Berbagi Kasih di Panti Jompo Harapan Kita

Jurnalis : Hendrik Simanjuntak (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Hendrik simanjuntak, Abi (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Komunitas Relawan Tzu Chi APP Sinar Mas Regional Sumatera Selatan melakukan kunjungan kasih ke Panti Jompo Harapan Kita.

Berbagi untuk opa oma di Panti Jompo Harapan Kita dilakukan Komunitas Relawan Tzu Chi APP Sinar Mas Regional Sumatera Selatan, Sabtu (25/11/23). Dalam kegiatan ini, para relawan memberikan bantuan berupa pampers, sabun mandi, shampo, pembersih lantai, biskuit, minyak gosok dan lampu penerang. Selain memberikan bantuan tersebut para relawan juga menghibur, bernyanyi, dan menari bersama dengan 59 penghuni panti ini.

Oma dan Opa terlihat sangat antusias bernyanyi dan menari bersama ketika Erlina, salah satu relawan mengundang oma dan opa untuk maju ke depan. Iringan lagu Kopi Dangdut dan Poco-Poco membuat suasana menjadi begitu meriah sehingga tampak senyuman dan tawa diwajah mereka.

Dalam kunjungan kasih ini, relawan menghibur para oma opa dengan bernyanyi dan berjoget bersama dengan diiringi musik.

Setelah selesai acara hiburan, para relawan berkunjung ke kamar oma dan opa sembari melihat keadaan mereka yang terbaring di tempat tidur akibat sakit. Beberapa relawan ada yang mengobrol sambil menggunting kuku, menyuapi, membalur minyak gosok, dan ada juga yang membantu memperbaiki pintu kamar dari oma dan opa.

Kunjungan kasih ini merupakan kegiatan pertama bagi Komunitas Relawan Tzu Chi APP Sinar Mas Regional Sumatera Selatan yang sehari sebelumnya baru saja melakukan pelatihan Abu Putih 1. Dalam kunjungan kasih ini, disamping memberi bantuan dan penghiburan bagi oma dan opa yang tinggal di panti, juga merupakan kesempatan bagi para relawan untuk melatih  empati kepada orang lanjut usia.

Relawan membantu menggunting kuku salah satu oma penghuni Panti Jompo Harapan Kita yang hanya bisa terbaring di tempat tidur.

Kesempatan mengunjungi penghuni panti membawa pembelajaran tersendiri bagi relawan. Salah satunya Maria. “Di rumah saya masih memiliki nenek yang sudah Lansia dan dalam kondisi bedrest. Kami di rumah berusaha merawat nenek dengan sebaik-baiknya, walaupun kadang kala nenek masih sering rewel karena terkadang nenek bilang belum diberikan makan padahal nenek yang lupa sudah diberi makan. Hal ini sering membuat kita di rumah jengkel, namun di panti jompo ini ternyata hal seperti itu juga sering terjadi namun para pengasuh tertawa saja menaggapi tingkah para oma dan opa ini. Di sini saya belajar, ternyata tingkah nenek saya yang sering rewel karena lupa belum diberi makan harusnya saya tanggapi dengan tertawa seperti yang dilakukan para pengasuh di sini,” ujar Maria.

Kunjungan kasih ini diapresiasi dan disyukuri para pengasuh di Panti Jompo Harapan Kita. Seperti yang disampaikan Irma yang sudah 5 tahun bekerja di panti ini. “Saya sangat bersyukur atas kunjungan bapak dan ibu semua. Berkat kunjungan bapak dan ibu saya melihat senyum dan tawa dari oma dan opa begitu riang gembira. Mereka memang sangat membutuhkan perhatian dan diajak ngobrol,” ungkapnya.

Bukan hanya menghibur dan memberi perhatian, relawan juga memperbaiki salah satu pintu kamar yang rusak di Panti Jompo Harapan Kita.

Setelah selesai melakukan kunjungan kasih, para relawan kembali ke kantor Regional Sumsel untuk berbagi cerita pengalaman di hari itu. “Ini pengalaman pertama untuk kami Komunitas Relawan Tzu Chi APP Sinar Mas Regional Sumatra Selatan melakukan kunjungan kasih ke panti jompo. Kami masih perlu belajar agar di kegiatan berikutnya bisa dipersiapkan lebih baik lagi. Dan harapan saya kegiatan hari ini dapat menjadi pemicu buat kami agar terus bersemangat menyebarkan cinta kasih universal,” ucap Intan ketika memberikan sharing pengalaman.  

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Bahu Untuk Keluh Kesah Dan Suka Cita Mereka

Bahu Untuk Keluh Kesah Dan Suka Cita Mereka

31 Oktober 2014

Manusia adalah mahkluk sosial. Meskipun punya segalanya: sehat, memiliki keluarga, berkecukupan, kita tetap membutuhkan teman untuk berbagi cerita suka maupun duka. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki keluarga, yang sakit, tidak berdaya dan tidak berkecukupan?

Belajar Ikhlas, Belajar Bersyukur

Belajar Ikhlas, Belajar Bersyukur

16 Juli 2018
Arfan merupakan salah satu penerima bantuan Tzu Chi. Sejak awal kelahirannya, Arfan sudah memiliki banyak kelainan dalam organ tubuhnya. Lambungnya bocor, ususnya menempel satu sama lain, penyempitan trakea, kaki yang tertekuk dan panjang sebelah, serta kepala yang tidak sempurna. Beruntung Arfan memiliki orang tua yang mencurahkan cinta kasihnya, sabar, serta ikhlas.
Semangat Gadis Kecil Roemah Tawon

Semangat Gadis Kecil Roemah Tawon

27 Desember 2016
Roemah Tawon menjadi tempat singgah anak-anak yang mencari kepintaran yang tidak mereka dapatkan di bangku sekolah. Meskipun tidak sedikit dari mereka yang sudah bersekolah tetap memanfaatkan kesempatan belajar bersama di saung tersebut. Relawan Tzu Chi pun hadir memberikan pendampingan melalui kunjungan kasih rutin setiap bulannya dengan tujuan memotivasi anak-anak agar menjadi anak yang lebih baik.
Bertambahnya satu orang baik di dalam masyarakat, akan menambah sebuah karma kebajikan di dunia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -