Berbagi Takjil, Berbagi Kebahagiaan

Jurnalis : Cintya Dewi Sartika (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Cintya Dewi Sartika, Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Relawan Tzu Chi Bandung dengan penuh hormat memberikan takjil kepada para pengendara motor yang tengah mengisi BBM di SPBU Cibeureum, Kota Cimahi.

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dimana orang akan berlomba-lomba dalam kebaikan karena pahalanya akan dilipatgandakan. Dengan berbagi kebaikan pula, pastinya akan mendatangkan kebahagiaan bagi orang yang dibantu karena sangat membutuhkan. Berbagi kebahagiaan itu lah yang juga dilakukan oleh relawan Tzu Chi Bandung pada bulan Ramadan lalu. Sebanyak 15 relawan berbagi takjil yang berlokasi di SPBU Cibeureum, Kota Cimahi (5/4/24).

Dalam kegiatan ini, ada kurang lebih 800 paket takjil disiapkan oleh para relawan. Isi paket antara lain: 4 bungkus wafer dan kolak. Hanya dalam singkat seluruh paket selesai dibagikan menjelang waktu berbuka puasa. Tak lupa juga para relawan membagikan Buletin Tzu Chi agar lebih banyak orang yang mengenal Tzu Chi.

Relawan yang terlibat pun bersyukur ikut andil dalam kegiatan berbagi kebaikan ini, seperti yang dikatakan Pepeng, salah satu relawan Tzu Chi. “Seluruh relawan sangat gembira masih bisa melakukan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang lain.”

Pepeng juga menyampaikan berbagi itu penting untuk menghilangkan sedikit penderitaan orang lain. “Kebaikan akan mendatangkan kebahagiaan untuk semua makhluk dan meringankan penderitaan orang yang membutuhkan,” katanya. Relawan Tzu Chi Bandung ini juga berharap akan ada lebih banyak orang yang tergerak hatinya untuk menjadi relawan. “Semoga ada lebih banyak orang yang datang ke Tzu Chi, agar yang di luar jangkauan dapat dijangkau untuk menyebarkan cinta kasih yang lebih luas lagi,” ungkap Pepeng.

Total ada 800 paket takjil yang di bagikan di dua SPBU PT. Panghegar Mitra Abadi.

Pihak SPBU sangat menyambut baik kegiatan ini karena dapat turut serta dalam berbagi cinta kasih. Rachmat Hidayat sebagai Manager SPBU Panghegar Group menyampaikan kegiatan ini juga sebagai bentuk terima kasih  kepada para pengendara yang telah mengisi BBM dan turut bersumbangsih serta berharap kerja sama yang baik dalam menebar cinta kasih bersama Tzu Chi terus terjalin.

“Terima kasih sebelumnya kebetulan hari ini kita ada kegiatan berbagi takjil. Biasanya kami mengadakan Jumat Berbagi di pagi hari, tapi berhubung dengan bulan Ramadan kita prioritaskan sore hari menjelang magrib berbagi takjil di area SPBU Panghegar,” ujar Rachmat Hidayat.

Para pengendara dengan senang hati menerima takjil yang diberikan relawan Tzu Chi Bandung.

Di bulan Ramadan yang pernuh berkah ini menjadi momen para insan Tzu Chi untuk bersama bergandengan tangan berbuat kebajikan membersihkan hati, menyayangi dan peduli sesama sehingga kedamaian akan terwujud di muka bumi ini.

“Hari ini kegiatan Jumat Berbagi yang biasanya dilaksanakan di pagi hari, tapi berhubung di bulan puasa kita membagikan takjil sebanyak 500 paket jadi sekalian ambil sore hari, kegiatan ini sebagai bentuk toleransi beragama, yang selalu master ajarkan, dan mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi umat muslim yang berpuasa,” pungkas Lim Tek Soe.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan dengan Membagikan Takjil

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan dengan Membagikan Takjil

27 April 2022

Relawan Tzu Chi Bandung menuai berkah di bulan Ramadan dengan membagikan takjil sebanyak 320 mangkuk kolak kepada pedagang kali lima dan pengendara ojek daring.

Tzu Ching Makassar Bagikan Takjil, Ojek Online Pun Tersanjung

Tzu Ching Makassar Bagikan Takjil, Ojek Online Pun Tersanjung

10 Juni 2019

Tzu Chi Makassar bagi-bagi takjil untuk umat Muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa di Bulan ramadhan yang penuh berkah, Minggu (26/5/2019). Bagi-bagi takjil ini dilakukan di tiga titik yakni, di Taman Segitiga, di Jalan Ince dg Ngoyo, dan di Kwarcab. Ketiga lokasi ini, berada tidak jauh dari lokasi Kantor Tzu Chi Makassar.

Berbagi di Bulan Ramadan dengan Pembagian 500 Paket Takjil

Berbagi di Bulan Ramadan dengan Pembagian 500 Paket Takjil

31 Maret 2023

Dalam rangka menyambut bulan Ramadan 2023, Tzu Ching Makassar menggelar kegiatan berbagi Takjil (makanan untuk berbuka puasa). Ada 500 buah paket takjil yang disediakan bagi para pengemudi ojek online, supir angkot, dan warga lainnya.

Cara kita berterima kasih dan membalas budi baik bumi adalah dengan tetap bertekad melestarikan lingkungan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -