Berbagi Takjil, Berbagi Kebahagiaan

Jurnalis : Cintya Dewi Sartika (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Cintya Dewi Sartika, Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Relawan Tzu Chi Bandung dengan penuh hormat memberikan takjil kepada para pengendara motor yang tengah mengisi BBM di SPBU Cibeureum, Kota Cimahi.

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dimana orang akan berlomba-lomba dalam kebaikan karena pahalanya akan dilipatgandakan. Dengan berbagi kebaikan pula, pastinya akan mendatangkan kebahagiaan bagi orang yang dibantu karena sangat membutuhkan. Berbagi kebahagiaan itu lah yang juga dilakukan oleh relawan Tzu Chi Bandung pada bulan Ramadan lalu. Sebanyak 15 relawan berbagi takjil yang berlokasi di SPBU Cibeureum, Kota Cimahi (5/4/24).

Dalam kegiatan ini, ada kurang lebih 800 paket takjil disiapkan oleh para relawan. Isi paket antara lain: 4 bungkus wafer dan kolak. Hanya dalam singkat seluruh paket selesai dibagikan menjelang waktu berbuka puasa. Tak lupa juga para relawan membagikan Buletin Tzu Chi agar lebih banyak orang yang mengenal Tzu Chi.

Relawan yang terlibat pun bersyukur ikut andil dalam kegiatan berbagi kebaikan ini, seperti yang dikatakan Pepeng, salah satu relawan Tzu Chi. “Seluruh relawan sangat gembira masih bisa melakukan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang lain.”

Pepeng juga menyampaikan berbagi itu penting untuk menghilangkan sedikit penderitaan orang lain. “Kebaikan akan mendatangkan kebahagiaan untuk semua makhluk dan meringankan penderitaan orang yang membutuhkan,” katanya. Relawan Tzu Chi Bandung ini juga berharap akan ada lebih banyak orang yang tergerak hatinya untuk menjadi relawan. “Semoga ada lebih banyak orang yang datang ke Tzu Chi, agar yang di luar jangkauan dapat dijangkau untuk menyebarkan cinta kasih yang lebih luas lagi,” ungkap Pepeng.

Total ada 800 paket takjil yang di bagikan di dua SPBU PT. Panghegar Mitra Abadi.

Pihak SPBU sangat menyambut baik kegiatan ini karena dapat turut serta dalam berbagi cinta kasih. Rachmat Hidayat sebagai Manager SPBU Panghegar Group menyampaikan kegiatan ini juga sebagai bentuk terima kasih  kepada para pengendara yang telah mengisi BBM dan turut bersumbangsih serta berharap kerja sama yang baik dalam menebar cinta kasih bersama Tzu Chi terus terjalin.

“Terima kasih sebelumnya kebetulan hari ini kita ada kegiatan berbagi takjil. Biasanya kami mengadakan Jumat Berbagi di pagi hari, tapi berhubung dengan bulan Ramadan kita prioritaskan sore hari menjelang magrib berbagi takjil di area SPBU Panghegar,” ujar Rachmat Hidayat.

Para pengendara dengan senang hati menerima takjil yang diberikan relawan Tzu Chi Bandung.

Di bulan Ramadan yang pernuh berkah ini menjadi momen para insan Tzu Chi untuk bersama bergandengan tangan berbuat kebajikan membersihkan hati, menyayangi dan peduli sesama sehingga kedamaian akan terwujud di muka bumi ini.

“Hari ini kegiatan Jumat Berbagi yang biasanya dilaksanakan di pagi hari, tapi berhubung di bulan puasa kita membagikan takjil sebanyak 500 paket jadi sekalian ambil sore hari, kegiatan ini sebagai bentuk toleransi beragama, yang selalu master ajarkan, dan mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi umat muslim yang berpuasa,” pungkas Lim Tek Soe.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Ramadan Basamo, Ramadan Sukocito

Ramadan Basamo, Ramadan Sukocito

14 April 2023

Relawan Tzu Chi Padang bersama anggota Korem 032 Wirabraja membagikan paket takjil kepada masyarakat di Kota Padang. Makanan Takjil sendiri dibeli dari para pedagang UMKM.

Semangat Bertoleransi, Muda-mudi Tzu Chi di Bandung Bagikan Paket Takjil

Semangat Bertoleransi, Muda-mudi Tzu Chi di Bandung Bagikan Paket Takjil

21 Maret 2024

Muda-mudi Tzu Chi atau Tzu Ching di Bandung membagikan takjil di sekitar Aula Jing Si Bandung. Sebanyak 500 kue mochi dan 500 botol es jelly dibagikan kepada warga yang hendak berbuka puasa.

Berbagi 1.000 Paket Takjil Menjelang Berbuka Puasa

Berbagi 1.000 Paket Takjil Menjelang Berbuka Puasa

27 April 2022

Menjelang waktu berbuka puasa, Perkumpulan Muda-Mudi Mahasiswa Tzu Chi Indonesia (Tzu Ching Indonesia), bersama insan Tzu Chi He Qi Timur membagikan 1.000 paket takjil, Minggu, 24 April 2022.

Melatih diri adalah membina karakter serta memperbaiki perilaku.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -