Bakti Sosial Donor Darah di Super Mall Binjai

Jurnalis : Liani (Tzu Chi Medan), Fotografer : Liani, Lukman, Soit (Tzu Chi Medan)
Donor darah yang digelar di Super Mall Binjai ini berhasil mengumpulkan 79 kantong darah.

Darah sangat dibutuhkan oleh kita semua, berfungsi mengirimkan zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan kimia hasil metabolisme serta sebagai pertahanan tubuh terhadap virus dan bakteri. Pentingnya darah membuat kebutuhan darah di klinik atau rumah sakit sangat besar, sehingga stok darah menipis karena darah yang tersalurkan lebih banyak daripada yang diterima.

Untuk membantu persediaan stok darah, relawan Tzu Chi di komunitas Hu Ai Binjai mengadakan bakti sosial donor darah, bekerja sama dengan UTD RSUD DR.RM Djoelham Binjai dan Super Mall Binjai, (10/9/2023). Sebanyak 28 relawan Tzu Chi dan 6 relawan tim medis Tzu Chi atau TIMA bahu-membahu menyukseskan kegiatan amal kesehatan ini bersama 9 tim medis dari RSUD DR.RM. Djoelham Binjai.

Herty Krisna Tamba senang dan lega akhirnya bisa mendonorkan darahnya.

Pada kegiatan donor darah ini calon donor harus melalui beberapa proses pemeriksaan medis sebelum dinyatakan bisa mendonorkan darah. Di antaranya pengukuran berat badan, pemeriksaan kadar hemoglobin darah, pemeriksaan golongan darah bagi pemula, pemeriksaan kesehatan, dan pemeriksaan tekanan darah.

Salah satu pengunjung Super Mall Binjai, Herty Kristina Tamba tergerak untuk berdonor. Dan ini adalah donor darah yang pertama kalinya. “Saya berpikir jika saya melakukan donor darah badan saya jadi sehat dan bisa membantu yang lain. Setelah melakukan tes ternyata saya memenuhi syarat. Hati saya senang sekali bisa melakukan kebajikan untuk orang lain dari donasi darah,” tutur Herty Kristina Tamba.

Chan Akai menyerahkan suvenir kepada Muhammad Haryono yang telah berhasil mendonorkan darahnya.

Pengunjung lainnya, Muhammad Haryono mendapatkan manfaat setelah melakukan donor darah. Sebelumnya ia sudah 7 kali mendonorkan darahnya. Ini adalah pertama kalinya ia mengikuti donor darah yang digelar oleh Tzu Chi Medan.

“Setelah melakukan donor darah, badan saya lebih segar, tidak ngantuk. Mudah-mudahan darah saya ini bermanfaat untuk orang yang sedang kurang darah. Perhatian dan pendampingan relawan Tzu Chi sangat baik. Semoga kegiatan ini terus dilakukan dan memberi manfaat bagi orang banyak,” ujar Muhammad Haryono.

Posko kesehatan TIMA Medan menyediakan pengecekan kolesterol dan kadar gula kepada peserta donor darah.

Sementara itu Chan Akai, kordinator kegiatan ini begitu senang dengan antusias pengunjung Super Mall Binjai untuk beramal dengan berdonor darah. Donor darah kali ini berhasil mengumpulkan 79 kantong darah.

“Tujuan kami melakukan bakti sosial donor darah untuk mengajak masyarakat luas lebih paham akan manfaat donor darah yang sangat baik untuk kesehatan diri kita sendiri juga untuk membantu orang banyak. Kami juga ada posko kesehatan TIMA. Mereka yang telah berhasil donor darah akan dialihkan oleh relawan ke posko TIMA. Di sana dilakukan pengecekan gula darah dan kolesterol. Semoga semua ini bermanfaat dan darah yang terambil bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan dan stok darah terbantu,” jelas Chan Kai.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Donor Darah, Donor Cinta Kasih

Donor Darah, Donor Cinta Kasih

19 Maret 2015
Kadang saat donor darah, jam kerja berbenturan dengan donor darah di sini jadi sempatnya baru dua kali ini,” ujar Jaka yang telah bekerja sebagai satpam Mal Kelapa Gading selama tiga tahun. Namun, dia juga menjelaskan meski baru bisa mendonorkan darahnya sebanyak dua kali, dia merasa bahagia dapat ikut bersumbangsih. “Selain itu juga, donor darah juga membuah  badan terasa lebih sehat, segar, dan bahagia,” tambahnya.
Setetes Darah Cinta Kasih

Setetes Darah Cinta Kasih

12 Desember 2018
Minggu, 9 Desember 2018, dalam rangka menyebarkan visi misi Tzu Chi kepada masyarakat Kota Medan, relawan Tzu Chi Medan Selatan bekerja sama dengan pihak Prime One School dan Palang Merah Indonesia mengadakan baksos donor darah untuk pertama kalinya di Prime One School.
Kebahagiaan Mendonorkan Darah

Kebahagiaan Mendonorkan Darah

15 Desember 2014 Untuk setiap pendonor yang ingin mendonorkan darahnya, disarankan sarapan sebelum mendonorkan darah dan mengikuti syarat-syarat umum seperti, kecukupan berat badan, tensi darah , HB serta mengisi formulir data pendonoran darah.
Berlombalah demi kebaikan di dalam kehidupan, manfaatkanlah setiap detik dengan sebaik-baiknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -