Minggu, 26 Januari 2020
Indonesia | English

Masker untuk Korban Kabut Asap di Riau

19 September 2019 Jurnalis : Alfian Yuliarto, Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar Mas), Fotografer : Alfian Yuliarto (Tzu Chi Sinar Mas)


Relawan Tzu Chi Sinar Mas memberikan masker kepada para penumpang angkutan umum di wilayah Kecamatan Kandis.

Wilayah pulau Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi sedang diselebungi asap. Pemerintah bersama masyarakat sedang berjuang untuk mengatasi kabut asap yang kian mengkhawatirkan dan berbahaya terhadap kesehatan.

Ketika ketidakselarasan terjadi di dalam hati manusia, dampaknya seringkali menyebabkan kerusakan alam yang akhirnya berdampak kepada kesehatan manusia. Relawan Tzu Chi Sinar Mas dari wilayah komunitas Siak bahu-membahu meringankan rasa sesak atas asap yang dihirup dengan membagikan 8.000 masker bagi warga yang terdampak.


Relawan bersama aparat Kepolisian dan TNI memberikan dan memasangkan masker kepada para pengendara sepeda motor.


Relawan Tzu Chi bekerja sama dengan Kecamatan Kandis mengadakan baksos kesehatan dan pemberian masker kepada warga.

Pada 14 September 2019, sebanyak 60 orang relawan turun ke jalan di sekitar Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau untuk membagikan masker kepada warga sekitar. Kandis merupakan salah satu wilayah di Provinsi Riau dengan kondisi udara yang dinyatakan berbahaya. Tidak turunnya hujan dalam beberapa hari memperparah kondisi asap di wilayah tersebut.

“Sebagai manusia sudah seharusnya kita saling membantu satu sama lain. Selama kita masih diberi kesehatan sudah selayaknya kita membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” ungkap R. Andika, relawan yang ikut dalam kegiatan ini.

Pada kegiatan pembagian masker ini, relawan juga menyediakan pelayanan kesehatan dengan mendatangkan 6 orang dokter untuk memeriksa kondisi kesehatan warga yang terdampak.


Relawan dengan penuh cinta kasih memasang masker kepada seorang kakek yang melintas dengan sepeda di wilayah Indragiri.

Ramli, salah seorang warga yang menerima masker merasa dibantu dan mendapatkan perhatian. “Saya percaya apabila kita bersama-sama saling membantu dan bergotong royong maka masalah kebakaran lahan dan asap ini dapat kita lewati dan atasi dengan baik,” ujarnya.

Selain di wilayah Siak, relawan juga membagikan masker di wilayah Provinsi Riau lainnya yaitu Kampar dan Indragiri. Selain wilayah Sumatera, hingga saat ini Tzu Chi Sinar Mas bersama dengan para relawan Tzu Chi lainnya juga telah menyalurkan masker di wilayah Kalimantan. Lebih dari 70.000 masker telah diberikan kepada mayarakat yang terdampak kabut asap. Dengan mengenakan masker diharapkan bisa mengurangi dampak negatif dari kabut asap.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 592 kali


Berita Terkait


Peduli Korban Kabut Asap di Perawang

04 Oktober 2019

Perhatian untuk Warga Terdampak Kabut Asap

23 September 2019


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Orang yang berjiwa besar akan merasakan luasnya dunia dan ia dapat diterima oleh siapa saja!

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat