Senin, 26 Agustus 2019
Indonesia | English

Master Menjawab: Bagaimana kita memenuhi kewajiban untuk berbakti kepada orangtua?

doc tzu chi

Ada seorang siswa yang bertanya kepada Master Cheng Yen:

Jika keinginan orang tua bertentangan dengan cita-cita kita, apakah kita harus menuruti keinginan mereka atau memilih cita-cita kita sendiri? Yang kedua, jika sudah berkeluarga dan meniti karir, kemudian kita harus pergi meninggalkan orang  tua kita, bagaimana cara agar kita dapat tetap memenuhi kewajiban untuk berbakti kepada  orangtua?

Master menjawab:

Kita harus berusaha dulu memahami perasaan orang tua. Kita harus berkomunikasi dengan baik dan mendengarkan saran mereka, serta mengungkapkan pemikiran kita kepada mereka secara terus terang. Banyak  anak-anak muda yang berpikiran,“Selama saya suka, maka tidak ada yang tidak boleh.” Kita tidak boleh berpikiran demikian, karena itu akan menimbulkan perilaku yang egois, yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Berkeluarga dan meniti karir itu tidak menghalangi kita untuk bisa berbakti kepada orangtua. Jika memungkinkan, yang paling baik adalah kita dapat hidup bersama dengan orang tua, untuk memenuhi kewajiban sebagai seorang anak kepada orang tuanya, juga sebagai contoh keteladanan kepada anak-anak kita nantinya.

※ Dikutip dari buku “Membabarkan Sutra Amitartha” karangan Master Cheng Yen.

Artikel dibaca sebanyak : 767 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Jangan menganggap remeh diri sendiri, karena setiap orang memiliki potensi yang tidak terhingga.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat