636 Bingkisan Imlek untuk Warga Prasejahtera

Jurnalis : Sutriani (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Sutriani (Tzu Chi Makassar)


Penyerahan bingkisan Imlek secara simbolis yang dilakukan oleh sejumlah relawan. 

Merayakan tahun baru Imlek adalah budaya masyarakat Tionghoa. Pada momen ini setiap keluarga berkumpul dan berbagi kebahagiaan. Bagi insan Tzu Chi, tahun baru Imlek juga merupakan momen berbagi kasih kepada masyarakat yang membutuhkan.

Minggu pagi, 12 Januari 2020 relawan Tzu Chi Makassar mengadakan pembagian bingkisan Imlek di Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar yang berada di Jalan Ahmad Yani, No.19-20, Pattunuang.

Sehari sebelumnya, relawan sudah membagikan kupon dengan turun langsung menyurvei lokasi dan kondisi warga sekaligus melihat kondisi warga yang memang betul-betul membutuhkan uluran tangan. Kupon bingkisan tersebut diperuntukkan bagi anak yatim maupun piatu, janda, lansia, dan masyarakat prasejahtera di wilayah Makassar.

Meski turun hujan lebat, warga yang sudah menerima kupon telah memadati kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar sejak pagi. Sebanyak 49 relawan juga telah siap menyambut mereka. Tenda untuk berteduh sudah berdiri kokoh, demikian pula dengan meja pendaftaran sudah tertata rapi.


Para penerima bingkisan tampak sangat bahagia mendapatkan uluran tangan dari Tzu Chi Makassar. 


Relawan membantu seorang kakek membawa bingkisan Imlek karena ia yang sudah tidak mampu lagi mengangkat barang yang berat dan berjalan dengan baik.

Koordinator Pembagian bingkisan, Vivi Thunru, mengatakan pembagian dilakukan dua sesi. Sesi pertama sejak pukul 08.00 sampai 11.00 WITA. Sementara sesi dua, mulai pukul 13.00 sampai 16.00 WITA. Adapun jumlah peserta penerima bingkisan sekitar 636 orang.

Dalam kegiatan itu, relawan juga mendapat bantuan pengamanan dari Koramil Wajo, Kodim 1408/BS. Sebanyak lima personel TNI yang dipimpin lansung Danramil 1408-03, Mayor Cba (k) Muryanti, S.E., M.Sc ikut membantu mengatur para penerima bantuan agar tetap tertib dan lancar.

Mayor Muryanti mengapresiasi kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar. Menurutnya, bukan kali ini saja pihaknya bekerja sama dengan Tzu Chi. Beberapa waktu lalu dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika, TNI dan Tzu Chi juga bekerja sama menggelar kegiatan bakti sosial.

“Saya sangat apresiasi pembagian bingkisan bagi masyarakat kurang mampu. Kami juga pernah bekerja sama dengan Tzu Chi pada saat Hari Juang Kartika, sinergi ini sudah berlangsung lama dan sangat baik,” kata Mayor Muryanti.


Proses pendaftaran peserta yang akan mendapatkan bingkisan. Sejumlah relawan berada di meja registrasi dan melayani peserta yang sudah mendapatkan kupon.


Peserta yang hadir bukan hanya menerima bingkisan saja, tapi mereka diajak untuk turut bersumbangsih dengan hati yang tulus.

Dirinya berharap, ke depan pihak TNI dalam hal ini Kodim 1408/BS bisa ikut ambil bagian dan setiap kegiatan sosial yang dilakukan Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar. “Kami selalu terbuka dan senang menyambut kegiatan seperti ini, jadi relawan pun kami siap,” tuturnya.

Dalam perayaan Imlek kali ini pula, Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar bekerja sama dengan 10 yayasan. Di antaranya, Yayasan Budi Dharma, Yayasan Amal Bakti, Yayasan Selatan Sejahtera, Yayasan Adhi Dharma, Yayasan Tunas Lestari, Yayasan Sapta Mulia, Yayasan Abdi Sosial, Yayasan Amal Sejahtera, Perkumpulan Guang Zhao, dan Perkumpulan Hainan.

Editor: Metta Wulandari


Artikel Terkait

Kasih Tzu Chi Menyambut Imlek

Kasih Tzu Chi Menyambut Imlek

05 Februari 2018

Tzu Chi Makassar menggelar kegiatan bakti sosial berupa pembagian bingkisan sembako dan angpau untuk warga Tionghoa prasejahtera. Kegiatan ini diadakan Minggu 28 Januari 2018 dengan dua tahap yakni pagi dan sore. Sebanyak 640 kepala keluarga menerima bingkisan ini.

Bingkisan Imlek untuk Para Penerima Bantuan Tzu Chi

Bingkisan Imlek untuk Para Penerima Bantuan Tzu Chi

05 Februari 2021

Menjelang perayaan Hari Raya Imlek yang jatuh pada 12 Februari 2021, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan bingkisan Imlek kepada para penerima bantuan Tzu Chi. Kegiatan ini dilakukan relawan selama empat hari, 1-4 Februari 2021.

636 Bingkisan Imlek untuk Warga Prasejahtera

636 Bingkisan Imlek untuk Warga Prasejahtera

17 Januari 2020
Sebanyak 636 warga prasejahtera menerima bingkisan Imlek dari Tzu Chi Makassar. Bingkisan tersebut diperuntukkan bagi anak yatim maupun piatu, janda, lansia, dan masyarakat prasejahtera di wilayah Makassar.
Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -