Sapo Angsio Rebung


Bahan: (porsi 5 orang)
580 gram rebung, 5 kuntum jamur hioko kering, 2 buah wortel, 3 helai sayur pakcoy, 6 - 7 irisan jahe, 5 - 6 butir buah Chesnut (ukuran besar).

Bumbu:

  1. 200 cc mirin (sake manis untuk masak), 2 sdm tepung beras pulut (atau tepung kentang), ½ sdt bubuk merica.
  2. 6 - 7 buah bunga lawang (pekak), 3 sdm saus tiram vegetarian, 40 gram kaldu rumput laut, sedikit minyak biji rami, minyak salad secukupnya.

Cara pembuatan:

  1. Rebung dipotong tebal, jamur hioko kering direndam sampai lunak dan dipotong menjadi empat bagian, wortel dipotong-potong, dan sayur pakcoy dipotong panjang 3 cm dan direbus sebentar dalam air mendidih.
  2. Rebung, jamur hioko dan wortel terlebih dahulu ditumis dengan minyak panas sampai berwarna kuning dan dikeluarkan, kemudian semuanya dimasukkan ke dalam sapo dan dimasak perlahan-lahan dengan api kecil, masukkan bunga lawang dan 200 cc mirin, masak selama 5 menit, masukkan 150 cc -200 cc air bekas rendaman jamur hioko kering, masak selama 10 menit, terakhir masukkan buah berangan untuk dimasak lagi selama 5 menit (buah berangan hanya ditumis selama sekitar 1 menit dan dikeluarkan).
  3. Keluarkan kuah dari dalam sapo ke wajan datar, keluarkan bunga lawang agar tidak pahit, tuangkan 3 sdm saus tiram vegetarian, bubuk merica, kaldu rumput laut, tepung tepung kentang, tambahkan air dan dikentalkan.
  4. Terakhir tuangkan kembali kuah di atas (poin no. 3) ke dalam sapo dan aduk sampai rata, ketika hendak dimakan tambahkan sedikit minyak biji rami dan sayur pakchoi.
Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -