Senin, 20 Mei 2019
Indonesia | English

Peduli Dengan Clubfoot

28 Februari 2019 Jurnalis : Vinson Theodoric ( Tzu Chi Medan ), Fotografer : Vinson Theodoric ( Tzu Chi Medan )


Prof. Dr. Greta Dereymaeker, MD., PhD memberikan penjelasan tentang penyakit tulang.

Pada Kamis, 21 Februari 2019 Tzu Chi Medan mengadakan seminar mengenai “ClubFoot” yang dibawakan oleh Prof. Dr. Greta Dereymaeker, MD. PhD yang berasal dari Belanda. Seminar ini diadakan untuk memberikan edukasi tentang “Clubfoot”.

Acara pertama diawali dengan makan malam bersama antara relawan dan dokter, untuk menjalin hubungan yang erat. Setelah jam menunjukkan pukul 19.25 WIB, relawan bergegas menuju ke lantai 5 untuk mendengar sharing dari Prof. Dr. Greta Dereymaeker, MD. PhD.

Acara pun dimulai dengan kata sambutan dari Juliana sebagai MC dalam sharing ini. Ia pun menjelaskan secara singkat tentang visi dan misi Yayasan Buddha Tzu Chi serta mengenalkan pendiri Yayasan Buddha Tzu Chi yaitu Master Cheng Yen.

 

Relawan mendengarkan penjelasan dari Prof. Dr. Greta Dereymaeker, MD., PhD dengan bersungguh hati.


Relawan sangat antusias bertanya kepada dokter yang berasal dari Belanda ini mengenai “Clubfoot”

Prof. Dr. Greta Dereymaeker, MD., PhD sendiri datang ke Indonesia untuk membantu persoalan dari penyakit “ClubFoot” dan membawa alat-alat yang diperlukan untukmembantu mereka yang masuk dalam kategori penyakit ini. Mereka bertandang ke Indonesia dengan memanfaatkan waktu cuti mereka untuk membantu penderita penyakit “ClubFoot” yang sering terjadi negara berkembang.

Kemudian Prof. Dr. Greta Dereymaeker, MD. PhD, menjelaskan secara detail penyakit tentang tulang,dan dia bersyukur mendapatkan ilmu tentang“Clubfoot”.Ia pun membagi ilmunya terutama kepada dokter yang berada di negara berkembang dan berkomitmen untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.


Relawan yang mengikuti sharing seputar “Clubfoot”

Acara seminar kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Relawan juga sangat antusias untuk bertanya, bahasa yang awalnya jadi kendala kemudian dapat diakomodir oleh dr. Otman yang membantu menerjemahkan setiap pertanyaan yang ditanyakan kepada Prof. Dr. Greta Dereymaeker, MD. PhD. Dokter dari Belanda tersbut juga sangat senang karena banyak pertanyaan yang dilontarkan relawan.

Di penghujung acara, relawan mengajak Prof. Dr. Greta Dereymaeker, MD. PhD memperagakan isyarat tangan dengan judul lagu “Satu Keluarga” serta memperkenalkan budaya humanis dari Tzu Chi yaitu isyarat tangan. Dengan mengutip sebuah Kata Perenungan dari Master Cheng Yen “Di dunia ini tiada hal yang tidak mampu kita lakukan, ditakutkan adalah kita yang tidak mau melakukannya”.


Editor: Arimami Suryo A.

Artikel dibaca sebanyak : 285 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Cara untuk mengarahkan orang lain bukanlah dengan memberi perintah, namun bimbinglah dengan memberi teladan melalui perbuatan nyata.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat