Rabu, 13 November 2019
Indonesia | English

Vegetarian itu Asyik, Bergizi, dan Sehat

26 April 2016 Jurnalis : Fammy Kosasih (He Qi Timur)
Fotografer : Fammy Kosasih (He Qi Timur)

Senin, 18 April 2016, lima relawan Tzu Chi komunitas Kelapa Gading berkunjung ke TK Marie Joseph untuk mengadakan kegiatan belajar kelas budi pekerti yang dikemas dalam bentuk sosialisasi, bazar mini, demo masak, dan makan siomay vegetarian bersama.

“Menyayangi diri sendiri adalah wujud balas budi pada orang tua, bersumbangsih adalah wujud dari rasa syukur. Bila mampu menyayangi bumi, menghargai kehidupan, mengurangi nafsu keinginan dan menjaga pola hidup sederhana, bumi akan berkembang ke arah yang lebih baik dan membuat semua mahluk hidup memiliki hidup yang damai, aman dan indah” – Kata Perenungan Master Cheng Yen –

Suasana depan panggung aula di gedung lantai 4 TK Marie Joseph, Kelapa Gading, Senin, 18 April 2016 berubah menjadi bazar mini dengan susunan meja-meja serta beberapa produk Jing Si. Hari itu, Jing Si yang ada di bawah naungan Tzu Chi Indonesia bersama 5 relawan Tzu Chi komunitas Kelapa Gading berkunjung ke TK Marie Joseph untuk mengadakan kegiatan belajar kelas budi pekerti bersama 120 anak didik TK Marie Joseph. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk sosialisasi, bazar mini, demo masak, dan makan siomay vegetarian bersama.

Kegiatan yang mengusung tema “Vegetarian itu Asyik, Bergizi, dan Sehat” diadakan dalam dua sesi yang disesuaikan dengan jam kegiatan belajar, yakni sesi pertama pada jam 08.30 – 09.30 pagi, lalu di sesi kedua dimulai pada 11.30 – 12.30. Masing-masing sesi diisi dengan pengenalan makanan vegetarian oleh Tommy Liu, perwakilan dari PT. Jing Si Mustika Abadi dan demo masak siomay vegetarian yang dilakukan oleh relawan Tzu Chi: Soelistiawati Akim, Vivi Tan, dan Lim Koen Jin. Sambutan yang menyenangkan juga diberikan oleh para siswa ketika mencicipi masakan dari relawan. “Aku habis cobain somay vegetariannya dan aku suka,” ucap Celestine.

Tommy Liu dari PT. Jing Si yang menyampaikan sharing tentang vegetarian yang asyik, bergizi, menyehatkan dan yang pasti menyayangi semua mahluk hidup di hadapan anak-anak TK Marie Joseph.

Relawan menjelaskan nasi Jing Si kepada dua orang tua Siswa TK Marie Joseph. Mereka tertarik dengan bahan masakan vegetarian yang ternyata mudah didapat melalui Jing Si Books & Café.

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan di TK Maria Joseph ini disambut baik oleh pihak sekolah. “Kami senang bekerja sama dengan Tzu Chi, melalui kegiatan ini siswa Maria Joseph juga bisa mulai mengenal gaya hidup sehat sekaligus pola makan vegetarian dan ikut berkontribusi menjaga kelestarian lingkungannya,” ujar pihak sekolah.

Orang tua siswa-siswi pun merasa senang bisa menerima banyak ilmu yang hari tersebut dibagikan dan tertarik dengan bahan masakan vegetarian yang ternyata mudah didapat melalui Jing Si Books & Café. “Kegiatan pengenalan makanan vegetariannya bagus untuk anak-anak agar mereka lebih perhatian juga terhadap lingkungan. Semoga nanti bisa dilaksanakan di sekolah-sekolah lainnya,” ucap Dian Pertiwi, salah satu orang tua siswa.

Games dan bernyanyi bersama siswa juga dilakukan untuk menghangatkan kelas budi pekerti tersebut.

Masing-masing siswa diajak untuk mencicipi hasil demo masak yang dilakukan oleh relawan. Sebagian besar dari mereka mengaku menyukai somay vegetarian yang disajikan.

Pola makan vegetarian memang tidak hanya sehat bagi tubuh tapi juga mempunyai manfaat lain yaitu untuk melindungi bumi. Mendidik anak sejak usia dini untuk bervegetaris pun sudah sepatutnya dilakukan agar kelak mereka dapat lebih peduli kepada bumi, alam, dan lingkungan sekitar. Sebagaimana apa yang selalu diserukan oleh Master Cheng Yen untuk menjalankan pola makan vegetaris agar setiap insan manusia, terlebih lagi anak-anak dapat membangkitkan welas asih terhadap semua mahluk hidup di dalam hati mereka.

Artikel dibaca sebanyak : 1765 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat