Bersyukur atas Bantuan Beras dan Masker

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Khusnul Khotimah


Kelurahan Rawa Buaya menjadi lokasi ke-3 di wilayah Jakarta yang menerima Bantuan Sosial Peduli Covid-19 yang merupakan kerja sama antara Tzu Chi Indonesia dengan Pengusaha Peduli NKRI dan organisasi lainnya.

Kholifah (48) tampak semringah sepulang dari mengambil bantuan beras dan masker di Sekretariat RW 01, Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat. Tetangganya membantu membawakan jatah bantuannya karena tangan kanan Kholifah terserang stroke.

Alhamdulillah, berasnya bisa kami pakai 4-5 hari, soalnya kadang sehari habis 3 liter. Anak saya penghasilannya berkurang, jadi ikut makan di sini. Pagi tadi baru bisa beli beras seliter, jadi Alhamdulillah dapat bantuan ini,” ujarnya yang merupakan pedagang sayur. Sudah dua hari ia dan suaminya tak berjualan di pasar karena harga kulakan sedang mahal.


Bantuan beras dan masker ini sangat disyukuri oleh Kholifah dan suaminya, apalagi di hari itu mereka baru bisa membeli beras satu liter. 

Tak hanya Kholifah, para tetangganya di pemukiman padat penduduk di RW 01 ini juga bersyukur dengan bantuan beras dan masker dari Tzu Chi Indonesia. Ada 500 paket yang dibagikan pada Jumat 5 Maret 2021 ini yang masing-masing terdiri dari 10 kilogram beras dan 20 pcs masker.

Mata pencaharian warga RW 01 sebagian besar adalah pedagang kecil. Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama setahun ini pun masih sangat berimbas pada pemenuhan kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Apalagi banyak dari mereka yang rumahnya masih mengontrak.


Para relawan Tzu Chi secara berkelompok mengantarkan beras ke rumah-rumah warga.

Camat Kecamatan Cengkareng, Ahmad Faqih turut bergembira menyaksikan warganya mendapat bantuan dari Tzu Chi.

“Terima kasih atas nama warga masyarakat, khususnya warga RW 01 yang terdiri dari 12 RT mendapatkan bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi. Tentunya sangat bermanfaat,” ujarnya.


Warga RW 01, Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng sangat mengapresiasi bantuan yang mereka terima.

Pada pembagian bantuan kali ini, para relawan Tzu Chi didampingi personil TNI dan ketua RT setempat berkesempatan membagikan langsung bantuan kepada 20 warga. Yuliati, relawan Tzu Chi yang sejak masa pandemi sangat membatasi aktivitasnya dan baru kali ini terjun ke masyarakat luas mengaku sangat terharu melihat kebahagiaan warga penerima bantuan ini.

“Tadi kalau saya lihat ya banyak warga yang buka usaha warung kecil belum tentu bisa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jadi saat dapat beras satu karung (10 kg) pasti sangat berarti dan wajah mereka tampak sangat bahagia saat menerima bantuan ini,” kata Yuliati, relawan Tzu Chi.


Sebagian masyarakat di wilayah ini bermata pencaharian pedagang kecil. Selain itu wilayah RW 01, Kelurahan Rawa Buaya ini juga merupakan wilayah rawan banjir. 

Begitu juga yang dirasakan oleh Dandim 0503/JB Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki. Menurutnya, kondisi masyarakat yang berada di Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng ini yang sudah di data merupakan masyarakat yang betul-betul membutuhkan. Kegiatan yang dilakukan ini pun betul-betul tepat sasaran.

“Hari ini saya sangat bersyukur dan masyarakat juga mengucapkan terima kasih atas adanya partisipasi dan sumbangsih dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sehingga betul-betul dapat membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19 ini,” pungkasnya.

Editor:  Arimami Suryo A.


Artikel Terkait

Bantuan Sosial Peduli Covid-19 di Desa Lemo

Bantuan Sosial Peduli Covid-19 di Desa Lemo

29 Maret 2021

Pada Minggu, 28 Maret 2021 Bantuan Sosial Peduli Covid-19 berupa beras dan masker medis sebanyak 1.200 paket disalurkan untuk warga prasejahtera dan yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19 di Desa Lemo, Teluk Naga, Tangerang, Banten. 

Terus Bergerak Menyalurkan Paket Sembako

Terus Bergerak Menyalurkan Paket Sembako

01 Oktober 2020

Tzu Chi Sinar Mas terus bergerak menyalurkan paket sembako bagi sesama yang terdampak wabah covid-19. Kali ini, sebanyak 300 paket sembako cinta kasih disalurkan kepada mereka yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kebersamaan dan Langkah Nyata Ditengah Pandemi

Kebersamaan dan Langkah Nyata Ditengah Pandemi

31 Maret 2021
Penyaluran Bantuan Sosial Peduli Covid-19 berupa 1 juta paket beras dan masker medis dalam peringatan Imlek Nasional 2021 yang digagas oleh Tzu Chi Indonesia, Pengusaha Peduli NKRI dan beberapa organisasi lainnya kembali dilakukan. Kali ini bantuan disalurkan bagi pondok-pondok pesantren sebagai salah satu wujud silaturahmi antar agama serta saling membantu dalam menghadapi pandemi Covid-19.
Bila sewaktu menyumbangkan tenaga kita memperoleh kegembiraan, inilah yang disebut "rela memberi dengan sukacita".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -