Tzu Chi Hospital

Berlandaskan Misi Kesehatan Tzu Chi yang menjaga kesehatan, menyelamatkan kehidupan dan mewariskan cinta kasih, Master Cheng Yen memberikan dukungan bagi Tzu Chi Indonesia untuk mendirikan Tzu Chi Hospital di Jakarta pada Februari 2013. Minggu, 31 Mei 2015, adalah momen peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Tzu Chi Hospital Indonesia, yang terletak di Pantai Indah Kapuk Jakarta. Hingga sekarang ini sudah terbangun 22 lantai. Rencananya pada Maret 2021 waktu perencanaan percobaan (trial) operasional Tzu Chi Hospital Indonesia.

Tzu Chi Hospital Indonesia ini memberikan fasilitas kesehatan, kenyamanan, kebersihan dan dilengkapi dengan peralatan medis yang canggih, serta peran cinta kasih para tim medis dan relawan Tzu Chi dalam melayani pasien. Tzu Chi Hospital akan lebih mengedepankan pelayanan kesehatan yang humanis.

Pembangunan Tzu Chi Hospital ini sendiri dilatarbelakangi banyaknya masyarakat Indonesia yang berobat keluar negeri, seperti Singapura, Malaysia, dan Taiwan. Setelah dipelajari, diperoleh fakta bahwa fasilitas rumah sakit di Indonesia tidak lengkap salah satunya disebabkan kurang menguntungkan bagi rumah sakit bila mengadakan fasilitas tersebut. Harganya tinggi, tetapi pemakaiannya tidak banyak. Oleh karena itu, insan Tzu Chi berpikir, Tzu Chi tidak memikirkan profit (untung atau rugi), biarlah Tzu Chi Indonesia memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik di Indonesia.

Karena fasilitas yang tidak lengkap menyebabkan pelayanan kesehatan kurang optimal. Faktor utama inilah yang mendasari dibangunnya Tzu Chi Hospital di Indonesia. Tzu Chi Hospital Indonesia memiliki visi menjadi rumah sakit yang bisa menjadi perwujudan ideal yang dapat menjadi contoh baik dalam dunia kedokteran.

Sedangkan misinya adalah menyelamatkan kehidupan, menjaga kesehatan dengan menjunjung tinggi semangat cinta kasih. Tzu Chi Hospital Indonesia memberikan pelayanan unggulan berupa transplantasi sumsum tulang, perawatan paliatif bagi pasien rawat inap, bedah saraf, dan kanker.
Perawatan paliatif adalah perawatan yang memberikan pelayanan menyeluruh bagi pasien yang menderita penyakit stadium akhir. Tujuan perawatan terutama untuk meningkatkan kualitas kehidupan pasien bersama dengan keluarganya, meringankan rasa sakit serta menjaga kondisi fisik dan batin pasien. Untuk menciptakan suasana yang hangat layaknya di rumah, ruang paliatif ini dilengkapi dengan ruang keluarga, ruang makan, taman, dan ruang berdoa (sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing).
Berdiri di atas lahan seluas 2,68 hektar, Tzu Chi Hospital dibangun dengan 22 lantai, dan mampu menampung 556 pasien rawat inap. Tzu Chi Hospital juga memiliki 5 layanan unggulan, seperti: Transplantasi Sumsum Tulang Belakang, Perawatan Paliatif, Pengobatan Bedah Syaraf, Penanganan Kanker, serta Perawatan Ibu dan Anak.
Orang yang memahami cinta kasih dan rasa syukur akan memiliki hubungan terbaik dengan sesamanya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -