Berbagi Berkah Ramadan

Jurnalis : Widodo (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Surono (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan berbagi tugas menyiapkan paket berbuka puasa di Wisma Indah Kiat, Serpong.

”Mampu melayani orang lain lebih beruntung daripada harus dilayani” (Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Suasana lobi utama Wisma Indah Kiat Serpong tak seperti hari lainnya. Meski hari libur perkantoran, beberapa orang tampak beraktivitas. Ada yang menanak nasi, memotong bumbu, merebus telur hingga menggoreng tempe dan tahu layaknya aktivitas yang ada di rumah makan pada umumnya. Itulah kesibukan relawan Tzu Chi APP Sinar Mas yang meluangkan hari liburnya untuk menyiapkan 750 menu berbuka puasa.

Marcus Budimulia bersama relawan lain mengemas makanan sebelum dibagikan.

Marcus Budimulia, relawan Tzu APP Sinar Mas tergerak hatinya ikut serta dalam kegiatan ini. Meski tengah ada acara keluarga, tetapi ia menyempatkan hadir untuk bersama menghimpun berkah di bulan ramadan ini. ”Hal ini sangat penting ya, apalagi di bulan Ramadan. Saya rasa ini sangat penting untuk saling membantu dan kami juga kan untuk saling membagikan juga nantinya. Tzu Chi itu kan mengenai kasih sayang, jadi hal ini juga perlu untuk kami sama-sama sebagai karyawan, bersatu dan juga support Tzu Chi dalam rangka saling mengasihi untuk community di sekitarnya,” ungkapnya.

Feri Hidayatulloh (kiri) bersama Hendrik Simanjuntak menggoreng tahu di dapur.

Relawan lain yang tergerak hatinya adalah Feri Hidayatulloh. Sehari-hari ia bekerja sebagai tenaga keamanan di Indah Kiat Mill Tangerang. Ia memiliki anak bernama Farel Raffasya yang sejak lahir menderita atresia ani (tidak memiliki anus), fistula ani (infeksi di sekitar anus), dan tumor kandung kemih. Berkat pendampingan yang dilakukan relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas, saat ini Farel sudah jauh lebih sehat. Tinggal menunggu operasi terakhir pembetulan bagian kelaminnya. Berbagi di bulan ramadan ini dijadikan Feri sebagai ruang untuk membalas budi kebaikan yang pernah ia terima.

”Saya ini, kayak dari jiwa sosial saya sendiri, karena saya kan sudah dibantu sama Tzu Chi, jadi saya membantu saling berbalik lah,” ujarnya di sela-sela menanak nasi.  “Apalagi setiap manusia itu memang harus ada jiwa sosial karena kita kan, namanya manusia itu makhluk sosial, makhluk individu kita membutuhkan orang lain juga dan juga menolong orang lain. Saya juga bangga bisa ikut kegiatan ini. Senang bisa terlibat,” imbuhnya.

Sera Noviany bersama relawan lainnya mengemas makanan.

Kebahagiaan dalam menyiapkan menu berbuka ini juga dirasakan Sera Noviany yang sehari-hari bekerja di Sustainability Complaince APP Sinar Mas. “Ya pertama ini bulan Ramadan, bulan pernuh berkah, jadi kalau kita berbagi itu pahalanya makin besar, jadi waktunya lebih baik diluangkan untuk sesuatu yang bermanfaat dan hari inilah kesempatannya kita sama-sama di sini berbagi dan mendapatkan berkahnya,” ujarnya. Ia menambahkan bahwa pada dasarnya manusia itu dibekali dengan sesuatu yang baik. “Jadi dengan berbagi ini, kebaikan-kebaikan yang ada tadi semakin lebih tumbuh begitu dan akan memberikan manfaat buat diri sendiri dan juga lingkungan sekitar,” tambahnya.

Nasi, telur, tahu dan tempe yang telah matang, segera berpindah ke meja penyajian. Di meja ini beberapa relawan berbagi tugas mengemas makanan dalam wadah yang sudah disiapkan. Dilengkapi kurma, paket makanan siap dibagikan jelang berbuka puasa.

Canggih Rizki Nugroho membagikan makanan berbuka puasa kepada pemulung yang tengah melintas di depan Wisma Indah Kiat.

Di sekitar Wisma Indah Kiat, relawan membagikan makanan berbuka ini di tiga titik. Pengemudi ojek daring menjadi salah satu penerima yang disasar relawan. Nuraidi, salah satu penerima merasa bersyukur mendapatkan paket buka puasa ini. 
“Sangat membantu untuk berbuka ini Pak. Terima kasih atas bantuannya ya,” ujarnya penuh senyum.

Kebahagiaan yang sama juga dirasakan Ambon. Sehari-hari ia menjajakan buah di sekitar Wisma Indah Kiat. “Alhamdulillah ini dapat buat buka. Terima kasih untuk relawan dari Sinar Mas ya, sering-sering bantu begini ya. Kita yang di jalanan sangat terbantu,” ujarnya.

Relawan membagikan makanan untuk pengendara roda dua.

Selain di sekitar Wisma Indah Kiat, menu berbuka puasa ini juga disalurkan di Cikupa dan para pencari suaka di Serpong, Banten.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

"Saya Menganggap Orang yang Baik Adalah Saudara Saya..."

24 Juli 2014 Selaras dengan kata perenungan Master Cheng Yen, “Memberi dan melayani jauh lebih berharga dan membahagiakan daripada diberi atau dilayani”. Minggu 20 Juli 2014, Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan kegiatan buka bersama dengan Gan En Hu (Penerima bantuan Tzu Chi) yang beragama Muslim.
Bazar Ramadan dan Buka Puasa Bersama di Rusun Cinta Kasih Tzu Chi Muara Angke

Bazar Ramadan dan Buka Puasa Bersama di Rusun Cinta Kasih Tzu Chi Muara Angke

06 April 2023

Di bulan suci Ramadan ini, relawan Tzu Chi di komunitas He Qi Utara 1 mengadakan Bazar Ramadan, juga Buka Puasa Bersama di Rusun Cinta Kasih Tzu Chi, Muara Angke, Minggu 2 April 2023. 

Syahdu Betul Suasana Buka Puasa Bersama di Masjid Jami Al-Huda

Syahdu Betul Suasana Buka Puasa Bersama di Masjid Jami Al-Huda

28 Maret 2024

Masjid Jami Al-Huda pada Rabu, 27 Maret 2024 tak seramai hari-hari kemarin. Jamaah masjid dari anak-anak hingga orang tua telah berada di masjid jelang Azan Magrib untuk berbuka puasa bersama relawan Tzu Chi.

Orang yang berjiwa besar akan merasakan luasnya dunia dan ia dapat diterima oleh siapa saja!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -