Cinta Kasih untuk Warga Kampung Gubukan

Jurnalis : Diyang Yoga W, Hendra (Tzu Chi Surabaya), Fotografer : Dok. Tzu Chi Surabaya

Relawan Tzu Chi Surabaya mengadakan pertemuan dengan para Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) di Koramil Tandes 0830/05, Balong Sari, Surabaya. Dalam kegiatan ini relawan membagikan sembako dan meresmikan perubahan nama Kampung Kumuh menjadi Kampung Gubukan yang berada di wilayah Banjar Sugihan, Kec. Tandes.

Relawan Tzu Chi Surabaya kembali mengadakan kegiatan silaturahmi dengan para Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) yang bertempat di Koramil Tandes 0830/05, Balong Sari, Surabaya. Kegiatan yang diadakan pada 5 Juni 2022 ini sudah berlangsung empat kali di wilayah tersebut.

Sebelumnya, relawan selalu melakukan kunjungan kasih dengan mengunjungi rumah-rumah penerima bantuan setiap satu bulan sekali pada minggu pertama. Kali ini penerima bantuan diundang untuk datang ke Koramil Tandes 0830/05 untuk mengambil bantuan dan menjaga silahturahmi dengan relawan Tzu Chi Surabaya. Jalinan jodoh juga bertambah dari wilayah Sukomanunggal, Tanjung Sari dan Manukan Wetan setelah relawan melakukan survei saat pembagian paket Lebaran 2022 dan memutuskan untuk memberikan bantuan lanjutan rutin kepada warga yang membutuhkan.

Warga Kampung Kumuh yang berganti nama menjadi Kampung Gubukan berlatih isyarat tangan Satu Keluarga dipandu oleh relawan Tzu Chi Surabaya.

Selain bisa melihat kondisi terbaru dari penerima bantuan, semua relawan pun bisa saling mengenal dan dapat berinteraksi langsung dengan penerima bantuan lainnya. Selain itu dalam kegiatan ini juga diadakan peresmian pergantian nama dari Kampung Kumuh menjadi Kampung Gubukan yang terletak di Kelurahan Banjar Sugihan, Kec. Tandes karena menurut relawan memiliki makna yang kurang bagus. Warga Kampung Kumuh juga menyambut baik dan menyetujui saran dari relawan Tzu Chi Surabaya untuk pergantian nama menjadi Kampung Gubukan.

Acara pun berlangsung dengan sangat hangat dan penuh rasa kekeluargaan antara relawan dan penerima bantuan. Selain itu, penerima bantuan yang tinggal di Kampung Gubukan juga memperagakan isyarat tangan Satu Keluarga. Warga Kampung Gubukan awalnya sangat antusias berlatih isyarat tangan Satu Keluarga selama 2 minggu sebelumnya. Latihan ini juga didampingi oleh relawan Tzu Chi Surabaya, Sophie, Santoso, dan Sheila. Mereka bertiga selalu menyempatkan datang saat siang hari maupun sore untuk melatih warga Kampung Gubukan.

Warga Kampung Gubukan berdiskusi bersama dengan relawan Tzu Chi Surabaya.

“Dari awal latihan mereka sangat excited. Bahkan setiap hari ketika sesi latihan mereka sangat bersemangat dan sesekali bergurau jadi latihannya sangat menyenangkan,” ujar Sophie.

Salah satu relawan yang hadir juga datang dari penerima bantuan Tzu Chi yaitu Lay Amalia. Ia turut membantu menyiapkan bantuan sebelum acara dimulai. Sebelum sampai pada sesi pembagian sembako, relawan Ida Sabrina yang menjadi pemandu acara memberikan pesan cinta kasih. Ia pun berharap para penerima bantuan bisa menjaga kesehatan dan bisa hadir ke acara pertemuan Gan En Hu di bulan selanjutnya.

Dalam kegiatan pertemuan dengan para Gan En Hu, warga Kampung Gubukan memperagakan isyarat tangan Satu Keluarga di Kantor Koramil Tandes 0830/05.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengambilan bantuan sembako oleh para penerima bantuan sesuai nomor di kartu yang mereka terima. Relawan Tzu Chi Surabaya dengan sukacita mendampingi penerima bantuan menuju tempat pengambilan bantuan dan membantu mereka yang kesulitan untuk berdiri maupun berjalan dengan penuh cinta kasih.

Setiap acara pasti ada hikmah dan berkah yang didapat. Di akhir kegiatan, relawan Tzu Chi Surabaya juga berharap semoga dalam acara selanjutnya bisa berjalan lancar dan semakin kompak mengemban berkah bersama.

Editor: Arimami Suryo A

Artikel Terkait

Menabung Niat Kebajikan Sejak Dini

Menabung Niat Kebajikan Sejak Dini

26 Januari 2023

Relawan amal komunitas He Qi Utara 2 kembali menggelar acara Gathering Gan En Hu yang diadakan rutin setiap bulan. Sebanyak 39 relawan beserta 34 gan en hu larut dalam rasa syukur dan kebahagiaan.

Kehangatan Sebuah Keluarga

Kehangatan Sebuah Keluarga

21 Januari 2015 Gathering Gan En Hu memang merupakan kegiatan rutin tetapi relawan Tzu Chi Batam selalu berusaha menciptakan atmosfir kehangatan keluarga antara relawan dan para gan en hu.
Banyak Jalan untuk Berbuat Kebajikan

Banyak Jalan untuk Berbuat Kebajikan

21 September 2015

Gathering Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) diadakan pada minggu pertama setiap bulannya untuk menjalin kebersamaan dan kekeluargaan bersama Tzu Chi. Kali ini diadakan pada tanggal 6 September 2015 di Jing Si Books and Café Blok M Plaza, Jakarta Selatan. Selain pembagian bantuan juga ada sharing dari para Gan En Hu.

Setiap manusia pada dasarnya berhati Bodhisatwa, juga memiliki semangat dan kekuatan yang sama dengan Bodhisatwa.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -