Bantuan Kebakaran Bagi Warga Batu Ceper Jakarta Pusat

Jurnalis : Susi Christine (He Qi Pusat) , Fotografer : Susi Christine (He Qi Pusat)

Sebanyak 58 paket kebakaran dibagikan kepada warga yang menjadi korban kebakaran di Jalan Batu Ceper, Gambir, Jakarta Pusat.

Kebakaran melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Batu Ceper, Gambir, Jakarta Pusat pada Minggu 24 April 2022. Kebakaran ini disebabkan korsleting listrik dari salah satu rumah warga.

Sutini (55) adalah salah satu warga yang terdampak dari kebakaran ini. Harta bendanya habis terbakar termasuk barang dagangannya, hanya baju yang melekat di tubuhnya.

“Saya pasrah dan tidak tahu harus berbuat apa, tidak bisa berpikir hanya menunggu bantuan seperti semen untuk perbaiki rumah kemudian baru bisa berpikir untuk berdagang kembali,” tutur Sutini yang sebelum kebakaran berdagang baju dan panci yang dikreditkan ke warga. Ia menceritakan dengan mata yang berkaca-kaca.

Bantuan paket kebakaran dari Tzu Chi setidaknya dapat sedikit mengurangi kegundahan hati Sutini pada hari itu.

Kondisi salah satu rumah warga yang terbakar.

Sutini tinggal bersama suami yang stroke (masih bisa jalan pakai tongkat) dan seorang anaknya. Ia mempunyai dua anak, yang telah menikah tinggal di Bekasi. Sementara ini ia bersama suami dan anak numpang di kos seberang rumahnya.

Tidak hanya Sutini, setidaknya ada 76 Kepala Keluarga(KK) yang menjadi korban kebakaran ini. Saat ini warga korban kebakaran mengungsi di posko pengungsian yang terletak tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Di tengah kesedihan Sutini dan warga lainnya yang mengalami musibah, penghiburan datang dari para relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat. Pada Selasa 26 April 2022, relawan membagikan 58 paket kebakaran. Paket bantuan tersebut berisi ember, air mineral dan 1 kontainer berisi selimut, handuk, sarung, sandal, tempat makan dan perlengkapan mandi.

Sriyani, relawan Tzu Chi saat membagikan kupon bantuan Tzu Chi kepada salah seorang warga.

Saat ini warga mengungsi di posko pengungsian yang terletak tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Sementara itu, The Sui Moy, seorang relawan Tzu Chi juga merupakan warga Batu Ceper. Rumahnya tak jauh dari rumah warga yang terbakar. Ia pun turut dalam pembagian bantuan kebakaran ini dan menunjukkan empatinya kepada warga yang merupakan tetangganya tersebut.

Warga yang mendapat paket bantuan ini mengungkapkan rasa terima kasih karena telah membantu meringankan beban mereka. Sutini juga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan Tzu Chi dan tentunya sangat bermanfaat buat dia dan keluarganya. Hadir juga Rizka Syafitri, Kasie Kesra Kelurahan di posko pengungsian. Ia mengucapkan terima kasih kepada Tzu Chi atas bantuan kepada warganya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bantuan dan Santunan untuk Korban Kebakaran di Medan

Bantuan dan Santunan untuk Korban Kebakaran di Medan

20 Desember 2022

Tzu Chi Medan Mandala memberikan bantuan dan santunan kepada warga korban kebakaran di Jl. Pukat I Gg. Buntu, Kelurahan Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung. 

Bantuan Kebakaran yang Tepat Waktu

Bantuan Kebakaran yang Tepat Waktu

24 Oktober 2012 Para relawan Tzu Chi pun meninjau langsung ke tempat terjadinya kebakaran untuk melihat langsung rumah-rumah yang telah hangus terbakar. Pada kesempatan itu relawan Tzu Chi pun memberikan dukungan moral kepada para korban agar tabah dan tegar dalam menghadapi cobaan ini.
120 Paket Bantuan Kebakaran untuk Warga Lagoa Kanal

120 Paket Bantuan Kebakaran untuk Warga Lagoa Kanal

12 Oktober 2021

Peduli musibah kebakaran, relawan Tzu Chi memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah di RT 009 dan RT 010, RW 02, Lagoa Kanal, Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Bertambahnya satu orang baik di dalam masyarakat, akan menambah sebuah karma kebajikan di dunia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -