Berdana Lewat Berbagai Cara

Jurnalis : Triana Putri (He Qi Utara 2), Fotografer : Triana Putri, Sphatika W (He Qi Utara 2)

Linah, relawan Tzu Chi yang juga  PIC donor darah sedang menjelaskan tentang celengan bambu dan Buletin Tzu Chi yang memberitakan kegiatan sosial relawan.

“Karena saya tahu kalo mau donor darah pasti antri maka di hari ini saya datang lebih pagi supaya mendapat nomor yang pertama,” ungkap Suhartini Pengestu. Ia datang bersama temannya lebih awal bahkan sebelum Mall Pluit Village dibuka. Saat itu, relawan Tzu Chi sedang mempersiapkan tempat donor darah. Kegiatan donor darah ini kembali diadakan oleh relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Utara 2, pada tanggal 4 Februari 2023 di Pluit Village Mall, Penjaringan Jakarta Utara. Kegiatan ini juga didukung oleh 22 orang relawan, 1 orang dokter dan 6 perawat dari PMI Jakarta.

Suhartini sudah sejak lama melakukan donor darah. Berawal dari ikut temannya donor darah hingga sekarang apabila ada kesempatan untuk berdonor, dirinya akan selalu hadir dan turut berdonor.  “Ya, saya bisa menyumbangkan darah saya untuk orang lain yang membutuhkan. Dengan donor darah ini juga badan saya merasa segar. Jadi sekarang terasa biasa saja di badan saya,” ucapnya.

Suhartini Pangestu sedang melakukan donor darah karena ingin bersumbangsih dan membantu sesama.

Selain berdana melaui donor darah, Suhartini Pangestu juga berdana melalui celengan bambu.

Menjadi seorang donor juga memerlukan beberapa syarat yaitu badan sehat, tidur cukup, makan yang cukup sebelum donor. “Ada juga pemeriksaan Hb, tekanan darah, dan beberapa pertanyaan yang terkait seperti minum obat apa. Itu adalah syarat umum untuk calon pendonor,” ungkap dokter Ernita, yang telah berkarya dan membantu di PMI selama 10 tahun lebih. Donor darah kali ini mengumpulkan 76 peserta donor selain 21 peserta lainnya yang belum berhasil memenuhi syarat donor – seperti tensi dan Hb yang tinggi, kurang tidur, atau kondisi badan sedang tidak fit. Hingga acara selesai jam 12 siang, total terkumpul 55 kantong darah yang akan diproses di PMI.

Donor darah juga membawa manfaat bagi para donor diantaranya adalah mengurangi resiko penyakit jantung, membakar kalori, mengurangi berat badan, menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi darah dan membuat pikiran lebih stabil.

Dr. Ernita sedang memeriksa seorang calon donor. Selain memeriksa kesehatan, dr. Ernita juga akan memberikan pertanyaan terkait kesehatan calon donor.

Sambil menunggu giliran untuk donor, peserta membaca Buletin Tzu Chi yang dibagikan kepada mereka.

Pada kesempatan donor darah ini relawan Tzu Chi juga menjelaskan tentang celengan bambu yang mempunyai manfaat untuk membantu sesama melalui koin-koin kecil tapi beramal besar dan membagikan Tabloid Tzu Chi sehingga para calon pendonor dapat mengetahui kegiatan yang telah relawan Tzu Chi lakukan.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Membangun Kebiasaan Donor Darah Warga Kota Batam

Membangun Kebiasaan Donor Darah Warga Kota Batam

17 Oktober 2016

Untuk membentuk kebiasaan berdonor darah warga Kota Batam, Yayasan Buddha Tzu Chi Batam rutin menggelar kegiatan baksos donor darah. Seperti yang digelar di BSC Mall pada Minggu,16 Oktober 2016.  

Sukacita Bersumbangsih

Sukacita Bersumbangsih

17 Maret 2015 Hari Minggu, 8 Maret 2015 Tzu Chi Bali mengadakan acara donor darah yang  rutin diadakan setiap 3 bulan sekali. Pada kesempatan ini, donor darah diadakan di lantai 1 kantor Tzu Chi Bali Lantai 1. Walaupun cuaca pagi itu gerimis namun tidak menyurutkan niat relawan dan pendonor untuk mengikuti acara donor darah.
Bersumbangsih dalam Donor Darah

Bersumbangsih dalam Donor Darah

21 Maret 2023

Relawan Tzu Chi Biak mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan Maju Makmur Group dan PMI Biak. Donor darah diadakan pada Sabtu 18 Maret 2023 dan berhasil mengumpulkan 60 kantong darah.

Memberikan sumbangsih tanpa mengenal lelah adalah "welas asih".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -