Berbagi Kasih Sayang Kepada Lansia

Jurnalis : Henny (Tzu Chi Medan), Fotografer : Henny, Lina Sutantio, Rudy, Iwan, Yong Huat (Tzu Chi Medan)

Salah satu Lansia di Panti Jompo Anugrah memeluk relawan Tzu Chi Medan komunitas Xie Li Pematang Siantar pada saat membagikan angpau.

Pada Minggu, 5 Februari 2023 yang merupakan hari terakhir perayaan Imlek sebanyak 11 relawan Tzu Chi Medan komunitas Xie Li Pematang Siantar berbagi Sukacita Imlek kepada 36 Lansia di Panti Jompo Anugrah, Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar, Kota Pematang Siantar. Selain memberikan penghiburan, dalam kegiatan ini relawan juga membagikan berbagai makanan dan angpau.

Sejak pagi, relawan sudah berkumpul di Depo Pelestarian Lingkungan Pematang Siantar untuk bersama-sama menuju Panti Jompo Anugrah pada pukul 10.00 WIB. Setibanya di panti jompo, dengan cekatan dan kesungguhan hati, para relawan menyusun makanan yang telah dibawa untuk dibagikan kepada Lansia di panti tersebut.

Rina, Pengurus Panti Jompo Anugrah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada relawan yang sudah mau memberikan perhatian kepada para Lansia yang berada di panti jompo.

Relawan juga membantu menyuapi Lansia yang kesulitan makan sendiri di Panti Jompo Anugrah.

Acara dibuka oleh relawan Iwan, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Rina pengurus Panti Jompo Anugrah. “Saya turut berbahagia melihat para Lansia bersukacita menerima kunjungan relawan Yayasan Buddha Tzu Chi dalam momen imlek seperti sekarang ini,” ungkap Rina. “Terima kasih kepada para relawan yang telah meluangkan waktu menunjungi dan merayakan Imlek bersama disini,” imbuhnya haru.

Koordinator kegiatan, Lina Sutantio juga mengungkapkan perasaan sukacita mendalam dapat berkesempatan merayakan Imlek bersama para Lansia di Panti Jompo Anugrah. “Gan En kepada pengurus panti dan para Lansia yang telah bersukacita menerima kunjungan kita. Semoga apa yang kita bawa dapat bermanfaat dan kebahagiaan bagi kita semua,” ungkapnya.

Para Lansia memperagakan isyarat tangan Satu Keluarga bersama relawan dalam kegiatan kali ini.

Relawan kemudian membagikan makanan, buah, dan angpau yang dibawa kepada para Lansia. Ada juga yang mendatangi ke kamar para Lansia yang tidak leluasa bergerak. Relawan juga membantu Lansia yang kesulitan membuka makanan, juga ada yang menyuapi mereka yang tidak bisa makan sendiri. Usai menikmati makanan, relawan mengajak pengurus dan para Lansia memperagakan isyarat tangan Satu Keluarga. Acara ditutup dengan doa bersama dilanjutkan dengan foto bersama.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Berbagi Kasih Sayang Kepada Lansia

Berbagi Kasih Sayang Kepada Lansia

15 Februari 2023

Relawan Tzu Chi Medan komunitas Xie Li Pematang Siantar mengadakan kegiatan kunjungan kasih Imlek dan berbagi sukacita Cap Go Meh dengan membagikan makanan dan angpau kepada 36 Lansia di Panti Jompo Anugrah.

Tak Bosan Mengunjungi Oma Opa

Tak Bosan Mengunjungi Oma Opa

16 Juni 2017

Opa oma terlihat bahagia ketika menyambut kehadiran relawan. Kunjungan rutin yang dilakukan relawan tersebut rasanya sudah membuat mereka seakan mempunyai keluarga baru hingga apa yang relawan lakukan sudah terpatri di hati opa oma.

Empati Berlabuh di Hati, Kebajikan Menyertai

Empati Berlabuh di Hati, Kebajikan Menyertai

01 April 2015 Tangis oma Wiwik meledak keras ketika Ridwan, salah seorang relawan Tzu Chi mencium tangan oma Tanti yang duduk di depan oma Wiwik. Tangis itu adalah tangis nelangsa karena oma Wiwik  teringat pada keluarga yang hampir tidak pernah mengunjunginya di Panti Jompo tempat dia dirawat. Air mata Oma Wiwik pelahan surut, ketika sentuhan lembut merangkul pundaknya, menghibur dan membisikkan kata penuh kasih.
Bertuturlah dengan kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik, lakukanlah perbuatan yang baik.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -