Bugar bersama dengan Berolahraga

Jurnalis : Fithria Calliandra (Tzu Chi SinarMas), Fotografer : Tim 3 in 1 Xie Li Indragiri

Dokter Jupanri Siregar sedang memberikan Sosialisasi Kebugaran Dan Budaya Hidup Sehat kepada para guru, siswa-siswi dan relawan Tzu Chi perwakilan Sinar Mas.

Cuaca cerah membuat siswa-siswi SMP Eka Tjipta yang berada di PT Bumipalma Lestaripersada segera berkumpul untuk mengikuti senam bersama di lapangan sekolah. Sebelum senam dimulai, dokter Jupanri Siregar memberikan penyuluhan pentingnya menjaga kebugaran.

“Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita sangat penting karena dapat mencegah tubuh kita terserang penyakit,” ujar dr. Jupanri. Lebih lanjut dr. Jupanri menjelaskan cara untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Seperti rutin melakukan olahraga senam dan berjemur sebelum pukul 09.00 Wib sangat baik.

“Sinar matahari dapat membantu produksi vitamin D secara alami pada tubuh yang kaya akan antioksidan,” ungkap dr. Jupanri. Selain itu dr. Jupanri juga mengajak siswa-siswi agar mengurangi jajanan yang mengandung bahan pengawet serta selalu menjaga kebersihan tubuh, makanan, dan minuman kita setiap hari.

Para guru, siswa-siswi dan relawan Tzu Chi perwakilan Sinar Mas senam bersama dengan irama Poco Poco yang dipandu oleh ibu guru Elly. Kegiatan senam bersama ini berlangsung di lapangan SMP Eka Tjipta yang berada di PT Bumipalma Lestaripersada.

Para siswa-siswi, guru SMP Eka Tjipta, dan relawan Tzu Chi perwakilan Sinar Mas dengan gembira dan penuh enerjik menjalani senam bersama.

Nora Simanjuntak, istri dari Pembina relawan Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas Xie Li Perkebunan Sinar Mas (PSM) 5 yang sedang berkunjung ke Indragiri menambah semangat guru dan anak-anak dalam kegiatan senam bersama siswa-siswi SMP Eka Tjipta dan Relawan Tzu Chi Perwakilan SinarMas Xie Li Indragiri.

Selain penyuluhan kesehatan, peserta diajak untuk senam poco-poco yang dipandu oleh Ibu Elly guru di SMP Eka Tjipta. Di bawah terik sinar matahari para peserta dengan antusiasnya mengikuti gerakan senam. Peluh yang keluar seakan menjadi bukti keseriusan semua peserta.

”Senang sekali kalau sudah dengar lagu senam poco-poco ini, gerakannya penuh enerjik untuk membangkitkan semangat kita,” ujar Sunarti salah satu relawan.  Senam bersama ini juga dinanti banyak siswa, salah satunya Devi Julianti.  ”Senangnya hari ini senamnya banyak orang, jadi ramai,” ucap Devi Julianti siswi kelas 1 SMP.

Senam bersama antara siswa-siswi dan relawan Xie Li Indragiri dilaksanakan di lapangan gedung sekolah SMP Eka Tjipta yang berada di PT Bumipalma Lestaripersada.

Ibu Nora S sedang menngajak para siswi bermain Gajah dan Semut, permainan ini membuat para siswi ceria dan penuh gelak tawa.

Pada momen istirahat para siswa-siwi dan relawan Tzu Chi perwakilan Sinar Mas menyantap kudapan ringan yang sudah disiapkan. Pada sisi lain para siswi berkumpul membentuk lingkaran dan terdengar gelak tawa yang riuh. Mereka sedang bermain ”Gajah dan Semut” dengan Nora Simanjuntak. 

”Gajah gajah gajah. . . semut semut semut. . .”ujar Nora dengan wajah bahagia. ”Senang sekali bisa bermain dengan ibu VPA, banyak yang salah gerakan soalnya dibalik kalau gajah itu tangan kita buat kecil kalau semut malah besar, jadi kami banyak salah. . . haaa haaa haaa” ujar Rosa sambil tertawa lepas.

”Senang sekali bisa mengajak anak-anak bermain bersama, melihat mereka tertawa dan menjadi bersemangat kembali merupakan suatu kebahagiaan tersendiri. Semoga kegiatan Tzu Chi selanjutnya semakin terjalin rasa kebersamaan antara relawan, guru, dan seluruh siswa-siswi di sekolah ini, ” tutur Nora Simanjutak.

Di akhir kegiatan sosialisasi pola hidup sehat dan senam bersama relawan Tzu Chi perwakilan Sinar Mas dan guru dan siswa -siswi berfoto bersama di depan gedung sekolah SMP Eka Tjipta yang berada di PT Bumipalma Lestaripersada.

Relawan dan peserta berharap kegiatan senam bersama dan sosialisasi budaya hidup sehat di sekolah ini dapat dijalani para guru dan siswa-siswi. Pola hidup sehat diantaranya menjaga kebersihan, kebugaran dan kesehatan tubuh setiap hari.

Selain pentingnya belajar di sekolah, anak-anak perlu diajak rutin berolahraga sehingga kebugaran anak-anak dapat terus terjaga. Mengutip kata perenungan Master Cheng Yen “ Melakukan perbuatan nyata jauh lebih bernilai daripada hanya membaca setumpuk buku “. Rasa syukur selalu terpancar dari para relawan karena masih diberikan kesempatan untuk bisa berbagi dengan tulus, ikhlas dan penuh kasih sayang.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

 Pola Hidup Sehat dengan Bervegetaris

Pola Hidup Sehat dengan Bervegetaris

13 Desember 2017

Hampir dua ribu pengunjung memadati lokasi yang menyajikan makanan tanpa daging atau hewani dalam kegiatan Veggie Day yang bertajuk “Vegetarian itu sehat, Enak, Mudah, Bermanfaat dan Penuh Cinta Kasih.”

Langkah Penting Menuju Pola Hidup Sehat

Langkah Penting Menuju Pola Hidup Sehat

03 September 2020

Tzu Chi Batam mengadakan PO Catering dari tanggal 20-26 Agustus 2020 untuk membantu masyarakat menginjak langkah pertama mereka menuju pola hidup sehat. Ada sebanyak 400 peserta yang berpartisipasi pada kegiatan kali ini.

Donor Darah Menuju Pola Hidup Sehat

Donor Darah Menuju Pola Hidup Sehat

22 Desember 2022

Tzu Chi Makasar bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan donor darah di kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar pada 17 Desember 2022. 

Kita sendiri harus bersumbangsih terlebih dahulu, baru dapat menggerakkan orang lain untuk berperan serta.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -