Bulan Tujuh Penuh Berkah: 1.000 Paket Makanan Sehat di Muara Angke

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Masih dalam rangka Bulan Tujuh Penuh Berkah, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 1 membagikan 1.000 makanan vegetaris untuk warga RT 006/022, Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara.

Sebagai kelanjutan dari Bulan Tujuh Penuh Berkah, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 1 kembali berbagi berkah lewat pembagian makanan vegetaris. Kali ini relawan mengunjungi RT 006/022, Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara yang mayoritas warganya bekerja menjadi nelayan. Sebanyak 1.000 paket makanan vegetaris dibagikan kepada warga dalam kegiatan yang berlangsung pada Rabu, 14 September 2022 ini.

Sebelum menuju lokasi, sejak pagi sebanyak 38 relawan sudah berada di kantin Tzu Chi Center untuk mempersiapkan paket makanan vegetaris yang akan diberikan untuk warga. Makanan yang disiapkan relawan pun berupa makanan sehat yang terdiri dari nasi, lengkap dengan sayur dan lauk pauk.

Setiba di lokasi, relawan segera menurunkan dan membawa makanan vegetaris dengan meniti jembatan kayu untuk menuju RT 006/022.

Koordinator kegiatan, Cindy Lie ikut membagikan makanan dan sangat bersyukur dapat menjalin jodoh serta berbagi berkah dengan warga Muara Angke.

“Kami melanjutkan kegiatan dari program Bulan Tujuh Penuh Berkah. Hari ini kami membagikan makanan sehat di RT 006/022, Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara. Dalam kegiatan ini kami berbagi berkah lewat makanan vegetaris sekaligus melakukan pendataan warga,” jelas Cindy Lie, koordinator kegiatan.

Setibanya di lokasi, relawan kemudian bergotong-royong menurunkan dan membawa makanan vegetaris ke tempat pembagian. Warga yang sebelumnya telah mendapatkan kupon dari Ketua RT 006/022 segera berdatangan. Proses pembagian ini dialokasikan untuk 200 keluarga dan disesuaikan juga dengan jumlah anggota yang ada di masing-masing keluarga.

Ketua RT 006/022, Muara Angke, Waya yang menerima kedatangan relawan juga sangat bersyukur karena warganya mendapatkan perhatian dari Tzu Chi. “Kami sangat berterima kasih atas kunjungan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ke wilayah kami. Apalagi dalam kunjungan ini sekaligus memberikan makanan bagi warga, kami pun sangat bersyukur,” jelasnya.

Ketua RT 006/022 Muara Angke, Warya (tengah) memberikan sambutan serta mengucapkan terima kasih kepada relawan Tzu Chi karena memberikan perhatian bagi warganya.

Juju (52) yang sedang duduk bersama anaknya merasa senang diperhatikan dengan bantuan makanan yang diberikan oleh relawan Tzu Chi.

Salah satu warga RT 006 yang mendapatkan manfaat dari pembagian makanan vegetaris ini adalah Juju (52). Sudah satu tahun ini, Juju mulai tinggal dan mengontrak di salah satu rumah semi permanen di wilayah RT 006, Muara Angke. Setiap hari, ia bekerja menjadi kuli pengupas kulit kerang dengan upah 50 ribu rupiah setiap hari.

“Kalau nggak ada kupasan kan susah,” keluh Juju yang sudah menjanda ini. Bantuan makanan vegetaris dari relawan Tzu Chi yang ia terima menjadi salah satu pengobat rasa gundahnya menunggu kiriman kerang yang akan ia kupas hari ini.

“Senang Alhamdulillah, ini dapat bantuan (makanan vegetaris). Namanya saya orang kaya gini (susah). Terima kasih untuk semua udah dibantu,” kata Juju yang juga membawakan makanan vegetaris untuk anaknya.

Kebahagiaan mendapatkan bantuan makanan vegetaris juga dirasakan Yana (38) salah satu warga RT 006 lainnya. “Mau langsung dimakan aja, hehe,” ungkap perempuan yang setiap hari bekerja menjadi buruh cuci gosok ini. Yana saat ini tinggal bersama anaknya yang masih balita dan ibunya Yar (65). Sedangkan suaminya baru pulang 3 bulan sekali karena bekerja menjadi pelaut.

Di depan rumahnya, Yana (kiri) dan ibunya Yar (kanan) segera menikmati makanan vegetaris yang dibagikan oleh relawan Tzu Chi.

Menurut Yana, adanya bantuan makanan vegetaris dari relawan Tzu Chi juga menjadi salah satu bentuk perhatian bagi warga menengah ke bawah di lingkungannya. “Alhamdulillah, senang ada yang peduli sama warga Muara Angke. Terima kasih sudah diberikan makanan,” jelas Yana.

Koordinator kegiatan, Cindy Lie juga berharap dengan adanya pembagian makanan vegetaris ini bisa membantu warga yang kurang memperhatikan kesehatan makanan yang dikonsumsi. Dan kedepannya relawan pun akan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya untuk membantu warga di wilayah tersebut.

“Harapan saya warga bisa menikmati makanan sehat yang mungkin selama ini mungkin kurang mereka perhatikan. Kedepannya kami juga akan berkelanjutan melakukan kegiatan untuk membantu masyarakat di sekitar wilayah ini,” kata Cindy Lie setelah kegiatan berakhir.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Bulan Tujuh Penuh Berkah: 12 Ribu Lebih Paket Makanan Vegetaris Siap Didistribusikan

Bulan Tujuh Penuh Berkah: 12 Ribu Lebih Paket Makanan Vegetaris Siap Didistribusikan

16 Agustus 2022

Di momen Bulan Tujuh Penuh Berkah, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 1 membagikan makanan vegetaris kepada masyarakat luas. Hingga Sabtu (13 Agustus 2022) sudah ada 12.305 porsi makanan yang terkumpul dari donasi para relawan.

Cinta Kasih Muda-Mudi dalam Setiap Kotak Nasi Hangat

Cinta Kasih Muda-Mudi dalam Setiap Kotak Nasi Hangat

15 November 2022

Anggota muda-mudi Tzu Chi (Tzu Ching) Pekanbaru mengadakan masak bersama membuat nasi kotak hangat untuk dibagikan kepada warga di wilayah Kota Pekanbaru. Ada 102 nasi hangat yang di bagikan.

Mengenal Vegan Healthy Life

Mengenal Vegan Healthy Life

21 Oktober 2022

Tzu Chi Singkawang mengadakan kegiatan Demo masak makanan vegetaris di hadapan sejumlah orang tua murid Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang, Kamis, 13 Oktober 2022. Relawan berharap kegiatan ini bisa memperkenalkan dan menginspirasi lebih banyak orang untuk bervegetaris.

Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -