Kamis, 12 Desember 2019
Indonesia | English

Relawan Tzu Chi Sibuk Persiapkan Lebaran

05 Juni 2017 Jurnalis : Metta Wulandari, Fotografer : Metta Wulandari

doc tzu chi

Ricky Budiman (tengah) dan Agus Hartono (dua dari kiri) berkoordinasi bersama relawan dan anggota TNI di kantor Koramil 02/Penjaringan, Jakarta Utara sebelum membagikan kupon bingkisan lebaran untuk warga, Minggu, 4 Juni 2017.

Kesibukan dalam mempersiapkan diri untuk menyambut Idul Fitri tidak hanya dirasakan oleh umat Muslim, relawan Yayasan Buddha Tzu Chi pun merasakan kesibukan yang hampir sama. Mereka berkeliling ke perkampungan warga dan membagikan kupon bingkisan lebaran. Senyum tak hilang di wajah relawan walau terik matahari amat menyengat. “Shixiong shijie ingat ya ini bulan puasa, jadi jangan makan atau minum sembarangan. Kita harus saling menghormati,” ucap relawan saling mengingatkan.

Relawan Tzu Chi yang terdiri dari berbagai macam keyakinan ini hadir sejak pagi di Kantor Koramil 02/Penjaringan, Jakarta Utara sebelum berkeliling ke rumah-rumah warga untuk membagikan kupon. Mereka melakukan briefing singkat bersama dengan anggota TNI yang turut membantu menemani relawan untuk turun ke lapangan. Di hari ke-9 pelaksanaan ibadah puasa bagi umat Muslim ini, ada sekitar 130 relawan dari komunitas He Qi Utara 2 yang turut serta berbagi kebahagiaan untuk mereka.

Ricky Budiman, relawan Tzu Chi sekaligus PIC kegiatan mengaku senang bisa menyelenggarakan pembagian kupon yang akan berlanjut pada pembagian bingkisan lebaran pekan depan. Apalagi ketika melihat sambutan warga begitu antusias. “Ternyata warga sudah sering mendengar nama Yayasan Buddha Tzu Chi, namun kami baru kali ini bisa mengunjungi mereka,” tuturnya. “Semoga apa yang akan kami berikan ini bisa bermanfaat untuk warga,” imbuhnya.

Di hari ke-9 pelaksanaan ibadah puasa bagi umat Muslim, ada sekitar 130 relawan dari komunitas He Qi Utara 2 yang turut serta berbagi kebahagiaan untuk mereka.

Pembagian kupon bingkisan lebaran yang dilakukan di wilayah Penjaringan, termasuk Rawa Bebek, Tanah Pasir, dan Tanah Merah, memang baru pertama kali dilakukan oleh relawan komunitas He Qi Utara. Hari itu, 4 Juni 2017, ada sebanyak 1.200 kupon yang terbagi.

Agus Hartono yang juga merupakan PIC kegiatan menambahkan bahwa Ia kagum dengan apa yang telah dilakukan oleh relawan sehingga mereka bisa membagikan 1.200 kupon dalam waktu singkat. “Saya terharu karena dukungan relawan untuk kegiatan ini sangat besar,” ucapnya. Agus mengaku sempat ragu bisa mengumpulkan relawan pada hari Minggu tersebut. “Hari ini di (komunitas relawan) Pluit sedang ada tiga kegiatan, shijie. Tapi bersyukur sekali di pembagian kupon ini juga banyak relawan yang hadir walaupun sedang sibuk-sibukknya. Saya terharu,” tambahnya.

Sementara itu, bagi Joe Lienardy Lie kesibukan pagi itu dianggap sebagai suatu berkah. Karena selain bisa berbagi kebahagiaan, relawan juga bisa saling mengenal dan bersilaturahmi dengan warga. “Jangan sebut sebagai kesibukan lah, ini adalah berkah,” tuturnya renyah. “Saya sudah pasti senang karena makin banyak kenalan dan jadi paham kondisi masyarakat luas,” imbuhnya lagi. Momentum turun ke lapangan seperti hari itu juga digunakannya sebagai pengingat diri untuk selalu bersyukur. Pasalnya setiap hari ia sudah sibuk dengan berbagai hal lainnya, maka Ia ingin memanfaatkan waktu liburnya untuk kembali menciptakan berkah di masyarakat.

Relawan berjalan menuju lokasi pembagian kupon bingkisan lebaran, namun ada pula yang menggunakan kendaraan karena lokasi yang terlampau jauh. Relawan terbagi dalam tim-tim kecil untuk memudahkan proses pembagian kupon.


Joe Lienardy Lie (topi putih) dan Riffullin (jilbab putih) memberikan kupon bingkisan lebaran kepada warga Rawa Bebek. Mereka senang karena bisa ikut berbagi kebahagiaan bersama warga.

Sedikit berbeda dengan relawan Tzu Chi lainnya, Riffullin justru mengucapkan terima kasihnya kepada Tzu Chi.  “Karena Yayasan Buddha Tzu Chi sudah peduli terhadap kami, kaum Muslim,” tuturnya usai membagikan kupon di wilayah Tanah Pasir. Ivo, panggilan akrabnya menambahkan bahwa Ia sangat bahagia karena di tengah ibadah puasanya, Ia bisa ikut serta berkeliling membawa kebahagiaan lain untuk warga. “Saya membayangkan kalau saat lebaran nanti pasti mereka senang karena di rumah sudah ada bingkisan lebaran,” ucap remaja 18 tahun ini.

Pembagian bingkisan lebaran akan dilakukan pekan depan, hari Minggu, 11 Juni 2017 di Kantor Koramil 02/Penjaringan, Jakarta Utara. “Semoga semua bisa berlangsung lancar dan memberi manfaat untuk kita semua,” tutup Ricky Budiman.

Artikel dibaca sebanyak : 1452 kali


Berita Terkait


Mengenalkan Tzu Chi Melalui Kegiatan Donor Darah

12 Desember 2019

Kisah Haru Sang Guru Ngaji

09 Desember 2019

Opa dan Oma Adalah Saudara Kita

05 Desember 2019

Menganyam Hati, Menganyam Semangat

04 Desember 2019

Rumah Baru Nenek Aisyah

19 November 2019


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Keindahan kelompok bergantung pada pembinaan diri setiap individunya.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat