Senin, 25 Mei 2020
Indonesia | English

Rapid Test Covid-19 untuk Warga yang Membutuhkan

02 April 2020 Jurnalis : Arimami Suryo A., Fotografer : Arimami Suryo A.


Salah satu warga mengikuti Rapid tes Covid-19 yang diselenggarakan oleh Tzu Chi Indonesia dan Agung Sedayu Group (ASG)

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama dengan Agung Sedayu Group (ASG) mengadakan Rapid Test Covid-19 bagi warga yang membutuhkan pada Rabu, 01 April 2020 di Golf Island, PIK, Jakarta Utara. Kegiatan ini diprioritaskan bagi warga yang memiliki gejala dan telah melalui proses screening terlebih dahulu apakah memiliki riwayat berhubungan dengan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Rapid Test Covid-19 ini dilakukan oleh tim medis dari RS Cinta Kasih Tzu Chi 3 hari dalam satu minggu dengan jumlah peserta dibatasi 50-100 orang setiap pelayanannya. “Kita prioritaskan kepada masyarakat yang memang sudah memiliki gejala. Jadi kita ada screening awal apakah dia demam, apakah dia ada riwayat bersentuhan dengan PDP. Jadi dari sana yang kita prioritaskan untuk dites dulu dan hanya membatasi untuk masyarakat-masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan,” ungkap Kepala Sekretariat Tzu Chi Indonesia, Suriadi Huang.


Tes ini dilakukan dengan cara mengambil sampel darah pasien kemudian dimasukkan ke dalam alat Rapid tes Covid-19.


Tenaga medis dari RS Cinta Kasih Tzu Chi melayani dengan seksama para warga yang mengikuti Rapid tes Covid-19.

Rapid Tes Covid-19 yang diselenggarakan Tzu Chi Indonesia dan Agung Sedayu Group (ASG) ini mendapat sambutan positif dari masyarakat. Salah satunya adalah Suratman yang setiap harinya bekerja sebagai tenaga sekuriti di wilayah Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Beberapa hari terakhir, Suratman memang mengeluhkan batuk-batuk sehingga ia pun dianjurkan untuk mengikuti rapid tes Covid-19. “Saya kira kegiatan ini bagus sekali untuk meyakinkan diri saya sehat atau tidak. Karena saya sering bertemu dengan orang banyak,” ungkap pria yang tinggal di Bekasi tersebut.

Tim medis dari RS Cinta Kasih Tzu Chi dengan seksama melayani satu persatu warga yang hadir. Setelah diperiksa dan mengisi data diri, warga yang telah masuk ke dalam tenda pun diambil sampel darahnya. Kemudian sampel darah dimasukkan ke dalam alat rapid tes Covid-19 dan hasilnya pun akan diketahui setengah jam kemudian.


Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang berkesempatan hadir mengucapkan terima kasih kepada Tzu Chi yang telah aktif berperan dalam menanggulangi wabah Covid-19.


Suratman mendapatkan pelayanan Rapid tes Covid-19 dari tim medis RS Cinta Kasih Tzu Chi.

Kegiatan ini juga disambut baik oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Disela-sela tim medis melayani masyarakat yang melakukan rapid tes Covid-19, Anies Baswedan juga menyempatkan diri mengunjungi kegiatan ini. Dalam kunjungannya, Gubernur DKI Jakarta tersebut sempat berdiskusi dengan relawan dan secara khusus mengucapkan terima kasih atas bantuan Tzu Chi Indonesia dalam penanganan Covid-19.

“Saya secara khusus ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Yayasan Buddha Tzu Chi karena termasuk yang paling awal bergerak. Dukungannya juga tidak tanggung dan juga serius, kami di Jakarta merasakan sekali mendapatkan drop alat Rapid Test, masker dalam jumlah yang memang betul-betul bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Jakarta. Jadi kami mengapresiasi sekali kecepatannya dan juga volume dukungannya, karena kecepatan saja tapi volumenya tidak diiringi maka yang mendapat manfaat sedikit. Tapi ini sangat bermanfaat sekali dan ini akan tercatat di dalam sejarah kita bahwa Yayasan Buddha Tzu Chi melakukan ini secara luar biasa,” ungkap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 1507 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Bekerja untuk hidup sangatlah menderita; hidup untuk bekerja amatlah menyenangkan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat