Bertambahnya Barisan Relawan Tzu Chi Pekanbaru

Jurnalis : Mariany Heriko, Wismina (Tzu Chi Pekanbaru) , Fotografer : Surianto (Tzu Chi Pekanbaru)

Tzu Chi Pekanbaru mengadakan pelatihan relawan dengan tema Bersatu Hati Menerangi Jalan Dengan Cinta Kasih yang dilaksanakan pada Minggu, 29 Mei 2022.

Pendiri Tzu Chi, Master Cheng Yen mengibaratkan insan Tzu Chi bagaikan kunang-kunang yang siap untuk terbang dan memancarkan cahaya. Kemudian pada Minggu, 29 Mei 2022 bertambah lagi kunang-kunang penuh cinta kasih di Tzu Chi Pekanbaru melalui pelatihan relawan yang diikuti oleh 66 peserta.

Diantara peserta yang ikut dalam pelatihan ini terdapat 16 relawan yang baru dilantik menjadi relawan Abu Putih, relawan dari komunitas mahasiswa yang biasa disebut Tzu Ching, serta 2 orang Tzu Ching yang sudah berganti menjadi seragam Abu Putih.

Materi demi materi disuguhkan seperti Kisah Tzu Chi, Spirit Misi Amal, Sistem Kerelawanan, dan Budaya Humanis Tzu Chi. Selain itu juga ada wejangan Master Cheng Yen yang diambil dari tayangan Lentera Kehidupan. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan relawan dapat semakin memahami filosofi serta Misi dan Visi Tzu Chi. Selain materi juga ada peragaan isyarat tangan lagu yang berjudul “Kunang-Kunang Cinta Kasih”.

Sebanyak 66 peserta mengikuti kegiatan pelatihan relawan yang diadakan Tzu Chi Pekanbaru.

Salah satu sesi yang berkesan adalah sharing relawan yang bisa menjadi pembelajaran dan menginspirasi semua peserta. Titik terpenting adalah membangkitkan dan menjaga semangat setiap relawan dalam bersumbangsih tanpa pamrih.

“Kasihnya benar-benar tanpa batas ya. Meski Master Cheng Yen sudah berusia lanjut, tapi setiap hari beliau mendedikasikan waktu dan hidupnya untuk manusia dan semua makhluk”, ungkap Asep Nasuha salah satu peserta pelatihan.

Asep Nasuha mengenal Tzu Chi melalui media sosial dan setelah beberapa waktu mengikuti kegiatan di Tzu Chi, ia menjadi salah satu relawan yang dilantik. “Kalau tidak baik-baik menjalankan Tzu Chi, saya rasa saya yang rugi,” katanya. Menjadi relawan Tzu Chi, Asep pun bertekad akan menjadi pribadi yang lebih baik terutama dalam hal kedisiplinan, dan berusaha giat mengikuti kegiatan Tzu Chi.

Peragaan isyarat tangan yang berjudul Kunang-Kunang Cinta Kasih yang dibawakan oleh relawan Tzu Chi Pekanbaru.

Pengaruh media sosial di zaman sekarang sangatlah besar, salah satunya bisa menjadi penyambung jalinan jodoh orang-orang dengan Tzu Chi. Selain Asep Nasuha, Le Hun mengisahkan dirinya mengenal Tzu Chi dengan menonton DAAI TV maupun lewat kanal YouTube.

“Ajaran Master Chen Yen yang telah saya dengar, saya bisa menerimanya. Saya merasa jika saya tidak bersumbangsih keluar, maka sama saja saya tidak benar-benar mewujudkan niat yang ada di dalam hati dengan tindakan nyata,” kata Le Hun.

Jalinan jodoh setiap orang dengan Tzu Chi adalah berbeda. Ada yang sejak kecil sudah mengenal Tzu Chi. Namun masih harus menunggu kondisi pendukung yang matang, sehingga baru benar-benar bisa bergabung. Demikian halnya Hendri Gunawan yang merupakan relawan dari komunitas mahasiswa (Tzu Ching).

Dalam pelatihan relawan kali ini, diadakan sesi sharing relawan. Relawan Le Hun, Asep, dan Hendri Gunawan berbagi kisah dengan para peserta pelatihan.

Meski sejak kecil sudah mengenal Tzu Chi, namun baru pada tahun 2021 Hendri mulai ikut kegiatan di Tzu Chi melalui kegiatan vaksinasi Covid-19. “Saya bertekad melatih diri menjadi pribadi yang lebih baik dan berusaha semaksimal mungkin mengikuti Visi dan Misi Tzu Chi,” kata Hendri. Ia merupakan sosok anak muda yang penuh semangat. Selain dirinya aktif di Tzu Chi, Hendri juga banyak mengajak anak-anak muda lainnya berkegiatan di Tzu Chi.

Berniat baik tentu mendatangkan berkah, adanya tekad tentu mendatangkan kekuatan. Dengan semakin banyak insan Tzu Chi yang menyalakan pelita dalam hatinya, maka bagaikan cahaya kunang-kunang yang akan dapat menerangi sudut yang gelap, bersama-sama bersatu hati menerangi jalan dengan cinta kasih.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Membangun Semangat Relawan Tangerang

Membangun Semangat Relawan Tangerang

18 Februari 2020

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang mengadakan Pelatihan Relawan Abu Putih ke-1 di tahun 2020. Pelatihan diadakan pada Minggu, 9 Februari 2020 di Aula Manjughosa Lt.2, Ekayana Ehipassiko School, Tangerang, Banten.

 

Melatih Diri untuk Menuju yang Lebih Baik

Melatih Diri untuk Menuju yang Lebih Baik

24 Desember 2014 Tzu Chi Tanjung Pinang mengadakan pelatihan relawan baru. Para relawan berkumpul sejak pukul 08.00 WIB untuk melakukan persiapan dan pendaftaran. Setelah proses pendaftaran selesai, langkah kaki barisan relawan mulai memasuki ruangan pelatihan.
Memberikan Teladan Baik Dalam Pelatihan Relawan Abu Putih 1

Memberikan Teladan Baik Dalam Pelatihan Relawan Abu Putih 1

20 November 2015 Untuk kelancaran tugas mentor, maka pada hari Sabtu, 14 November 2015 para mentor telah diberikan pengarahan oleh Elly Wijaya selaku koordinator mentor. Pengarahan secara detail perlu diberikan karena pada pelatihan abu putih 1 ini, cukup banyak relawan yang baru pertama kali mengikuti pelatihan
Dalam berhubungan dengan sesama hendaknya melepas ego, berjiwa besar, bersikap santun, saling mengalah, dan saling mengasihi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -