Rabu, 26 Juni 2019
Indonesia | English

Master Menjawab: Bagaimana Menggunakan Waktu dengan Baik?



Ada orang yang bertanya kepada Master Cheng Yen:

Bagaimana caranya menggunakan waktu dengan baik?

Master menjawab: 

Kita hendaknya menggunakan waktu dengan menggenggam setiap momen untuk bersumbangsih demi orang banyak, guna menggapai keberhasilan dalam pembinaan diri dan menumbuhkan jiwa kebijaksanaan kita.

Ketika saya melihat kalian setiap orang berkegiatan dengan sangat susah payah, saya merasa telah menunaikan kewajiban saya pada kalian, ini menunjukkan kalau setiap orang telah menggunakan waktunya dengan baik, dapat menggunakan Dharma yang saya babarkan untuk menumbuhkan jiwa kebijaksanaan kalian, sehingga dengan demikian saya merasa sudah memperoleh sesuatu. Sebaliknya, jika saya melihat setiap orang bermalas-malasan dan hanya membiarkan waktu berlalu tanpa arti, ini akan menimbulkan perasaan bersalah pada diri saya.

Jika sekarang kita tidak lekas-lekas mensucikan batin manusia, dikhawatirkan nantinya sudah terlambat. Sekarang Tzu Chi memiliki daya gerak dan daya pengaruh dalam masyarakat, jadi saya berharap setiap orang jangan lagi beranggapan “Ada saya atau tanpa saya juga tidak ada pengaruhnya”. Sebetulnya, kita butuh masyarakat dan masyarakat juga butuh kita, jadi kita jangan meremehkan kemampuan kita sendiri, kita harus bersumbangsih demi masyarakat dengan sepenuh hati dan segenap kemampuan.

Dikutip dari: Jurnal Harian Master Cheng Yen edisi musim panas tahun 1999

Artikel dibaca sebanyak : 303 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Saat membantu orang lain, yang paling banyak memperoleh keuntungan abadi adalah diri kita sendiri.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat