Senin, 25 Mei 2020
Indonesia | English

Bergerak Menolong Warga Maumere dari Wabah DBD

02 April 2020 Jurnalis : Wintomo Tjandra Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar Mas), Fotografer : Wintomo Tjandra (Tzu Chi Sinar Mas)


Relawan Tzu Chi memberikan lotion anti nyamuk kepada warga Kecamatan Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Di tengah wabah Covid-19 yang menyebar saat ini, Kecamatan Maumere dan sekitarnya di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur juga sedang menghadapi wabah, yaitu DBD. Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) banyak terjadi di daerah tropis seperti Indonesia. Terkadang DBD sulit dibedakan dari demam biasanya, sehingga terlambat ditangani dan memakan korban jiwa.

Untuk mencegah korban jiwa yang lebih banyak lagi, relawan Tzu Chi Sinar Mas pun bergerak menyalurkan bantuan di Desa Bloro, yang tengah menghadapi wabah DBD. Dua orang relawan Tzu Chi Sinar Mas dari Jakarta menuju Nusa Tenggara Timur untuk bergabung dengan relawan lainnya dari unit usaha Sinar Mas yaitu Bank Sinarmas dan Sinarmas Multifinance kantor cabang Maumere.


Relawan turun langsung memberikan bantuan lotion anti nyamuk kepada warga di sekitar desa.


Sosialisasi pencegahan DBD diberikan kepada para siswa di sekitar Desa Bloro.

Pada tanggal 19 Maret 2020 seluruh relawan pun akhirnya berkumpul dan bahu-membahu melaksanakan kegiatan. Rangkaian kegiatan terdiri dari pengasapan rumah warga, pemberian lotion anti nyamuk dan sosialisasi pencegahan demam berdarah.

Para relawan bersama dengan perwakilan pemerintahan setempat mendatangi rumah-rumah warga. Sambil melakukan penyemprotan dan pemberian lotion anti nyamuk relawan bertegur sapa dengan warga. Menyalurkan bantuan sambil menenteramkan batin warga yang risau.

 

Anak-anak berfoto bersama usai mendapatkan bantuan.


Sebelum berkeliling melakukan pengasapan, relawan berkumpul dan berkordinasi terlebih dahulu.

Sosialisasi dibawakan oleh Kepala Puskesmas Desa Bloro serta Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM). Dalam sosialisasi pencegahan demam berdarah ini dijelaskan langkah-langkah yang benar dalam penggunaan lotion anti nyamuk. Selain itu, anak-anak sekolah juga diajak untuk menjadi “laskar jentik” yaitu membantu orangtua mereka untuk mencari jentik nyamuk demam berdarah dan kemudian membasminya.

“Ada sebanyak 1.393 kasus DBD dan sudah ada yang meninggal sebanyak 14 orang. Terima kasih Tzu Chi dan Sinar Mas yang sudah jauh-jauh datang ke sini untuk membantu kami menyelesaikan kasus DBD di Kabupaten Sikka”, ujar Petrus Harlenus, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka.

 

Relawan Tzu Chi dan warga Desa Bloro usai melakukan pengasapan, pemberian lotion, dan sosialisasi pencegahan wabah deman berdarah.

Jodoh Tzu Chi dengan warga Desa Bloro terjalin dengan penuh syukur melalui kepedulian ini. Warga hingga pemerintah daerah setempat menyambut baik bantuan di tengah wabah ini. Para relawan yang terdiri dari tim Bank Sinarmas dan Sinarmas Multifinance kantor cabang Maumere juga baru kali pertama turut serta dalam kegiatan kemanusiaan Tzu Chi.

“Saya sangat senang sekali dan bahagia. Luar biasa sekali apa yang dilakukan oleh Tzu Chi di sini, sudah mendukung warga di sini untuk menanggulangi demam berdarah. Saya juga senang melihat kekompakan relawan”, ungkap Vincensia Afelinda relawan dari Bank Sinarmas kantor cabang Maumere.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 345 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat