Bantuan Banjir di Desa Tumbang Kaminting

Jurnalis : Fathurrahman (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Fathurrahman (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Dengan menumpang kapal ponton, relawan mengangkut bahan pangan untuk didistribusikan ke Desa Tumbang Kaminting yang tengah dilanda banjir.

“Kurangi sikap saling perhitungan dan perbanyaklah bersumbangsih. Inilah  kehidupan yang menarik dan menyenangkan.”
Kata Perenungan Master Cheng Yen

Banjir yang melanda Desa Tumbang Kamiting, Kalimantan Tengah mengundang kepedulian relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 5 untuk mendistribusikan bantuan pangan ke wilayah terdampak banjir tersebut. Distribusi ini dilakukan pada Kamis, 17 November 2022.

Jalanan tanah tak menyurutkan semangat relawan mengirimkan bantuan.

Akses jalan yang rusak akibat banjir menyulitkan relawan menuju Desa Tumbang Kaminting. Mereka kemudian memutuskan untuk memutar jalan melewati Kecamatan Telaga Antang, tepatnya di Tumbang Sangai untuk selanjutnya menyeberang menggunakan kapal ponton. Truk yang mengangkut sembako sempat tidak diperbolehkan ikut melintas dengan alasan kapasitas kapal ponton tidak boleh melebihi batas beban tertentu. Namun setelah menjelaskan isi muatan truk dan tujuan pengiriman bantuan ini, pemilik kapal ponton memperbolehkan truk turut menyeberang.

Dengan segala usaha akhirnya pukul 14.00 WIB, relawan sampai di Desa Tumbang Kaminting. Relawan kemudian disambut oleh Sarjono, Sekretaris Desa. Dengan dibantu warga, relawan segera menurunkan barang bantuan dari truk.

Dibantu warga Desa Tumbang Kaminting, relawan menurunkan bahan bantuan.

Sarjono, Sekretaris Desa Tumbang Kaminting menerima bantuan dari relawan secara simbolis.

Dalam sambutannya, Sarjono mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang telah bersedia membantu meringankan beban warga Desa Tumbang Kaminting yang terdampak bencana banjir. “Terima kasih untuk semua relawan yang sudah jauh -jauh dari Bukit Santuai Estate datang ke sini untuk membantu kami. Bantuan ini tentu sangat meringankan warga kami yang sudah beberapa hari ini terkepung banjir,” ujarnya.

Tak berselang lama, relawan segera pamit undur diri mengingat masih harus perjalanan yang cukup jauh. Kegiatan ini telah menumbuhkan cinta kasih antara relawan dan warga, juga memupuk kebersamaan yang tulus dalam berbagi kepada sesama.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Bantuan untuk Korban Banjir Tanjung Morawa

Bantuan untuk Korban Banjir Tanjung Morawa

24 November 2022

Relawan Tzu Chi Medan turun langsung memberikan bantuan bagi warga yang terdampak banjir di Tanjung Morawa. Total 350 kg beras, telur, dan minyak.

Banjir 2020: Seribu Makanan Hangat untuk Warga Ciledug, Tangerang

Banjir 2020: Seribu Makanan Hangat untuk Warga Ciledug, Tangerang

06 Januari 2020

Kesibukan tampak di rumah Eddyana, relawan Tzu Chi dari He Qi Tangerang sejak pukul 7.30 WIB. Hari ini, Senin 6 Januari 2020, rumahnya disulap menjadi dapur umum. Relawan Tzu Chi memasak 500 porsi makan siang dan 500 porsi makan malam bagi warga Perumahan Ciledug Indah 1 dan Ciledug Indah 2 yang kondisinya masih susah karena banjir beberapa hari lalu.

Presiden Joko Widodo Meninjau Bantuan Tzu Chi di Sintang

Presiden Joko Widodo Meninjau Bantuan Tzu Chi di Sintang

09 Desember 2021

Sekretaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin berkesempatan menjelaskan bantuan yang telah disalurkan Tzu Chi Indonesia untuk warga Sintang.

Keindahan kelompok bergantung pada pembinaan diri setiap individunya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -