Berbagi Kebaikan dalam Donor Darah

Jurnalis : Yuliawati Yohanda (He Qi Tangerang), Fotografer : Valeska, Chandra Halim, Yuliawati Y

Aminah relawan Tzu Chi yang bertugas mendampingi pendonor di ruang pengambilan darah sedang menyelimuti pendonor agar merasa nyman dalam proses pengambilan darah.

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang Xie Li Cibodas mengadakan donor darah di Sekolah Ariya Metta Neglasari, Kota Tangerang, Banten pada Sabtu, 8 April 2023. Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang Xie Li Cibodas bekerja sama dengan petugas PMI Kota Tangerang dan berhasil mengumpulkan 33 kantung darahh dari 44 orang yang mendaftar untuk donor. 

Dedi Gunawan (52) yang datang bersama istri dan kerabatnya mengatakan bahwa info donor darah ini ia dapatkan dari komunitas umat Kelenteng Kwan Im Bio-Sewan, yang kebetulan berdekatan dengan lokasi kegiatan donor darah. Ini merupakan donor darah kedua di sekolah tersebut dan Dedi sudah 78 kali mendonorkan darahnya yang sering diadakan di Vihara-Vihara di sekitar kota Tangerang.

Relawan Tzu Chi memberikan goodie bag kepada para pendonor yang sudah selesai mendonorkan darahnya. Pemberian goodie bag sebagai bentuk rasa terimakasih keada para pendonor yang sudah mau mendonorkan darahnya untuk yang membutuhkan.

Suasana proses pengambilan darah berlangsung di ruangan yang nyaman dan bersih dan di dampingi oleh tim medis dari PMI Kota Tangerang.

“Semoga saya bisa rutin mendonorkan darah di sini, karena waktunya pas dan nyaman,” ucap Dedi. Dedi mengatakan sebagai makhluk sosial kita harus saling tolong-menolong terhadap sesama. “Ya kita harus berbagilah terhadap sesama, karena semua hal bisa dibuat, kecuali darah kan, “ucap Dedi yang selalu berhasil mendonorkan darah. Dedi sangat bersyukur selalu berhasil dalam berbagi kebaikan melalui Donor Darah.

Atika Suliarta (60) pengurus Yayasan Sekolah Ariya Metta mengungkapkan sejarah jalinan jodoh Yayasan Ariya Metta dengan Yayasan Buddha Tzu Chi. “Saya mengenal Tzu Chi dari DAAI Tv Jakarta yang ingin bersumbangsih alat tulis sekolah ini. Saya menyambut baik, begitu juga dengan anak-anak sekolah kami, lalu ada juga celengan cinta kasih Tzu Chi, banyak yang berminat dan menuangnya kembali,”ungkap Atika.

Fuimin (kanan) Ketua Xie Lie Cibodas sedang menyosialisasikan tentang kegiatan misi amal kemanusiaan Yayasan Tzu Chi yang berlandaskan cinta kasih universal. Kegiatan donor darah ini berlangsung di gedung sekolah Ariya Metta yang di mulai pada pukul 09.00 hingga selesai.

Relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Tangerang bersama anggota dari PMI Kota Tangerang foto bersama  setelah kegiatan baksos donor darah telah selesai di laksanakan. PMI Kota Tangerang berhasil mendapatkan 33 kantung darah dari 44 orang yang mendaftar.

Lebih lanjut Atika mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan donor darah yang ke-2 dan banyak sukanya ketika melihat orang-orang banyak datang untuk berbuat kebaikan, dan melihat relawan Tzu Chi begitu bersemangat dalam berbuat kebaikan.

“Orang yang datang tidak semuanya saya kenal dan mereka sangat ramah, saya berharap ini dijadikan kegiatan rutin di sekolah kami, “harap Atika.

Phillip Tanjaya koordinator baksos donor darah ini sangat senang dan bersyukur karena dari Yayasan Ariaya Metta sudah menerima kami dengan baik dan sangat mendukung kegiatan donor darah ini. “Pihak sekolah menyambut baik, pihak sekolah sangat welcome bahkan meja dan kursi sebagian sudah tertata dengan rapi, begitu juga  dengan tempatnya yang bersih, kami merasa sangat dimudahkan,” ujar Phillip Tanjaya dengan wajah gembira.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Menanam Kebajikan Melalui Donor Darah

Menanam Kebajikan Melalui Donor Darah

02 Desember 2015
Minggu, 22 November 2015, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan kegiatan Donor Darah yang rutin setiap 4  bulan sekali.
Setetes Darah yang Bermakna

Setetes Darah yang Bermakna

22 Oktober 2021

Tzu Chi Palembang, Xie Li Tamken Palembang mengadakan kegiatan donor darah di Sekolah Kusuma Bangsa, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang pada Minggu, 17 Oktober 2021. Dari 162 peserta yang mendaftar, sebanyak 147 orang yang bisa mendonorkan darahnya. 

Donor Darah, Bentuk Kasih Sayang dan Kepedulian

Donor Darah, Bentuk Kasih Sayang dan Kepedulian

23 Juni 2023
Komunitas relawan Tzu Chi di Xie Li JP 1 mengadakan donor darah di Swiss-Belhotel Mangga Besar, Jakarta Barat.  
Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -