Bantuan Paket Imlek di Telukbetung dan Tanjungkarang

Jurnalis : Junaedy Sulaiman (Tzu Chi Lampung), Fotografer : Junaedy Sulaiman (Tzu Chi Lampung)

Relawan Tzu Chi Lampung memberikan bantuan paket cinta kasih Imlek kepada warga Kelurahan Sukaraja, Telukbetung.

Sebagai bentuk kepedulian dan dalam rangka menyambut perayaan Imlek tahun 2024 yang jatuh pada 10 Februari 2024, Tzu Chi Lampung membagikan paket cinta kasih di tiga lokasi yaitu wilayah Sukaraja dan Kotakarang di Telukbetung, serta Gedong Air di Tanjungkarang. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin, 5 Februari 2024 ini menyasar kepada warga kurang mampu keturunan Tionghoa yang akan merayakan Imlek.

Sebelum pembagian, relawan juga melakukan survei terlebih dahulu dengan tujuan silahturahmi sekaligus membagikan kupon agar bantuan yang diberikan tepat sasaran. Paket bantuan yang diberikan berupa beras, biskuit, sirup, mi, dan kue tutun/keranjang yang khas sebagai kue Imlek. Pada hari pembagian, sebanyak 31 relawan kemudian bergerak membagikan 167 paket cinta kasih.

Beberapa hari sebelum pembagian paket cinta kasih Imlek, relawan melakukan survei sekaligus membagikan kupon yang dapat dtukarkan dengan paket Imlek.

Kegiatan ini juga merupakan ladang berkah untuk tunas relawan yang baru bergabung dengan Tzu Chi pada saat bakti sosial Operasi Katarak yang diseleggarakan Tzu Chi Lampung pada 1-2 Desember 2023 lalu. Tampak antusias keikutsertaan relawan baru dalam kegiatan yang dimulai sejak survei lokasi dan sekaligus membagikan kupon sehingga relawan mengetahui bahwa yang benar-benar layak baru dikasih kupon.

Hal ini yang diungkapkan Suparmi Shijie. “Tzu Chi berbeda, biasanya kan hanya memberikan dana saja tanpa mengetahui siapa yang menerimanya dan bagaimana keadaannya, disini kita bisa melihat langsung kondisi rumah, kesulitan-kesulitan ekonomi penerima bantuan dari survei tersebut,” ungkapnya. “Saya sangat terkesan dan terharu bisa ikut membantu orang lain, inilah yang mendorong hati saya untuk mengikuti kegiatan Tzu Chi dan bersyukur kenal Tzu Chi,” tambah Suparmi.

Kebahagiaan salah satu warga Kotakarang saat menerima paket cinta kasih Imlek dari Tzu Chi.

Sekwan (68), salah satu penerima bantuan yang tinggal di Kotakarang, Telukbetung saat ini tidak bekerja karena mengalami gangguan penglihatan. Ia pun tidak bisa lagi membawa motor untuk jualan makanan ringan ke kampung-kampung. Sekwan pun mengucapkan terima kasih atas bantuan sembako yang ia terima untuk merayakan Imlek.

Ucapan terima kasih juga datang dari Hendra (47) yang berprofesi sebagai tukang ojek di Nilakandi, Telukbetung. “Sekarang ini semakin sulit mendapatkan order karena bertambah banyak pengojek motor. Dengan adanya bantuan dari Tzu Chi ini bisa membantu kebutuhan untuk Imlek,” kata Hendra.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Mempererat Jalinan Jodoh di Perayaan Imlek

Mempererat Jalinan Jodoh di Perayaan Imlek

31 Januari 2019

Perayaan Tahun Baru Imlek bersama gan en hu di Tanjung Balai Karimun diwarnai dengan sukacita dan kegembiraan. Para penerima bantuan merasa bersyukur karena bisa menjalin jodoh baik dengan Tzu Chi.

Menebar Cinta dalam Bingkisan Sembako

Menebar Cinta dalam Bingkisan Sembako

27 Januari 2023

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang mengadakan bakti sosial pembagian beras dan sembako di Wihara Dhammaphala Tangerang. Sebanyak 240 paket yang diberikan masing-masing berisi beras 5 Kg, minyak goreng, gula, Mi DAAI, dan masker.

Menyambut Imlek Dengan Kebahagiaan

Menyambut Imlek Dengan Kebahagiaan

26 Januari 2023

Dalam momen Tahun Baru Imlek, Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan 28 paket Imlek kepada para penerima bantuan Tzu Chi.

Penyakit dalam diri manusia, 30 persen adalah rasa sakit pada fisiknya, 70 persen lainnya adalah penderitaan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -