Sabtu, 08 Agustus 2020
Indonesia | English

Paket Sembako Tzu Chi Jangkau Warga Kurang Mampu di Bekasi

19 April 2020 Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Khusnul Khotimah

Walikota Bekasi Rahmat Effendi (baju kuning) menerima langsung 700 paket sembako dari Tzu Chi Indonesia, Jumat 17 April 2020 di di Stadion Patriot Candrabaga Kota Bekasi.

Pagi itu Rahmat Effendi, Walikota Bekasi berjalan tergopoh-gopoh. Ia mendapati rombongan relawan Tzu Chi Indonesia bersama Kepala Sekretariat Presiden RI Heru Budi Hartono sudah tiba di Stadion Patriot Candrabaga pada pukul 10.25 WIB. Stadion Patriot kini difungsikan sebagai Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bekasi.

Jika sebelumnya sebanyak 2.000 paket sembako Tzu Chi Indonesia telah menjangkau wilayah Jakarta dan Tangerang Selatan, kini giliran Kabupaten Bekasi. Di sini Tzu Chi memberikan 700 paket sembako yang ditujukan bagi warga kurang mampu, panti asuhan, dan marbut atau penjaga masjid.

“Atas nama pemerintah Kota Bekasi saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” tutur Rahmat Effendi.


Para perwakilan penerima bantuan hadir langsung dalam penyerahan bantuan sembako ini. Paket sembako ini sendiri berisi 5 kg beras, 2 kg gula pasir, 2 liter minyak goreng, dan 6 bungkus mi vegetarian DAAI.

Rahmat Effendi merasa tersanjung dengan perhatian Tzu Chi Indonesia yang sebelumnya juga telah memberikan bantuan berupa 5.000 alat rapid tes yang sudah digunakan seluruhnya.

“Kota Bekasi sekarang ini pasien positifnya sudah hampir 174 dan yang meninggal 80 orang, sembuh 29. Saya sudah menelepon ke Tzu Chi untuk meminta tambahan lagi karena ada 12 kecamatan sekarang ini yang menjadi zona merah. Semakin banyak kami lakukan rapid tes, semakin tinggi angkanya. Di kami ada hampir 1.600 orang, baik ODP maupun PDP,” ujarnya.  

Penyerahan bantuan di Stadion Patriot pada Jumat, 17 April 2020 ini sendiri tidak berlangsung lama. Namun tampak Kepala Sekretariat Presiden RI Heru Budi Hartono memberikan semangat kepada Rahmat Effendi.

“Kami hadir di sini untuk memberikan bantuan, meringankan beban masyarakat Pak wali. Pak walikota kebetulan teman lama ketika kami bersama-sama di wilayah. Saya tahu kesulitan seorang walikota menghadapi situasi seperti ini yang tidak ada ujungnya,” kata Heru Budi Hartono.


Syamsu Rizal, penjaga masjid atau marbut dari Masjid Jami Attaqwa, Bekasi sangat bersyukur dengan bantuan yang diterimanya ini.

Syamsu Rizal, penjaga masjid atau marbut dari Masjid Jami Attaqwa, Bekasi yang datang sebagai perwakilan penerima bantuan, menerima bantuan sembako ini dengan penuh rasa syukur. Ini merupakan bantuan pertama yang ia terima sejak Covid-19 mewabah.

“Akibat covid-19 ini masyarakat tidak mampu semakin kesulitan, karena itu saya mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan ini,” kata Syamsu Rizal.


Selain 700 paket bagi warga Bekasi, sebanyak 230 paket sembako juga diberikan kepada petugas pertamanan di lingkungan istana negara serta 70 lainnya dibagikan kepada para pemulung.


Adapun total sembako yang dibagikan pada Jumat, 17 April 2020 ini sebanyak 1.000 paket.

Melihat kebahagiaan yang dirasakan perwakilan para penerima bantuan seperti Syamsu Rizal, Ricky Budiman, relawan Tzu Chi merasa terharu. Kata dia, Tzu Chi Indonesia terus berupaya mengalirkan bantuan sembako ini kepada warga kurang mampu supaya dapat meringankan kegundahan warga dan bisa melalui situasi yang sulit ini.  

“Semua lapisan masyarakat terdampak oleh Covid-19 dan selama ini mungkin mereka juga sudah agak kekurangan sedangkan dengan Covid-19 ini pasti jauh lebih besar dampaknya dari pada biasanya. Mungkin yang tadinya kerja harian atau serabutan, untuk sementara pekerjaan itu sekarang benar-benar hilang,” pungkas Ricky Budiman.  

 

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 287 kali


Berita Terkait


Seribu Paket Sembako di Kelurahan Cipinang Besar Utara

30 Juli 2020

Sumbangsih yang Mengalir dari Pesisir Hingga Kaki Gunung

10 Juli 2020

Menyatukan Kekuatan dalam Menyebarkan Cinta Kasih

09 Juli 2020

Potret Cinta Kasih Universal di Tengah Pandemi

03 Juli 2020

Bahagianya Para Pendidik PAUD Terima Paket Sembako Tzu Chi

23 Mei 2020


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Ada tiga "tiada" di dunia ini, tiada orang yang tidak saya cintai, tiada orang yang tidak saya percayai, tiada orang yang tidak saya maafkan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat