Bekal untuk Generasi Sehat dan Cerdas

Jurnalis : Wahyu Agustina (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Wahyu Agustina, Siti Nur Hasanah (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas memberikan makanan tambahan berupa bubur kacang hijau dan susu kepada peserta penyuluhan.

Balai Penitipan Anak (BPA) di Pondok 1 Sungai Perak Estate, Kutai Barat, Kalimantan Timur tampak ramai pada Jumat, 30 Juni 2023. Bukan hanya suara celoteh balita, tapi juga guyonan para ibu pondok pun tak luput menghiasinya. Ya, hal ini karena disana diadakan kegiatan penyuluhan kesehatan ibu dan anak oleh relawan Dharma Wanita  bersama dokter kebun dan bidan. Penyuluhan ini ditujukan kepada para ibu hamil dan ibu-ibu yang memiliki anak balita di lingkungan pondok 1 SPKE. Materi penyuluhan yang disampaikan berupa makanan bergizi seimbang untuk ibu hamil dan balita.

Sekitar 27 orang yang terdiri dari ibu-ibu hamil dan ibu-ibu yang memiliki balita tampak antusias menyimak seluruh materi yang disampaikan oleh Bidan Asmarini Syam. Bidan memberikan penjelasan bahwa gizi yang seimbang untuk ibu hamil dan balita perlu diperhatikan agar ibu hamil dan balita selalu sehat.

“Makanan yang bergizi seimbang akan membuat balita tubuh sehat dan cerdas. Makanan sehat untuk balita dan ibu hamil harus mencakup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.  Tentu saja semua itu dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari,” terang Bidan Asmarini Syam dihadapan ibu-ibu.

Bidan Asmarini Syam (kiri) memeriksa salah satu peserta ibu hamil.

Sementara itu Eriprada, salah satu relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Dharma Wanita) menambahkan bahwa kualitas makanan ibu hamil akan mempengaruhi janin. “Makanan betul-betul harus dijaga ya. Selain itu, ibu hamil juga harus waspada apabila muncul gejala kaki dan muka bengkak harus segera kontrol ke bidan atau dokter,” jelasnya.

Raut berseri terpancar dari peserta penyuluhan karena dengan adanya kegiatan ini, wawasan mereka tentang makanan gizi seimbang untuk ibu hamil dan balita pun bertambah. Selain itu, antusiasme peserta penyuluhan juga luar biasa. Hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan dari para peserta.

Salah satu peserta bernama Renti mengungkapkan bahwa penyuluhan seperti ini sangat bermanfaat. “Saya menjadi tahu bahwa makanan yang dikonsumsi anak sehari-hari tidak hanya besar jumlah porsinya, tapi yang paling penting harus mencakup gizi yang seimbang,” ungkapnya.

Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Dharma Wanita) berfoto bersama setelah kegiatan penyuluhan kesehatan untuk ibu hamil dan ibu yang memiliki balita selesai.

Kegiatan penyuluhan ditutup dengan memberikan makanan tambahan berupa bubur kacang hijau dan susu. Tentu saja, makanan tersebut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil dan balita. relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Dharma Wanita) berharap, semoga dengan adanya penyuluhan ini, wawasan ibu-ibu pondok tentang makanan yang bergizi seimbang semakin meningkat. Sehingga, kedepannya anak-anak akan semakin sehat. Tubuh yang sehat akan membawa jiwa yang kuat. Jiwa yang kuat akan bermanfaat bagi orang banyak.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Penyuluhan Kesehatan di SDI Nurul Iman Kamal Muara

Penyuluhan Kesehatan di SDI Nurul Iman Kamal Muara

06 Oktober 2023

Sebanyak tujuh relawan komunitas He Qi Utara 2 berkunjung ke SDI Nurul Iman di Kamal Muara, Jakarta Utara, guna penyuluhan kesehatan. Secara berkala, relawan melakukan berbagai pendampingan dan pemeriksaan kesehatan di lingkungan sekolah sejak beberapa bulan sebelumnya.

Dukungan Kesehatan bagi Posyandu Palma Lestari

Dukungan Kesehatan bagi Posyandu Palma Lestari

25 Maret 2024

Penyuluhan kesehatan, pemberian Vitamin A dan pemberian makanan tambahan (PMT) diberikan oleh para relawan Tzu Chi di Xie Li Indragiri untuk 73 balita di Posyandu Palma Lestari.

Penyuluhan tentang HIV/AIDS di Muara Wahau Kaltim

Penyuluhan tentang HIV/AIDS di Muara Wahau Kaltim

27 September 2016

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas menggelar penyuluhan tentang HIV/AIDS dan pengaruhnya bagi tubuh manusia. Penyuluhan yang digelar di Puskesmas Muara Wahau, Kalimantan Timur ini memberikan pengetahuan yang lebih luas bagi 30 ibu-ibu peserta.

Ada tiga "tiada" di dunia ini, tiada orang yang tidak saya cintai, tiada orang yang tidak saya percayai, tiada orang yang tidak saya maafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -