Rabu, 13 November 2019
Indonesia | English

Yang Spesial di Bulan Tujuh Penuh Berkah

21 Agustus 2019 Jurnalis : Arimami Suryo A.
Fotografer : Arimami Suryo A


Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur bersama-sama mempersiapkan makanan untuk Tzu Chi Vegan Catering  dalam rangka Bulan Tujuh Penuh Berkah untuk para pelanggan.

Pagi itu, para relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur begitu gembira dan bersemangat mempersiapkan masakan Tzu Chi Catering Vegan untuk para pelanggan (19/08/2019). Kegiatan yang berlangsung dalam dua periode ini merupakan kegiatan tahunan dalam menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah di Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi di Kelapa Gading untuk mengajak masyarakat belajar menjadi vegetarian.

Setelah periode pertama selesai (5-9 Agustus 2019), relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur kembali mempersiapkan makanan dengan menu vegetarian untuk periode kedua (19-23 Agustus 2019). Kegiatan Tzu Chi Vegan Catering yang sudah masuk tahun keenam ini masih setia menyajikan masakan vegetarian untuk para pelanggan di bulan tujuh dalam penanggalan Lunar.

Menurut kepercayan masyarakat Tionghoa, bulan tujuh merupakan bulan hantu dan dianggap sebagai bulan yang tidak baik. Tetapi Tzu Chi mengubah budaya lama tersebut menjadi kegiatan positif yaitu Bulan Tujuh Penuh Berkah. Bulan di mana setiap orang dapat berbuat kebajikan serta menggarap ladang berkah setiap waktu. Salah satunya dengan cara mempromosikan dan mengajak orang bervegetaris. 


Sedari awal, para relawan juga mempersiapkan makanan dengan bahan-bahan pilihan dan sayuran segar untuk menjaga kualitas rasa masakan.


Yoelanny P. Lukman Jaya, PIC Tzu Chi Vegan Catering (kiri) sedang menumis sayuran segar untuk kelengkapan menu yang disajikan tanggal 19 Agustus 2019.

Tzu Chi Catering Vegan menjadi salah satu kegiatan relawan dalam Bulan Tujuh Penuh Berkah di Tzu Chi Indonesia. Setiap harinya selama dua periode, Tzu Chi Vegan Catering menyiapkan sajian makanan vegetarian dengan menu yang berbeda-beda. Mulai dari menyiapkan bahan-bahan masakan, memasak, hingga menyusun satu persatu menjadi hidangan spesial yang siap disajikan. Dan kesemuanya pun dilakukan dengan kerja sama antar relawan.

Yoelanny P. Lukman Jaya, PIC Tzu Chi Vegan Catering menjelaskan bahwa setiap tahun He Qi Timur memang membuka catering makanan vegetarian dalam menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah. 

“Hari ini ada catering Bulan Tujuh Penuh Berkah periode kedua di tahun 2019. Selain untuk mengumpulkan donasi, kita juga mau mengajak banyak orang untuk bervegetaris. Jadi supaya lebih mudah kita buatkan catering makanan,” ungkapnya.

Masakan kreasi dari Tzu Chi Vegan Catering sepenuhnya tidak memakai bawang dan tidak memakai telur. Tetapi rasanya juga tidak kalah dengan makanan lainnya. “Dulu mungkin orang memandang masakan vegan tidak enak, tetapi setelah ikut dan pesan catering dari kita justru malah memesan lagi,” cerita Yoelanny. 

Para konsumen dari Tzu Chi Vegan Catering juga beragam, mulai dari lingkungan sendiri (relawan), karyawan, serta masyarakat yang menyukai menu vegetaris. Mereka juga tidak segan merogoh kocek untuk memesan menu-menu spesial Tzu Chi Vegan Catering yang hasilnya dialokasikan untuk misi amal. 

“Rencananya hasil penjualan dari catering tahun ini akan kita donasikan untuk mendukung pembangunan Rumah Sakit Tzu Chi Indonesia,” jelas Yoelanny.


Setelah siap, relawan menghubungi para pelanggan. Ada yang mengambil sendiri ada pula yang menggunakan jasa ojek online untuk mengambilnya.


Vonny Supriatna, menerima makanan dari Tzu Chi Vegan Catering yang akan diambil oleh para donatur dan tetangga rumahnya.

Salah satu relawan yang bersemangat mengajak donatur dan tetangga di sekitar komplek rumahnya adalah Vonny Supriatna. Di rumah relawan He Qi Timur ini, beberapa paket menu vegetaris dikumpulkan yang nantinya akan diambil oleh masing-masing pemesan. “Yang pesan alasannya macam-macam, ada yang mau belajar bervegetaris, dan ada juga yang mau sumbang uang dengan cara beli makanan Tzu Chi,” jelas Vonny.

Vonny merasa senang karena banyak donatur dan tetangga yang menghubunginya untuk memesan makanan vegetaris dari Tzu Chi Vegan Catering. “Senang biar semua orang banyak yang bersumbangsih untuk Tzu Chi. Dan kegiatan ini positif sekali, supaya lebih banyak orang bervegetaris,” kata Vonny.


Selain para pelanggan, relawan juga memberikan makanan vegetaris untuk beberapa warga, salah satunya adalah Teguh Karyadi, petugas keamanan salah satu komplek perumahan di Kelapa Gading.

Bukan hanya pelanggan Tzu Chi Vegan Catering saja, relawan juga membagikan makanan vegetaris kepada beberapa warga. Teguh Karyadi (23), petugas keamanan di salah satu perumahan di Kelapa Gading tidak menyangka akan mendapatkan makanan vegetaris. Relawan Tzu Chi pun menghampirinya di ela-sela tugasnya menjaga gerbang masuk perumahan. “Kaget dan nggak nyangka dikasih makanan,” kata Teguh.

Bagi Teguh menjadi vegetarian tidak ada ruginya karena semua bahan makanan dari sayuran dan tidak berbahan daging. “Sayuran sehat untuk dikonsumsi, dari kecil juga diajarin kan harus banyak makan sayuran biar sehat,” tambahnya. Menjelang jam makan siang, Teguh membuka bingkisan berupa makanan vegetaris yang diberikan relawan.  “Rasanya enak, ada tekstur lembut,” ungkap Teguh setelah mencicipi salah satu menu spesial yaitu Go Hiong ala Bogor buatan relawan.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 586 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat