Selasa, 22 September 2020
Indonesia | English

Gathering Sosialisasi Bulan Tujuh Penuh Berkah

04 Agustus 2020 Jurnalis : Henny Yohannes (He Qi Utara 2), Fotografer : Henny Yohannes (He Qi Utara 2)


Gathering Sosialisasi Bulan Tujuh Penuh Berkah. Kegiatan ini dilakukan secara Online (Zoom) selama 2 jam, pada hari Sabtu 1 Agustus 2020, yang mana di hadiri oleh 100 partisipan baik dari Jakarta maupun luar Jakarta seperti Bandung, Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru dan Surabaya.

Relawan Tzu Chi He Qi Utara 2 akan mengadakan kegiatan “Bulan Tujuh Penuh Berkah”yang  berlangsung selama 2 bulan ( 1 Agustus – 30 September 2020). Kegiatan  ini diawali dengan kegiatan gathering sosialisasi bulan tujuh penuh berkah. Kegiatan ini dilakukan secara Online (Zoom) selama 2 jam, pada Sabtu 1 Agustus 2020, yang dihadiri oleh 100 partisipan baik dari Jakarta maupun luar Jakarta seperti Bandung, Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru dan Surabaya.

Di dalam acara, Amel selaku ketua fungsional kegiatan He Qi Utara 2 menjelaskan rencana kegiatan yang terdiri dari  tiga poin, yakni poin pertama, mengubah pandangan keliru ( takhayul) ke pandangan yang benar. Rencana akan melakukan gathering relawan / sosialisasi seperti saat ini, lalu sosialisasi makna bulan tujuh dalam kegiatan bedah buku, sharing video ceramah Master / Master bercerita.

Poin kedua, bervegetaris menyucikan batin, hal ini untuk melindungi makhluk hidup dengan tulus dan menciptakan berkah serta dapat melindungi bumi. Kegiatan yang akan dilakukan adalah PO Katering Vegan periode 18 Agustus – 18 September 2020, liputan demo memasak vegetarian oleh Daai Inspirasi, sharing video tentang vegetarian (ceramah Master, Master Bercerita, Kata Perenungan, dan pengetahuan tentang vegetarian).

 

Saya mengharapkan setiap relawan dalam menjalankan kegiatan harus penuh semangat, bersukacita dalam dharma. Serta bisa mendokumentasikan jejak cinta kasih setiap kegiatan selama bulan tujuh ini, agar bisa menginspirasi banyak orang.” Ungkap Amel.

Poin ketiga, berbakti dan berbuat kebajikan bermanfaat bagi semua makhluk, hal ini mempunyai makna yaitu ada dua hal yang tidak dapat kita tunda dalam hidup ini yaitu berbakti kepada orang tua dan berbuat kebajikan. Jenis kegiatan yang akan dilakukan seperti kebaktian online sutra Ksitigarbha, sharing Video tentang Berbakti (ceramah Master, Master Bercerita, dan Kata Perenungan).

“Saya mengharapkan setiap relawan dalam menjalankan kegiatan harus penuh semangat, bersukacita dalam dharma. Serta bisa mendokumentasikan jejak cinta kasih setiap kegiatan selama bulan tujuh ini, agar bisa menginspirasi banyak orang,” Ungkap Amel.

Sistem Po Katering Vegan He Qi Utara 2
Aina sebagai narasumber kedua menjelaskan tentang Sistem PO (Purchase Order) Katering Vegan He Qi Utara 2 yang berlangsung dari tanggal 18 Agustus – 18 September 2020. Masakan tersedia dari hari Senin – Jumat dan menu akan disebarkan melalui Whatsapp Group Komunitas setiap Jumat, dan PO di tutup setiap Kamis siang. Tujuan dalam kegiatan ini adalah mengajak orang umum (saudara/ teman/ kenalan relawan) dan relawan dalam komunitas yang belum bervegetaris untuk bisa  bervegetarian.

 

Aina Menjelaskan tentang alur pemesanan katering He Qi Utara 2 dengan sangat jelas dan detail kepada semua partisipan yang hadir.

Dalam pembahasan ini, Aina menjelaskan dengan seksama kepada setiap peserta. “Siapa agen pemasaran PO katering yang dimaksud di sini?” Tanya Aina kepada relawan yang hadir.

“Semua Relawan Tzu Chi” lanjutnya.

Kemudian Aina menjelaskan tentang alur pemesanan dari mulai relawan mengajak saudara / teman untuk bervegetaris, sampai proses saat hari pemesanan apa yang harus relawan lakukan. “Shixiong shijie men mari kita mengajak sebanyak-banyaknya orang yang belum bervegetarian untuk berlatih dan bertekad untuk bervegetarian minimal 15 hari, jadi kita bukan jualan makanan ya shixiong shijie men,” ucap Aina.  Tak lupa Aina juga memberitahu bahwa semua hasil keuntungan dari PO Katering ini akan didonasikan untuk pembangunan Rumah Sakit Tzu Chi.

Setiap peserta yang ingin berpartisipasi dalam acara, nantinya diwajibkan untuk mengisi sebuah formulir online. “Bagi orang yang ingin memesan PO Katering, diharapkan relawan dapat mengarahkan untuk mengisi Form Tulus Bervegetaris terlebih dahulu, baru boleh mengisi Google Form Pemesanan Katering”, penjelasan dari Farini sambil mempraktikan bagaimana cara mengisi kedua formulir tersebut.


Variaty mengajak semua partisipan untuk rilex sejenak dengan melakukan isyarat tangan lagu Da Jia Lai Chi Su “Marilah shixiong shijie kita bersama-sama melakukan shou yu Da Jia Lai Chi Su Mari Semua Bervegetaris”.

“Dan bila orang yang sama mau pesan PO Katering untuk minggu berikutnya, maka ia tidak perlu mengisi Form Tulus Bervegetaris lagi, tetapi relawan tetap membantu mengisi Google Form Pemesanan,” lanjutnya.

Di penghujung acara pada hari itu, Variaty, sekretariat He Qi Utara 2 mengingatkan pentingnya niat untuk mengajak berbuat kebaikan dan bersumbangsih untuk dunia. “Kita semua tahu saat ini dunia sedang mengalami wabah Covid-19 terutama Indonesia. Dengan cinta kasih menggugah hati orang-orang yang di sekitar kita untuk dapat membuat kebajikan, membuat karma baik. Dengan bervegetaris kita dapat mengembangkan cinta kasih kita dalam melindungi bumi dan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat” Ungkap Variaty.

Setelah itu Variaty mengajak partisipan untuk menonton video dan mempraktekannya langsung isyarat tangan Da Jia Lai Chi Su (Mari Semua Bervegetaris) bersama-sama agar lebih rilex.

Mengajak Orang Bervegetaris

 

 

“Setiap harinya kita dari team Kegiatan akan share Video-video / Foto yang berkaitan dengan Bulan Tujuh Penuh Berkah ke shixiong shijie semua, di mana shixiong shijie bisa share kembali materi-materi tersebut ke group Hu Ai, Xie Li atau ke temen-teman semua yang mau bertekad bervegetarian.” Ungkap Cindy.

Untuk dapat mengajak masyarakat umum agar dapat berpartisipasi, setiap peserta diberikan masukan agar dapat menggalang hati setiap orang. “Bagaimana kita bisa mengajak orang untuk bervegetaris?” tanya Cindy kepada semua partisipan yang hadir, “Nanti setiap harinya kita dari team Kegiatan akan share Video-video / Foto yang berkaitan dengan Bulan Tujuh Penuh Berkah ke Shi Xiong Shi Jie semua, di mana Shi Xiong Shi Jie bisa share kembali materi-materi tersebut  ke group Hu Ai, Xie Li atau ke temen-teman semua yang mau bertekad bervegetarian. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak membagikan untuk informasi-informasi kebaikan ini ke saudara atau temen-teman Shi Xiong Shi Jie semuanya ya” lanjutnya.

Selain itu Cindy juga memberitahu “Tujuan dari kegiatan ini kita mau semakin banyak orang yang kita ajak untuk bervegetarian, maka akan semakin banyak yang bervegetarian. Mudah-mudahan setelah dengan bantuan Shi Xiong Shi Jie semuanya jumlah orang yang bertekad bervegetarian menjadi semakin meningkat” ungkapnya, “Jadi Ayo Shi Xiong Shi Jie semuanya Jia Yo!” ucap Cindy dengan penuh semangat dengan mengangkat tangan kanannya.

Menutup acara pada hari itu, Anie Wijaya ketua He Qi Utara 2 memberikan semangat dan doa semoga acara dapat berjalan dengan lancar. “Saya sangat Gan En kepada semua tim kegiatan yang penuh semangat, kreatif, saling support dan kompak ini. sehingga gathering ini terealisasi dengan sangat rapi, padat dan tujuan tersampaikan. Dan juga saya sangat Gan En kepada semua tim konsumsi, SHZ dan semua relawan yang telah bersedia mendorong gerakan Tulus Bervegetarian ini.” ungkap Anie Wijaya.

Editor: Teddy Lianto

Artikel dibaca sebanyak : 236 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat