Senin, 20 Mei 2019
Indonesia | English

Menumbuhkan Kepedulian Para Siswa Terhadap Lingkungan

08 April 2019 Jurnalis : Apriadi (Tzu Chi Sinar Mas), Fotografer : Yurinda Kusumatantri (Tzu Chi Sinar Mas)

Siswa-siswi SDN 1 Kalang antusias mengikuti penyuluhan.  

Perbuatan baik harus diwujudkan dalam tindakan nyata, kebijaksanaan yang tumbuh dari perbuatan baik ini baru benar-benar bermanfaat dalam kehidupan”

-Master Cheng Yen-

 

Berbuat baik dapat dilakukan kapan dan di mana saja asalkan ada niat tulus dan rasa peduli, seperti kepedulian sesama manusia dengan lingkungan sekitarnya. Semangat kepedulian terhadap lingkungan inilah yang menguatkan tekad relawan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Kalimantan Tengah 1 melaksanakan penyuluhan dan berbagi ilmu terkait pelestarian lingkungan bagi siswa-siswi di SDN 1 Kalang, Desa Kalang, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, 20 Maret 2019.

Melalui kegiatan ini, para relawan bergerak untuk menambah pengetahuan dan kepedulian anak-anak terhadap lingkungan. Dengan melibatkan relawan Dharma Wanita, sebanyak 7 orang relawan berbagi ilmu kepada 30 siswa. Para siswa terlihat begitu antusias pada saat Saparuddin Pulungan, relawan yang memberikan materi menjelaskan materi terkait pelestarian lingkungan yang diawali dengan Yel-Yel “Aku Cinta Bumi”.

 

Saparuddin Pulungan sedang memberikan materi penyuluhan kepada para siswa.


Selain kepada para siswa, relawan juga memberikan bantuan fasilitas kebersihan Sekolah kepada pihak sekolah.

Teriakan nyanyian yang begitu ceria dari para siswa menambah semangat para relawan dalam menyampaikan seluruh materi, satu demi satu. Adapun materi yang disampaikan pada hari itu, dimulai dari pengertian lingkungan, fungsi lingkungan, hal-hal yang dapat merusak lingkungan hingga cara-cara dalam pemisahan sampah.

Selama 45 menit materi dijelaskan kepada para siswa. Usai presentasi oleh relawan, para siswa pun diberikan kesempatan untuk bertanya. “Wah sungguh kegiatan yang sangat menyenangkan berbagi ilmu dengan mereka, anak-anak di sini aktif dan rasa ingin tahunya cukup tinggi,” ungkap Saparuddin Pulungan.


Usai penyuluhan, relawan memberikan bantuan berupa tas kepada para siswa.


Bersama para siswa dan para guru, relawan Tzu Chi Sinar Mas berfoto bersama di halaman sekolah.

Kegiatan pada hari itu diakhiri dengan pembagian bingkisan cinta kasih, yaitu 30 tas sekolah kepada para siswa dan 7 tempat sampah untuk melengkapi fasilitas sekolah. “Terima kasih ya pak semoga, tas-nya bisa kami pakai untuk  sekolah”, ujar Maulida siswi kelas 6 kepada salah seorang relawan.

Kegembiraan yang dirasakan oleh para siswa adalah juga kegembiraaan para relawan. Melalui kegiatan ini relawan berharap kelak para siswa tumbuh menjadi insan yang lebih peduli dengan pelestarian lingkungan.

 

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 147 kali


Berita Terkait


Cintai Bumi di Titik Pelestarian Lingkungan yang Baru

03 Mei 2019

Bertambahnya Satu Titik Pelestarian Lingkungan

24 April 2019

Wajah-Wajah Bahagia di Pelestarian Lingkungan

23 April 2019

Inspirasi Belajar Melalui Pelestarian Lingkungan

23 April 2019

Melestarikan Lingkungan dengan Tanaman Obat Keluarga

10 April 2019


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Bila sewaktu menyumbangkan tenaga kita memperoleh kegembiraan, inilah yang disebut "rela memberi dengan sukacita".

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat