Rabu, 26 Juni 2019
Indonesia | English

Sanubari Teduh : Racun Batin Menutupi Kebijaksanaan

Dengan pahala yang timbul dari pertobatan atas segala noda dari tiga racun batin, dari kehidupan ke kehidupan semoga tiga kebijaksanaan dipahami, tiga penembusan diketahui jelas.

Makhluk awam dipenuhi kekikiran, ketamakan, kesombongan dan kebencian. Noda batin tiada hentinya bertumbuh. Hanya dengan memasuki jalan Bodhisatwa, merekan segalanya dan bersumbangsih dengan segenap kemampuan, barulah dapat terbebas dari kondisi batin awam dan kembali pada hakekat yang murni.

Intinya, Buddha membabarkan tentang tiga racun. Semua makhluk awam di dunia ini tidak lepas dari tiga racun ini, yaitu ketamakan, kebencian dan kebodohan. Dengan adanya ketamakan,  batin kita akan teracuni, niat baik kita akan teracuni. Sebaliknya, jika dapat membuang ketamakan, maka niat untuk berdana dan cinta kasih kita akan segera tumbuh.

Jadi kita harus tahu bahwa asalkan dapat mengubah cara berpikir dan mengubah niat, kita akan mampu bersumbangsih. Berikutnya adalah kebencian. Kebencian juga merupakan racun ini membuat batin dipenuhi kemarahan. Jika kebencian dan kemarahan timbul, ia akan menjadi bagai kobaran api. Inilah yang disebut api kemarahan atau racun kebencian. Saat di dalam batin timbul kemarahan, kita akan merasa tidak tenang. Api kemarahan akan terus berkobar.

doc tzu chi

Berikutnya adalah kebodohan. Kebodohan juga termasuk racun. Kebodohan sama dengan kegelapan batin. Ini dapat menyesatkan pikiran, kehidupan, dan hubungan antar manusia. Akibatnya kita tak dapat berpikiran terbuka dan tidak dapat memahami masalah dengan jelas. Inilah kegelapan batin.

Ketamakan dan kebencian bersumber dari kegelapan batin ini. Jadi racun kebodohan atau kegelapan batin membutakan pikiran kita. Semua makhluk bisa memiliki ketamakan dan memiliki kebencian. Akibat adanya kebodohan batin ini. Jadi racun ini lebih berbahaya dari yang sebelumnya. Dengan adanya kebodohan, semua makhluk tidak memahami kebenaran dan terjebak kekeliruan, sehingga melakukan tindakan salah.

Demikianlah diintisarikan dari video Sanubari Teduh: Racun Batin Menutupi Kebijaksanaan.

GATHA PELIMPAHAN JASA

Semoga mengikis habis Tiga Rintangan

Semoga memperoleh kebijaksanaan dan memahami kebenaran

Semoga seluruh rintangan lenyap adanya

Dari kehidupan ke kehidupan senantiasa berjalan di Jalan Bodhisatwa

Artikel dibaca sebanyak : 619 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Berlombalah demi kebaikan di dalam kehidupan, manfaatkanlah setiap detik dengan sebaik-baiknya.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat