pluit Ai Xin sangat bersemangat dalam persiapan catering ini. Ia sudah mulai belanja sayur-mayur sejak hari minggu 30 Agustus 2020, untuk 106 porsi. “Walau harus bangun pagi, namun dalam membantu kegiatan Tzu Chi dan mendukung vegan catering ini, saya merasa bersyukur dan bersukacita karena banyak relawan yang datang membantu. Kegiatan ini sangat bagus untuk relawan dalam mengembangkan bakat dan kreativitas memasak, terutama ibu rumah tangga,” ungkapnya.

Menggalang Hati dan Dana


Menu catering hari itu adalah nasi sayur yang isinya terdapat nasi, sayur capcay, gohiong, tahu tauco jagung muda dan sambal.

Rozanna Halim ketua Huai Pluit Ai Xin, memberikan informasi tentang program vegan catering Tzu Chi ini ke beberapa orang kenalannya, dan ternyata mereka sangat antusias dan bersedia menjadi pendukung (donatur) dalam kegiatan hari ini. Rozanna pun mengirimkan lunch boks catering vegan kepada para donatur yang telah bersumbangsih dalam kegiatan ini melalui ojek online, dan respon dari para donatur sangat positif sekali. “Mereka (para donatur) senang sekali, karena telah diberi kesempatan untuk bersumbangsih dalam pembangunan Tzu Chi Hospital dan juga bisa menikmati masakan vegetaris yang dibuat dengan ‘penuh cinta’ dari relawan Tzu Chi,” ungkap Rozanna.

“Makanan vegetaris itu selain menyehatkan juga merupakan salah satu bentuk kepedulian kita untuk mengembangkan cinta kasih kepada makhluk hidup. Semoga dengan adanya acara Bulan 7 Penuh Berkah ini banyak yang terinspirasi untuk hidup sehat bervegetaris,” kata Tjan Nari, salah satu relawan yang ikut memasak pagi itu.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 325 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Hanya orang yang menghargai dirinya sendiri, yang mempunyai keberanian untuk bersikap rendah hati.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat