Bersumbangsih Melalui Donor Darah

Jurnalis : Eriche Gozari (Tzu Chi Batam), Fotografer : Supardi (Tzu Chi Batam)

Para relawan Tzu Chi bersiap dengan tugas masing-masing pada kegiatan donor darah, Sabtu 23 April 2022 di Aula Jing Si Batam.

Tzu Chi Batam kembali mengadakan donor darah pada Sabtu 23 April 2022. Kegiatan yang selalu diselenggarakan pada hari Minggu ini dipercepat satu hari karena hari berikutnya merupakan Hari Ulang Tahun Yayasan Buddha Tzu Chi dan Pendiri Tzu Chi, Master Cheng Yen.

Di bulan puasa, Tzu Chi Batam tetap mengadakan donor darah mengingat kelangkaaan yang umumnya terjadi di bulan suci Ramadan. Kelangkaan ini mendorong Tzu Chi Batam untuk lebih gencar mensosialisasikan kegiatan donor darah. Setiap tetesan darah menjadi kian berharga bahkan tidak ternilai harganya bagi orang yang membutuhkannya.

Tzu Chi Batam tetap mengkoordinir kegiatan donor darah di tengah puasa.

Pak Ely ingin terus mendonorkan darahnya selagi kesehatannya mengizinkan.

Salah satu pedonor, Ely sudah 16 kali mendonorkan darahnya di Tzu Chi.

“Untuk pelaksanaan donor darah di Sabtu dan Minggu tidak menjadi masalah karena jam kerja tidak terikat dan merasa sangat senang bisa donor darah di Tzu Chi karena tiap kali ditelepon dan relawan sangat ramah,” tutur Ely.

Minimnya pendonor yang mendaftar, mendorong banyak relawan untuk mendaftarkan diri sebagai pendonor. salah satunya Santi, relawan rompi. Ini pertama kali ia mengikuti kegiatan dan juga pertama kali menjadi pedonor.

“Saya pengen coba, tes dulu baru daftar. Dokter menyatakan bisa. Sampai di tempat mengambilan darah, saya merasa jantung deg-degan, lalu ditenangkan oleh anggota PMI. Setelah berhasil, saya merasa senang sekali,” terang Santi.

Kesibukan sebagai pengusaha tidak menghalangi Bambang dalam mengkoordinir kegiatan Tzu Chi kali ini.

Bambang Suherman, koordinator kegiatan ini menyatakan sangat gembira mendapat tanggung jawab dalam kegiatan ini. Pasalnya sudah lama ia tidak aktif berkegiatan.

Lewat kerjasama antara petugas PMI dan 46 relawan Tzu Chi, kegiatan donor darah ini dapat menghimpun 120 kantong darah dari 135 dermawan yang mendaftar. Semoga cinta kasih yang disalurkan masyarakat tidak hanya menolong nyawa penerimanya, tapi juga membangkitkan welas asih mereka untuk meneruskan estafet cinta kasih mulia ini.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Meningkatkan Kepedulian Melalui Donor Darah

Meningkatkan Kepedulian Melalui Donor Darah

15 Agustus 2019

Akhir pekan kemarin, Sabtu 10 Agustus 2019, Tzu Chi Lampung mengadakan donor darah. Terdapat 33 donor yang berhasil mendonorkan darahnya.

Menolong Orang Sekaligus Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

Menolong Orang Sekaligus Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

07 Desember 2018
Relawan Tzu Chi di Medan Timur melakukan kegiatan donor darah, 2 Desember 2018. Dari kegiatan ini terkumpul 221 kantong darah.
Donor Darah, Dapat Berkah

Donor Darah, Dapat Berkah

08 Oktober 2019

Dion Afriyand (20), seorang donor yang bahagia karena bisa mendonorkan darahnya. “Ini ibaratnya sama halnya seperti menolong orang tua. Saya merasa acara ini sangat bagus karena bisa mengajak orang lain untuk membantu orang yang sedang membutuhkan darah atau orang yang kesusahan,” ungkapnya.

Mampu melayani orang lain lebih beruntung daripada harus dilayani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -