Bantuan Meja dan Kursi untuk SDN 24 Normark

Jurnalis : Kartika Pangayoman (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Dokumentasi Xie Lie Sumatra Utara

Para relawan Xie Li Sumatra Utara bahu-membahu menaikkan meja dan kursi      baru yang akan diberikan kepada SDN 24 Normark ke dalam truk.

“Bila semua orang dapat bersumbangsih dengan cinta kasih yang tulus dan murni, pelita harapan akan menyala di berbagai pelosok gelap dunia.”
-Kata Perenungan Master Cheng Yen-

Pendidikan merupakan pondasi yang sangat penting untuk seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan. Salah satu tempat untuk mengenal pendidikan adalah sekolah. Sekolah yang memiliki fasilitas yang baik akan menunjang siswanya dalam belajar. Bangku sekolah merupakan  fasilitas sekolah yang harus dimiliki dalam ruang kelas. Relawan Tzu Chi di Xie Lie Sumatra Utara  (Sumut) Perkebunan Normark tergerak hati memberikan bantuan meja dan kursi untuk SDN 24 Normark setelah melihat beberapa meja dan kursi di sana banyak yang berlubang dan kayunya lapuk sehingga tak dapat digunakan lagi.

Relawan memberikan bantuan meja dan kursi baru sebanyak 5 set. Selain memberikan meja dan kursi, relawan juga melakukan perbaikan sejumlah 5 set meja dan kursi yang rusak ringan agar bisa digunakan kembali.

Meja dan kursi belajar baru sudah tertata rapi dan siap diberikan kepada SDN 24 Normark.

Terdengar “srek srek jedug”, suara para relawan bahu membahu  menaikkan meja dan kursi ke atas truk. Pagi itu relawan bersiap mengantarkan meja dan kursi ke SDN 24 Normark yang letaknya tidak jauh dari Perkebunan Normark. Perjalanan menuju  kesana tidak terlalu jauh, hanya saja jalan tanah yang tidak rata membuat mobil L300 yang dinaiki para relawan bergoyang kencang. “Pelan-pelan pak sopir hahaha,“ canda  Putri Dwi Mayasari salah satu relawan.

Kedatangan relawan disambut hangat pihak sekolah. Para relawan dipersilahkan duduk di kursi   yang telah disediakan, di bawah terik matahari yang seolah ikut menyambut kedatangan para relawan. Seketika mata terbelalak dan hati terenyuh melihat salah satu kelas yang terbuka, terlihat siswa yang sedang berbagi kursi dan meja. Walau dalam keterbatasan ternyata tidak menghalangi mereka belajar. Para siswa begitu semangat menempuh pendidikan meski dengan cara saling berhimpitan duduk di kursi yang memang jumlahnya lebih sedikit dari jumlah siswa.

Muhammad Angga memberikan sambutan sekilas tentang   pentingnya bangku sekolah dalam proses belajar.

Walaupun kondisi sekolah yang sangat terbatas, tetapi raut muka siswa yang ceria membuat relawan tambah semangat untuk terus melakukan kebaikan. Acara dibuka dengan sambutan dari salah satu relawan. “Senang rasanya bisa melakukan kunjungan ke SDN 24  Normark sekaligus memberikan meja dan kursi yang layak untuk siswa di sini. Semoga meja dan kursi ini dapat bermanfaat untuk para siswa dan semoga para siswa semakin semangat dalam belajar,” ungkap Muhammad Angga, salah satu relawan.

Bantuan meja dan kursi ini disambut hangat  Miswati Purba, Kepala Sekolah SDN 24 Normark. “Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena bapak ibu sudah peduli terhadap kondisi terkini SDN 24 Normark. Dengan pemberian meja dan kursi baru serta perbaikan meja kursi yang masih layak pakai akan  sangat memberi manfaat kepada anak didik kami. Semoga kebaikan bapak ibu dibalas oleh Tuhan  Yang Maha Esa, serta anak didik kami dapat menjadi orang berbakti bagi nusa dan bangsa,” ujarnya.

Miswati Purba, Kepala Sekolah SDN 24 Normark bersyukur dengan perhatian relawan Tzu Chi pada anak didiknya.

Raut wajah senang serta mata berbinar terpancar dari sepasang mata seorang siswa. Siswa tersebut merasa sangat senang karena menerima meja dan kursi baru. Tak henti-hentinya dia mengelus meja tersebut sambil terus memandangi meja dan kursi tersebut. “Senang sekali rasanya karena kemarin memakai meja yang banyak lubangnya, sekarang mendapat meja sebagus ini. Terimakasih Tzu Chi Sinar Mas, semoga kami bisa belajar lebih giat,” ujar Zulfa Fitri Hasinah Lubis, siswa kelas 6.

Melihat semangat para siswa, para relawan mengadakan kuis dan tanya jawab. Siswa yang bisa menjawab mendapatkan hadiah tempat pensil. Terlihat antusias siswa yang begitu besar, mereka beradu cepat mengangkat tangan dalam menjawab pertanyaan. Pertanyaan yang disiapkan relawan adalah pertanyaan seputar pendidikan. Siapa bisa menyebutkan salah satu tokoh pahlawan pendidikan?” tanya Bestari Kanthi Pangastuty.

Siswa-siswi begitu gembira mencoba meja dan kursi baru bantuan dari Tzu Chi Cabang Sinar Mas.

Beberapa siswa angkat tangan untuk bisa maju ke depan menjawab pertanyaan tersebut. Siswa yang mengangkat tangan pertama lah yang dipilih untuk maju ke depan. “Ki Hajar Dewantara,” jawab Yusril Ilman Ma’arif Pohan, siswa kelas 6. Yusril terlihat begitu senang mendapatkan hadiah tempat pensil. Kuis berjalan penuh semangat, ada 7 siswa yang bisa menjawab pertanyaan  dengan benar.

Nampaknya hari itu, Senin, 4 Desember 2023 merupakan salah satu hari yang istimewa bagi siswa SDN 24 Normark. Kesenangan mereka seperti tak ada habisnya karena mendapat meja dan kursi belajar baru. Siswa tersebut berjanji akan lebih giat belajar. “Áku akan lebih semangat lagi untuk belajar, biar jadi orang sukses biar bisa bantu orang lain juga seperti bapak ibu,” ujar Naura Askia Siregar, siswa kelas 6.

Raut wajah bahagia tak hanya tampak pada siswa-siswi dan pihak sekolah, namun juga para relawan Tzu Chi.

Penyerahan meja dan kursi baru, serta meja dan kursi yang diperbaiki berjalan lancar. Relawan berharap dengan membantu memberikan meja dan kursi belajar dapat memberikan manfaat besar untuk para siswa. Semoga cinta kasih ini tidak hanya berhenti sampai di sini. Besar harapan relawan untuk dapat memajukan sekolah ini demi mencetak generasi penerus bangsa yang   berkualitas.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bantuan Meja dan Kursi untuk SDN 24 Normark

Bantuan Meja dan Kursi untuk SDN 24 Normark

15 Desember 2023

Bangku sekolah merupakan  fasilitas sekolah yang harus dimiliki dalam ruang kelas. Relawan Tzu Chi di Xie Lie Sumatra Utara  (Sumut) Perkebunan Normark memberikan bantuan meja dan kursi untuk SDN 24 Normark.

Bantuan Material yang Tak Terduga

Bantuan Material yang Tak Terduga

01 Desember 2023

Relawan Tzu Chi di Xie Li Indragiri mendukung kenyamanan tempat ibadah dengan memberikan bantuan material untuk pembuatan plafon Musala Al-Muslimin, Dusun Harapan, Bagan Jaya, Enok, Indragiri Hilir, Riau.

Ada tiga "tiada" di dunia ini, tiada orang yang tidak saya cintai, tiada orang yang tidak saya percayai, tiada orang yang tidak saya maafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -