Senin, 25 Mei 2020
Indonesia | English

Tzu Chi Palembang Peduli Penanganan Covid-19

01 April 2020 Jurnalis : Putradi (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Putradi (Tzu Chi Palembang)


Relawan Yuliana dan Erly menyerahkan bantuan masker, air minum kemasan, dan biskuit di RS Myria.

Di awal tahun ini dunia dikejutkan dengan wabah corona atau Covid-19 yang belakangan sudah merebak juga di Indonesia termasuk Kota Palembang. Wabah ini menimbulkan berbagai masalah terkait dengan persediaan masker di pasaran dan sejumlah rumah sakit di Kota Palembang menjadi langka.

Hal tersebut menjadi salah satu perhatian dari Tzu Chi Palembang. Untuk itu Teddy Kurniawan, Ketua Tzu Chi Palembang, Suhardjo, dan Chandra Antonio berserta Iwan Seriawan, Ketua Paguyuban Sinar Mas Sumatera Selatan bersama relawan lainnya menyalurkan bantuan ke beberapa rumah sakit rujukan kasus Covid-19 dan beberapa rumah sakit umum lainnya, Jumat 27 Maret 2020.


Humas Darwis Hidayat bersama relawan memberikan langsung bantuan masker ke RS. Umum Daerah Palembang BARI.

Pada kesempatan itu, Tzu Chi Palembang mendistribusikan bantuan berupa 36.000 buah masker, 1.200 botol air minum kemasan, dan 1.200 bungkus biskuit ke 10 Rumah Sakit serta Dinas Kesehatan Kota Palembang. Bantuan tersebut disalurkan ke RS Dr. Mohammad Hoesin, RS Siti Fatimah Provinsi Sumatera Selatan, RS Bhayangkara Palembang, RS dr. AK Gani, RS Siti Khadijah, RS Muhammadiyah Palembang, RSUD Palembang BARI, RS RK Charitas, RS Myria, RS Karya Kasih Charitas, dan Dinas Kesehatan Kota Palembang.


Perwakilan RS. Bhayangkara, Bapak Ary menandatangani serah terima bantuan masker, air minum kemasan, dan biskuit.

Agar bantuan distribusi cepat dilakukan, relawan dibagi menjadi 5 tim. Teddy Kurniawan menyampaikan bahwa bantuan ini diutamakan bagi para dokter dan tim medis.

“Dalam kondisi seperti ini dokter, perawat, dan tim medis lainya merupakan orang yang selalu berdiri di garda paling depan untuk melakukan penanganan pasien covid-19. Setiap hari tim medis melakukan kontak langsung baik di poliklinik, IGD, rumah sakit, dan kamar pasien. Dengan demikian mereka tentunya harus dibekali perlindungan diri yang baik dan memadai,” ujar Teddy Kurniawan.


Serah terima masker, air minum kemasan, dan biskuit yang diserahkan oleh Yuliana yang diterima salah satu staf RS. Siti Fatimah Provinsi Sumatera Selatan.

Teddy juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim medis yang ikut bersumbangsih untuk bantuan penanganan covid-19. Sehingga, harapannya bantuan ini dapat bermanfaat untuk dokter mapun tim medis lainya.

Bantuan ini merupakan himpunan dari beragam unsur elemen masyarakat dan juga relawan. Salah satu relawan yaitu Darma Saputra, yang telah menjadi relawan Tzu Chi selama 4 tahun. Ia yang ikut dalam proses pembagian masker ini menyampaikan, “Mungkin orang juga takut dengan wabah ini, tapi, yang ada di pikiran saya bagaimana bisa bersumbangsih untuk rumah sakit, bersumbangsih untuk yang membutuhkan bantuan dengan sepenuh hati melayani di tengah wabah yang terjadi.”


Relawan berfoto bersama barang bantuan yang telah dikemas rapi agar memudahkan dalam pendistribusian Covid-19 di Palembang.

Dharma Saputa juga merasa bangga, sangat bahagia bisa menjadi relawan di Tzu Chi karena banyak hal yang bisa ia pelajari bukan hanya tentang bersumbangsih saja. “Di sini (Tzu Chi) juga merupakan ladang pelatihan diri. Dalam kondisi wabah ini masih bisa memberikan sumbangsih untuk orang lain sungguh luar biasa bukan.

Seperti dalam Kata Perenungan Master Cheng Yen, “Cinta kasih yang tulus dapat menghangatkan batin semua orang yang sedang menderita dan bersedih”.

Editor: Metta Wulandari

Artikel dibaca sebanyak : 478 kali


Berita Terkait


Saling Peduli, Saling Jaga dengan Membuat dan Membagikan Masker Kain

24 April 2020


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Kehidupan masa lampau seseorang tidak perlu dipermasalahkan, yang terpenting adalah bagaimana ia menjalankan kehidupannya saat ini.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat