15 Tahun Tzu Chi Makassar: Kado untuk Masyarakat Mariso

Jurnalis : Sutriani Nina (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Andry Laurence (Tzu Chi Makassar)

Baksos kesehatan

Insan Tzu Chi Makassar memperingati hari jadinya yang ke-15 dengan mengadakan bakti sosial kesehatan dan donor darah pada Minggu, 30 agustus 2015 di Rumah Susun Baru, Panambungan, Kecamatan Mariso.

Memasuki tahun ke-15 di tanah Makassar, insan Tzu Chi memperingati hari jadinya dengan mengadakan bakti sosial kesehatan dan donor darah pada Minggu, 30 agustus 2015 di Rumah Susun Baru, Panambungan, Kecamatan Mariso. Kegiatan yang rutin digelar setiap tahunnya ini ditujukan untuk memberi pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan, pemeriksaan gizi balita dan anak, dan donor darah.

Kegiatan ini dapat terlaksana berkat kesatuan hati 99 relawan yang terdiri dari relawan Tzu Chi, Tzu Ching serta Ikatan Mahasiswa Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas). Baksos ini berjalan dari pukul 08:00 hingga 14:00 Wita. Warga yang berdatangan mayoritas berasal dari Kecamatan Mariso dengan total 334 pasien dewasa dan lansia, 273 balita dan anak serta 29 donor dari 54 pendaftar yang berhasil mendonorkan darahnya.

Menurut Ahli Patologi Anatomi dari Unhas, Dr. Jeni Poniman, penyakit yang diderita oleh pasien beragam seperti hipertensi, diabetes, tingginya kadar kolestelor dalam darah, maag, dan nyeri sendi.

Baksos kesehatan

Kegiatan pada hari itu menangani 334 pasien dewasa dan lansia, 273 balita dan anak serta 29 donor dari 54 pendaftar yang berhasil mendonorkan darahnya.

“Para pasien yang menderita penyakit seperti ini harus berubah ke gaya hidup dan pola makan yang sehat,” tambah Dr. Jeni.

Senada dengan itu, Spesialis Andrologi, Dr. Ferdy Sutono menambahkan bahwa selain penyakit tadi, juga ditemukan keluhan-keluhan penyakit kulit dan peradangan saluran nafas.

"Sebaiknya masyarakat disini dapat mengatur pola hidup yang sehat misalnya menjaga kebersihan lingkungan, makan jangan sampai lewat dari waktunya, kurangi mengonsumsi yang terlalu berlemak,” pesannya.

Baksos kesehatan

Baksos ini juga ditujukan untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.

Dia juga berharap kegiatan baksos ini dapat mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. “Agar masyarakat lebih menjaga kesehatan dan merawat diri dengan baik," pungkasnya.

Dr. Maria Christiani yang khusus memeriksa kondisi balita dan anak juga menemukan kondisi serupa. Dia menghimbau para orang tua agar lebih memperhatikan kondisi kesehatan anak mereka.

Dokter yang baru pertama kali mengikuti baksos yang diadakan oleh Tzu Chi ini mengaku terkesan. "Ini pertama kalinya saya ikut Baksos Buddha Tzu Chi. Bagi saya program ini sangat bagus untuk memperbaiki pola hidup masyarakat dan sekaligus memberikan edukasi pada mereka,” ujarnya.


Artikel Terkait

Dengan keyakinan, keuletan, dan keberanian, tidak ada yang tidak berhasil dilakukan di dunia ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -