Berbagi Kasih Lewat Butiran Beras Cinta Kasih

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)

Penyerahan beras 5 kg secara simbolis oleh para relawan dan Mayor Inf Riko Haries Wahindra, S.H. perwakilan dari Kostrad 1 kepada para penerima bantuan.

Aroma yang menyengat dan hamparan sampah terlihat menggunung di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Cipayung yang sudah berdiri sejak tahun 1983. TPA yang terletak di Jl. Pertanian Cipayungjaya No. 50, Cipayung, Depok ini beroperasi dari pukul 05.00 hingga pukul 17.00.

Kamis, 16 Maret 2023 TPA Cipayung Depok menjadi ladang berkah komunitas relawan He Qi Pusat Xie Li Selatan yang bekerja sama dengan Kostrad 1 dengan berbagi kasih kepada para pemulung di sekitar TPA Cipayung. Sebanyak 14 relawan Tzu Chi sudah tiba di lokasi sekitar pukul 08.00 untuk menyalurkan 100 karung beras yang isinya 5 kg per karung.

Para pemulung berbaris rapi menukarkan kupon mereka dengan paket beras.

Para relawan menyusun beras cinta kasih yang akan dibagikan kepada para pemulung.

"Kegiatan hari ini dalam rangka Bakti sosial HUT Kostrad ke 62 yang jatuh tanggal 6 Maret 2023, kami mengajak Yayasan Buddha Tzu Chi untuk bersama berbagi beras untuk para pemulung. Kita memilih pemulung karena mereka hidup serba kekurangan, kita berharap bisa sedikit meringankan beban hidup mereka," Jelas Mayor Inf Riko Haries Wahindra, S.H. perwakilan dari Kostrad 1.

Sehari sebelumnya para pemulung yang akan menerima beras telah dibagikan kupon untuk ditukarkan dengan beras 5 kg. Salah satu yang menerima kupon adalah Apin (50) yang tinggal di sekitar TPA Cipayung dan telah menekuni profesi pemulung sejak tahun 1999. "Saya mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00, sehari dapat sekitar 100 ribu (rupiah). Lumayan dapat menafkahi 3 orang anak saya. Bantuan beras ini sangat bermanfaat bagi keluarga saya, semoga panjang ke depannya jalinan dengan Tzu Chi," harapnya setelah menerima paket beras cinta kasih dari relawan.

Lilis Koniati menyerahkan bantuan beras ke salah satu pemulung.

Relawan menunjukkan rasa syukurnya karena mendapat kesempatan untuk berbuat kebajikan.

Panas terik matahari tidak menyurutkan semangat relawan menghampiri pemulung yang sedang memulung di lokasi. "Sangat bermanfaat karena ini saya baru pertama kali lihat pembuangan sampah sebanyak ini. Ke depannya kita harus giatkan daur ulang, bawa air minum sendiri, kantong belanja sendiri, karena lihat sendiri sampah sebanyak ini, semakin saya yakin pelestarian lingkungan sangat penting dijalankan," kata Lilis Koniati, salah satu relawan.

Pembagian beras cinta kasih diakhiri dengan rasa sukacita dan tanpa lelah, karena para relawan menjalaninya dengan memegang semangat, tekad dan selalu mengingat Kata Perenungan Master Cheng Yen, yaitu, "Cinta kasih bukan hanya di dalam hati, juga harus ditunjukkan dalam tindakan nyata".

Editor: Erli Tan

Artikel Terkait

Bantuan Beras 200 Ton di Sulawesi Selatan

Bantuan Beras 200 Ton di Sulawesi Selatan

01 September 2021

Tzu Chi Makassar salurkan bantuan beras PPKM Darurat sebanyak 200 ton ke Polda Sulawesi Selatan dan Kodam XIV Hasanuddin untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan yang terdampak Covid-19 di Sulawesi selatan.

Bantuan Beras dan Masker Medis untuk 24 Kelurahan di Kota Bandung

Bantuan Beras dan Masker Medis untuk 24 Kelurahan di Kota Bandung

09 Agustus 2021

Sebanyak 10.000 paket berisi 5 kg beras dan 10 pcs masker dari Tzu Chi Bandung disalurkan ke 24 kelurahan di Kota Bandung untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

Bantuan Beras Bagi Warga Prasejahtera dan Ojol di Kota Bekasi

Bantuan Beras Bagi Warga Prasejahtera dan Ojol di Kota Bekasi

05 Oktober 2022

Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan Kodim 0507/Bekasi dan Persekutuan Gereja Indonesia Setempat (PGIS) Kota Bekasi memberikan bantuan beras kepada pengemudi Ojol, pemulung, dan warga prasejahtera di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Beramal bukanlah hak khusus orang kaya, melainkan wujud kasih sayang semua orang yang penuh ketulusan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -