Selasa, 28 Januari 2020
Indonesia | English

Bersama, Pasti Kita Bisa!

25 Agustus 2008 Jurnalis : Irvan (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Irvan (Tzu Chi Bandung)

 
foto

Tzu Chi Bandung dan PMI Jawa Barat mengikat kerja sama untuk saling membantu dalam kegiatan yang bertujuan meringankan penderitaan orang yang membutuhkan.

Senin sore, tepatnya pukul 16.15, Tzu Chi Bandung kedatangan tamu istimewa. Mereka merupakan pengurus daerah PMI Jawa Barat yang menyempatkan hadir dalam acara penandatanganan nota kesepahaman antara pengurus daerah Palang Merah Indonesia Jawa Barat dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Perwakilan Bandung tentang “Kemitraan Pengembangan Kapasitas dalam Membantu Sesama Manusia yang Membutuhkan”.

Sebelum acara penandatanganan dimulai, Tzu Chi Bandung berkesempatan menayangkan cuplikan video tentang “Kali Angke” dan “Kilas Balik Kegiatan Tzu Chi Bandung 2007”. Para hadirin yang terdiri dari pengurus PMI dan relawan Tzu Chi menyaksikan tayangan tersebut dengan khidmat. Dalam “Kilas Balik Kegiatan Tzu Chi 2007” misalnya, di sana digambarkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan Tzu Chi pada tahun tersebut. Tzu Chi senantiasa ada untuk menolong mereka yang membutuhkan tanpa memandang latar belakang penerima bantuan.

Pada kesempatan tersebut, Karna Suwanda, Ketua PMI Daerah Jawa Barat menuturkan, ia merasa berbahagia sore tersebut karena dapat berkumpul dalam penandatanganan nota kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) untuk melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan tanpa membedakan agama, bangsa, suku bangsa, bahasa, warna kulit, jenis kelamin, golongan, dan pandangan politik. Secara singkat, ia menjabarkan tentang PMI kepada para relawan Tzu Chi, diantaranya bahwa PMI tidak bisa lepas dari perjuangan. Untuk menghindari segala kemungkinan yang buruk, sebelum penandatanganan, salah seorang staf PMI membacakan terlebih dahulu isi MoU.

Tujuan kemitraan ini secara tegas telah tercantum dalam pasal dua yang isinya adalah untuk menciptakan kesamaan pandangan dan sikap, khususnya dari kedua organisasi di dalam penguatan organisasi dan pengembangan kapasitasnya, serta mengembangkan kebersamaan di dalam membantu sesama yang membutuhkan. Selain itu, tujuan kemitraan ini adalah untuk memperkuat jaringan kerjasama kedua organisasi sesuai dengan misi dan visi masing-masing.

foto  foto

Ket : - Sebelum penandatanganan nota kesepahaman, para hadirin yang hadir menonton tayangan video tentang
          aktivitas Tzu Chi Bandung. (kiri)
         - Herman Widjaja mewakili Tzu Chi Bandung dan Karna Suwanda mewakili PMI Jawa Barat saling memberi
          ucapan selamat setelah penandatanganan nota kesepahaman. (kanan)

Sesuai tujuan mulia tersebut, maka bila ada bencana di daerah Bandung dan sekitarnya pada khususnya atau daerah Jawa Barat pada umumnya, kedua pihak akan berkoordinasi satu dengan yang lainnya untuk menentukan langkah-langkah dan tindakan-tindakan yang akan dilakukan sesuai kapasitas dan kemampuan masing-masing dan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat itu, sebagai upaya membantu warga/daerah yang terkena bencana. Adapun bantuan yang dapat diberikan untuk kebutuhan di lokasi bantuan antara lain mendirikan dapur umum, menyediakan tenaga medis, menyalurkan bantuan dari masyarakat, dan hal-hal lainnya yang memungkinkan untuk dilaksanakan.

Akhirnya pada pukul 17.00, penandatangan MoU pun dilaksanakan. Karna Suwanda selaku ketua PMI Daerah Jawa Barat dirujuk menjadi pihak pertama, sedangkan Herman Widjaja selaku ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Bandung dirujuk sebagai pihak kedua. Penandatanganan pun berakhir dengan tepukan meriah dari hadirin. Dalam ucapan singkatnya, seraya menggenggam tangan Herman Widjaja, Karna Suwanda dengan bijak berkata, “Kalau SBY dalam kampanyenya mengatakan, 'Kita Pasti Bisa!', maka saya di sini menambahkan, Bersama Kita Pasti Bisa!”

 

Artikel dibaca sebanyak : 997 kali


Berita Terkait


Bingkisan Kecil dengan Cinta Kasih yang Besar

22 Januari 2020

Tahun Baru, Resolusi Baru

21 Januari 2020

Bantuan Banjir di Tanjung Pasir

20 Januari 2020

Setiap Detik Berlombalah untuk Berbuat Kebajikan

20 Januari 2020

Bingkisan Imlek untuk Warga Kampung Simpak, Bogor

20 Januari 2020


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat