Jumat, 15 November 2019
Indonesia | English

Bencana Alam Pun Menimpa Pulau Batam

16 Januari 2006 Jurnalis : Awi (Tzu Chi Batam), Fotografer : -

Curah hujan yang tinggi kembali menyebabkan terjadinya bencana di Indonesia . Tanah longsor dan banjir bandang menimpa Pulau Batam pada tanggal 8 Januari lalu. Bencana yang terjadi di beberapa lokasi ini membuat masyarakat setempat kehilangan tempat tinggal. Insan Tzu Chi Batam, segera mengulurkan bantuan demi menolong para korban.

Pada tanggal 8 Januari lalu, Pulau Batam tertimpa musibah tanah longsor dan banjir. Musibah terjadi di beberapa tempat seperti Kampung Aceh dan Baloi Kolam. Kampung Aceh merupakan daerah dengan kerusakan terparah. Hujan yang turun terus-menerus mengakibatkan banjir yang menyapu sebagian rumah penduduk dan menghanyutkan harta benda yang dilalui sapuan air. Lebih dari 1000 jiwa terkena dampaknya. Mereka terpaksa tinggal di tenda-tenda pengungsian yang tersebar di beberapa lokasi, yaitu wilayah Batamindo, Mushalla Otorita di Kampung Aceh, dan Dusun Rusun. Sedangkan bencana tanah longsor terjadi di Baloi Kolam. Tanah dari sebuah tebing yang longsor menimpa pemukiman penduduk.

Musibah seperti ini jarang terjadi di Batam. Relawan Tzu Chi segera berkoordinasi untuk memberikan bantuan. Mereka mensurvey kebutuhan pengungsi. Mempersiapkannya dengan baik dan langsung membagikannya kepada para korban di lokasi bencana. Di Kampung Aceh, relawan Tzu Chi membagikan beberapa kebutuhan seperti peralatan mandi dan biscuit. Sedangkan di Baloi Kolam, diberikan bantuan berupa kebutuhan pangan.

Musim hujan memang musim rawan bencana banjir dan tanah longsor. Masyarakat harus siap dengan segala kemungkinannya, membantu sesama yang tertimpa musibah.

Artikel dibaca sebanyak : 2544 kali


Berita Terkait


Membangkitkan Semangat Warga Korban Kebakaran

14 November 2019

Sanghadana Masa Kathina 2563BE/2019

12 November 2019

Ikut Menyukseskan Verifikasi Calon Penerima Bantuan Rumah Tzu Chi

12 November 2019

Semangat Berbagi Melalui Celengan Bambu

11 November 2019

Ingin Segera Tinggal di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi

11 November 2019


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Sikap mulia yang paling sulit ditemukan pada seseorang adalah kesediaan memikul semua tanggung jawab dengan kekuatan yang ada.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat