Cinta Kasih Terus Berlanjut Lewat Celengan Bambu

Jurnalis : Calvin (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Mie Li, Calvin, Vincent (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan kegiatan penuangan celengan bambu Tzu Chi di Jl. Enam Saudara dan Jl. Taman Puri, Tanjung Balai Karimun. Kegiatan ini diikuti oleh 22 relawan.

Setelah 3 tahun lamanya sejak 2019, relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan kegiatan pengumpulan celengan bambu di Jl. Enam Saudara dan Jl. Taman Puri, Tanjung Balai Karimun pada Minggu, 26 Juni 2022. Dalam kegiatan ini sebanyak 22 relawan ikut berpartisipasi.

Sejak pagi, para relawan pun sudah mulai berdatangan di Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun dengan tujuan mengumpulkan koin cinta kasih yang telah lama terkumpul oleh warga disana. Setelah itu, relawan pun dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menelusuri satu-persatu rumah warga.

Pada kegiatan ini relawan tidak serta-merta memasuki rumah warga, mereka meminta izin terlebih dulu kepada pemilik rumah untuk mendapat persetujuan dalam mengumpulkan koin cinta kasih. Selain itu, relawan juga memperkenalkan kepada warga tentang Misi-Misi Tzu Chi yang berlandaskan cinta kasih universal tanpa membeda-bedakan agama, ras, suku, dan etnis.

Setelah berkumpul, kemudian relawan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menelusuri satu-persatu rumah warga yang memiliki celengan bambu Tzu Chi.

Huang Li Si (50) menuangkan koin cinta kasihnya dari celengan bambu dan toples ke wadah yang disediakan relawan.

Huang Li Si (50), warga Taman Puri sudah memiliki celengan bambu Tzu Chi sejak 7-8 tahun yang lalu untuk ikut membantu sesama. Menurutnya, Tzu Chi adalah sebuah organisasi yang baik karena bisa melihat Tzu Chi terus membantu orang di seluruh penjuru dunia lewat siaran DAAI TV.

“Celengan bambu ini berulang kali sudah saya isi selama 7-8 tahun. Saya sendiri ingin membantu orang yang membutuhkan, lihat dimana butuh bantuan akan saya bantu. Menurut saya, Tzu Chi adalah organisasi yang baik karena di seluruh dunia bisa melihat Tzu Chi terus membantu orang yang membutuhkan,” ungkap Huang Li Si.

Koordinator kegiatan, Siti Aminah sedang mengecek salah satu celengan bambu milik warga.

Siti Aminah, relawan Komite Tzu Chi yang menjadi koordinator kegiatan berharap dana cinta kasih yang telah terkumpulkan pada kegiatan ini bisa disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

“Hari ini kita mempunyai kesempatan untuk mengadakan kembali pengumpulan celengan di dua lokasi tersebut. Semoga dana terkumpul bisa kita salurkan kepada orang-orang yang membutuhkan,” ungkap Siti Aminah seusai kegiatan.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Bersama-sama Mewujudkan Kesejahteraan

Bersama-sama Mewujudkan Kesejahteraan

10 Oktober 2017

Tzu Chi Bandung mengadakan penuangan celengan bambu di Summarecon Bandung pada 5 Oktober 2017. Di sana ada 122 karyawan yang ikut serta menuangkan celengannya.

Berbagi Cinta Kasih di Masa Pandemi

Berbagi Cinta Kasih di Masa Pandemi

09 Juni 2021

Terdampaknya perekonomian akibat pandemi Covid-19 tidak menyurutkan niat baik sebagian masyarakat untuk bersumbangsih dalam kegiatan Penuangan Celengan Bambu Tzu Chi yang berlangsung di Mall Living Word Alam Sutra, Tangerang Selatan.

SMAT: Menanamkan Cinta Kasih Pada Tunas Muda

SMAT: Menanamkan Cinta Kasih Pada Tunas Muda

02 Juni 2014
Berawal dari sebuah keprihatinan akan semakin sedikitnya orang yang meghargai uang kecil (uang logam), Elizabeth Widjaja pendiri TK Pelangi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan berusaha untuk menanamkan sifat menghargai uang kecil pada anak-anak didiknya sejak dini.
Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -