Bersama Tzu Chi, Wapres RI Terpilih Kunjungi Program Bebenah Kampung Tzu Chi di Kamal Muara

Jurnalis : Metta Wulandari, Fotografer : Arimami Suryo A

Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Wapres RI Terpilih Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam untuk melihat langsung proyek pembangunannya yang kini telah rampung dilakukan.

Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menyambut kehadiran Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Wapres RI Terpilih Gibran Rakabuming Raka di Kamal Muara, tepatnya di lokasi Bebenah Kampung Tzu Chi Kamal Muara di RW 04, Jumat 28 Juni 2024. Dalam kunjungannya tersebut, Wakil Ketua Tzu Chi Indonesia Sugianto Kusuma dan Heru Budi yang sejauh ini telah melakukan kerja sama dalam pembangunan pemukiman sehat di wilayah Jakarta memberikan penjelasan tentang konsep program Bebenah Rumah Tzu Chi kepada Gibran sebagai gambaran umum berbagai pembangunan yang telah dilakukan di sana.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Wapres RI Terpilih Gibran Rakabuming Raka bersama relawan Tzu Chi berkeliling di Kamal Muara, tepatnya di lokasi Bebenah Kampung Tzu Chi Kamal Muara di RW 04.

“Tadi kami memperlihatkan salah satu rumah yang sudah dibangun sebagai contoh konkretnya. Tadi Pak Aguan (Sugianto Kusuma) juga menyampaikan selain membangun rumah, warga penerima bantuan selanjutnya harus bisa mandiri terhadap kehidupan mereka sendiri, terutama ekonomi. Maka oleh Tzu Chi diberikan gerobak untuk usaha, jualan, sehingga mereka bisa mandiri,” papar Pj Gubernur.

Di Kamal Muara sendiri, Tzu Chi sudah membangun 30 rumah di RW 01 dan RW 04 dalam 4 tahap. Selain itu ada pula dua buah masjid dan sebuah sekolah yang dibangun kembali. Selanjutnya sedang berjalan proses bebenah rumah tahap 5 untuk 8 warga di RW 01.

Seluruh rombongan menyempatkan diri menyapa salah satu warga penerima bantuan program bebenah kampung. Mereka juga berbagi kisah inspiratif serta konsep bebenah kampung yang telah dilakukan Tzu Chi.

Di samping berbagai kegiatan pembangunan, Tzu Chi juga terus memberikan perhatian bagi para warga Kamal Muara melalui berbagai kegiatan, mulai dari bantuan paket sembako, bantuan pemeriksaan kesehatan, hingga bazar murah. Di hari ini pun Tzu Chi membagikan 1.000 paket sembako kepada warga. Tak hanya itu, demi meningkatkan perekonomian warga di sana, Tzu Chi melengkapi bantuan pembangunan dengan bantuan lainnya seperti gerobak untuk berjualan sekaligus modalnya sehingga usaha mereka bisa berkelanjutan.

“Melalui kunjungan ini, saya rasa beliau bisa secara langsung melihat ke bawah sehingga lebih mengerti masalah dan tantangan di masyarakat ke depannya itu seperti apa,” ungkap Sugianto Kusuma. “Semoga nanti kita bisa semakin banyak bekerja sama dengan (pemerintah) pusat maupun daerah, serta mengajak yayasan lain supaya berkontribusi melalui CSR-nya sehingga kita bisa sama-sama selesaikan masalah nasional ini,” harap Sugianto Kusuma.

Selain kunjungan yang dilakukan oleh Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Wapres RI Terpilih Gibran Rakabuming Raka. Hari ini relawan juga membagikan 1.000 paket sembako kepada warga Kamal Muara.

Sejauh ini, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah berkomitmen melalui Program Bebenah Kampung untuk melakukan upaya pembangunan dan perbaikan rumah tidak layak huni di berbagai titik prioritas di wilayah DKI Jakarta dengan target awal sebanyak 100 rumah layak huni.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Bedah Rumah di Kamal Muara: Menempati Rumah Idaman Jelang Lebaran

Bedah Rumah di Kamal Muara: Menempati Rumah Idaman Jelang Lebaran

01 April 2024

Seperti kisah-kisah haru terdahulu di Kamal Muara, artikel ini pun berisi kisah  serupa, yakni gambaran dari momen kebahagiaan yang mengular dari tahun ke tahun. Semakin panjang sukacita dan semakin banyak rumah yang nyaman yang dimiliki oleh warga.

Bedah Rumah Kamal Muara Tahap Lima Dimulai

Bedah Rumah Kamal Muara Tahap Lima Dimulai

09 Juli 2024

Program Bebenah Kampung tahap ke-5 di Kamal Muara mulai dilakukan. Dimulainya pembangunan kembali rumah yang tidak layak huni itu ditandai dengan kehadiran 50 orang relawan dan staf badan misi Tzu Chi untuk membongkar 6 rumah yang masuk dalam program kali ini. 

Bersama Tzu Chi, Wapres RI Terpilih Kunjungi Program Bebenah Kampung Tzu Chi di Kamal Muara

Bersama Tzu Chi, Wapres RI Terpilih Kunjungi Program Bebenah Kampung Tzu Chi di Kamal Muara

28 Juni 2024

Tzu Chi Indonesia dan Pemmrov DKI Jakarta berbagi konsep program bebenah kampung kepada Wapres RI Terpilih Gibran Rakabuming Raka, langsung di lokasi Bebenah Kampung Tzu Chi Kamal Muara.

Keteguhan hati dan keuletan bagaikan tetesan air yang menembus batu karang. Kesulitan dan rintangan sebesar apapun bisa ditembus.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -