Minggu, 27 September 2020
Indonesia | English

Mengapa Tzu Chi Membangun Rumah Sakit?

Ketika dulu Master Cheng Yen membangun rumah sakit, apakah sudah merencanakan semuanya akan berkembang menjadi seperti ini?

Master menjawab:

Sejak lama saya sudah mengatakan bahwa “rumah sakit merupakan lahan pelatihan”, namun ada orang mengatakan jika saya hanya membangun rumah sakit dan sekolah, tetapi tidak membangun wihara, itu sama saja dengan memupuk berkah tanpa memupuk kebijaksanaan. Namun sebetulnya rumah sakit adalah lahan pelatihan untuk mengamati kehidupan dan kematian.

 Kita dapat melatih diri dengan mengamati kehidupan dan kematian di dalam rumah sakit. Saya membangun rumah sakit demi memberikan kesempatan kepada semua orang untuk terjun berpartisipasi. Dari kegiatan tersebut dapat belajar tentang nilai-nilai kehidupan dan makna sejati dari kehidupan dan kematian. Demikian juga dengan pembangunan sekolah kedokteran dan sekolah perawat, saya berharap untuk membangkitkan cinta kasih dalam lubuk hati anak-anak ini agar dapat ditampilkan keluar, sehingga kelak dapat menjadi perawat bagaikan Avalokitesvara Bodhisatwa atau Sang Maha Penyembuh yang memeriksa penyakit dan mencabut penderitaan.

Artikel dibaca sebanyak : 2069 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Ada tiga "tiada" di dunia ini, tiada orang yang tidak saya cintai, tiada orang yang tidak saya percayai, tiada orang yang tidak saya maafkan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat