Bersih-Bersih Rumah Kedua

Jurnalis : Rianto Budiman (He Qi Pusat), Fotografer : Rianto Budiman (He Qi Pusat)

Bersih-Bersih Tzu Chi Center

Bersama-sama para relawan melipat sprei sehingga pekerjaan yang besar menjadi ringan.

Tzu Chi Center yang berada di Pantai Indah Kapuk telah berkembang tidak hanya mnenjadi merupakan kantor pusat dari kegiatan Yayasan Buddha Tzu Chi, tapi lebih dari itu, Tzu Chi Center telah menjadi “rumah kedua” bagi insan Tzu Chi.

Selayaknya rumah sendiri, Tzu Chi Center rutin dibersihkan oleh para penghuninya. Seperti yang dilakukan oleh para relawan dari berbagai komunitas pada Minggu, 28 Juni 2015. Mereka bersatu padu merapikan sprei di Gedung Gan En dilanjutkan dengan membersihkan kamar-kamar yang berada di lantai tujuh.

Bersih-Bersih Tzu Chi Center

Setiap sudut ruangan tak luput dibersihkan oleh insan Tzu Chi.

Sebanyak 27 orang relawan  dari He Qi Pusat juga turut berpartisipasi menggarap ladang berkah ini. Walau bermandikan keringat, para relawan dengan penuh semangat dan bersukacita melipat sprei. Jumlah sprei yang menggunung dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat tanpa kendala.

Kekompakan para relawan semakin terlihat saat mereka mulai membersihkan semua ruangan di lantai tujuh termasuk kamar kecil. Bagi para relawan, membersihkan rumah ini seperti membersihkan rumah sendiri. Seperti yang diungkapkan oleh relawan komunitas He Qi Pusat, Djalal atau yang akrab disapa Alok. Dia berkata, “Bagi saya ini suatu kegitan yang wajib karena membersihkan ‘rumah sendiri’, tidak ada yang luar biasa dan dikerjakan secara bersama-sama.”

Bersih-Bersih Tzu Chi Center

Bagi insan Tzu Chi, kegiatan bersih-bersih ini seperti membersihkan rumah sendiri.

Senada dengan itu, relawan lain, Lie Herlina mengaku bahagia dapat ikut membersihkan bagian dari Tzu Chi Center. “Saya membayangkan kamar-kamar yang sudah kita bersihkan ini tentunya akan nyaman ditinggali oleh para relawan yang menginap di sini. Dengan membayangkan hal ini saja, hati saya terasa sangat bahagia,” ujar wanita yang akrab disapa Ahun itu.

Ungkapan dari kedua relawan tersebut di atas merupakan cerminan dari semangat para relawan Tzu Chi yang selalu he he hu xie  singkatan dari He Xin (bersatu hati), He Qi (ramah tamah), Hu Ai (saling mengasihi), Xie Li (gotong royong), sehingga setiap kegiatan Tzu Chi dapat terlaksana dengan baik sekaligus merupakan ladang pelatihan diri bagi para relawan.


Artikel Terkait

Tiga faktor utama untuk menyehatkan batin adalah: bersikap optimis, penuh pengertian, dan memiliki cinta kasih.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -